SELEBRITI
16 Oktober 2020

Shandy Aulia Beri Makan Claire Durian di Usia 8 Bulan, Bolehkah?

Shandy sempat juga menjadi buah bibir usai dirinya memberikan Claire MPASI dini.
placeholder

Foto: instagram.com/shandyaulia

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Dina Vionetta

Shandy Aulia dan gayanya membesarkan anak kembali menjadi sorotan setelah baru-baru ini menyuapi Claire Herbowo, putri semata wayangnya durian.

Sebelumnya, Shandy sempat juga menjadi buah bibir usai dirinya memberikan Claire makan di usia belum genap lima bulan dan sudah diberikan madu.

Biasanya, anak-anak baru diberikan durian di usia tiga tahun ke atas, lalu bagaimana dengan Claire yang masih di bawah satu tahun. Amankah?

Baca Juga: Shandy Aulia Tetap Langsing Setelah Melahirkan, Ini 5 Triknya!

Kandungan Durian

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil durian.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah durian juga buah yang menjadi perdebatan, karena banyak orang yang sangat menyukainya, namun di sini lain banyak pula yang tidak menyukainya karena baunya yang menyengat.

Namun buah yang berduri ini ternyata memiliki banyak kandungan yang penting seperti serat, kalsium, fosfor, asam folat, glukosa, magnesium, zinc dan zat besi.

Kandungan kalsium atau potasium, dan fosfor dalam durian baik untuk kesehatan tulang persendian.

Selain itu durian memiliki kandungan vitamin C, vitamin B9, vitamin B1 untuk menjaga nafsu makan, dan vitamin B2 dan vitamin B6 yang dapat membantu meredakan stres dan depresi.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Manfaat Durian untuk Kecantikan

Kadar Gula yang Tinggi

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sayangnya, durian memiliki kadar gula tinggi bagi anak-anak terutama di bawah tiga tahun, sehingga tidak cocok untuk diberikan kepada bayi.

Bayi di bawah tiga tahun tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula atau garam yang tinggi karena hal ini akan bisa membahayakan kesehatannya.

Kebutuhan gula dan garam pada bayi di bawah tiga tahun kurang dari satu gram per hari. Sementara bayi setiap harinya sudah memperoleh kebutuhan gula dan garam pada ASI ataupun susu formula.

Baca Juga: 5 Jenis Buah dan Sayur yang Terbaik Sebagai MPASI untuk Bayi

Dampak Negatif Buah Durian

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian-4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penting untuk diingat bahwa ginjal bayi akan bekerja lebih keras lagi jika diberikan makanan yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi.

Risiko yang akan terjadi adalah bisa menimbulkan hipertensi dan penyakit ginjal ketika sang buah hati tumbuh dewasa.

Apalagi makan durian harus dikunyah dengan benar, sementara bayi belum bisa melakukannya. Durian yang kaya akan serat setelah dikonsumsi akan menyerap air dan membengkak di usus dan perut.

Jika bayi mengonsumsi durian terlalu banyak maka ususnya bisa tersumbat dan menimbulkan konstipasi.

Jadi kalaupun terpaksa mengenalkan buah ini kepada bayi yang belum berusia tiga tahun, pastikan berikan dengan jumlah sesedikit mungkin dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Alami Akselerasi Pertumbuhan, Claire Herbowo Belajar Jalan di Usia 7 Bulan

Artikel Terkait