TRIMESTER 2
25 April 2020

Setrika Wajah Saat Hamil, Bolehkah?

Aman atau tidak ya setrika wajah pada ibu hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mungkin Moms takut dengan jarum, atau sedang mencari inovasi perawatan kecantikan baru untuk kulit wajah? Maka Moms mungkin bisa mencoba perawatan setrika wajah.

Setrika wajah merupakan nama lain dari perawatan Forma (Forma treatment) atau lebih tepatnya disebut sebagai sistem pemanas frekuensi radio non-ablatif.

Menurut Dr. Parvaneh Rafaeloff, dokter kulit di Le Jolie Medi Spa, setrika wajah pada dasarnya perawatan setrika wajah ini dilakukan dengan alat yang panasnya mencapai 104 derajat yang memanfaatkan gelombang radio frekuensi, untuk merangsang pertumbuhan kolagen di bawah permukaan kulit dalam jangka panjang.

Perawatan ini merupakan prosedur yang tidak sama dengan peeling wajah. Saat melakukan peeling wajah akan meninggalkan bekas kulit mati yang berwarna hitam seperti terbakar di wajah, sesaat setelah melakukan peeling.

Alhasil, kita harus menyembunyikan wajah kita di bawah masker atau topi sebelum kulitnya benar-benar terkelupas.

Dengan setrika wajah, Moms akan langsung melihat kulit wajah yang bersih, mulus, dan lebih alami daripada suntikan injeksi. Seketika keriput pun hilang.

Tapi apakah aman menggunakan perawatan setrika wajah saat hamil?

Setrika Wajah Saat Hamil

setrika wajah saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Siapa pun akan bermasalah dengan hilangnya tingkat kekencangan pada wajah atau mengalami kulit kusam. Selain itu, produksi kolagen juga meningkatkan kadar oksigen di kulit, jadi bagus untuk cahaya umum.

Perawatan setrika wajah ini tidak dianjurkan untuk para pemilik kulit dengan kapiler atau rosacea yang rusak.

Meskipun setrika wajah memiliki banyak manfaat, namun tidak semua orang bisa aman menggunakannya.

“Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan perawatan setrika wajah karena setrika wajah memancarkan gelombang radio yang bisa berpengaruh terhadap janin yang dikandung,” kata Dr. Devika Y, seperti dilansir dari Alodokter.

Di samping memancarkan gelombang radio, setrika wajah saat hamil tidak aman karena menghantarkan panas.

Orang yang memiliki kulit sensitif pun bisa mengalami iritasi setelah menggunakan setrika wajah. Apabila wajah kita tidak memiliki permasalah kulit yang serius, sebaiknya lakukan perawatan sederhana saja.

Namun, jika Moms tetap ingin melakukan perawatan setrika wajah saat hamil, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Artikel Terkait