SELEBRITI
26 Juli 2019

Shandy Aulia Tetap Rajin Pilates Meskipun Sedang Hamil, Ini 3 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

Pilates bisa membuat Moms rileks saat persalinan lho

Sumber: instagram.com/shandyaulia

Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tengah hamil, Shandy Aulia tetap melakukan olahraga pilates. Menurut Shandy, setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda, karena itu penting untuk mengenali kondisi diri dan lakukan dengan cara dan pantauan yang tepat.

Pemeran Tita dalam film Eiffel I'm In Love itu juga mengatakan, selama kondisi tubuh ibu hamil sehat dan janin sehat tidak ada riwayat sakit penyakit yang membahayakan, berolahraga saat hamil sangatlah penting.

Shandy mengaku, dari sebelum hamil dan hingga saat ini dirinya tetap memilih pilates untuk pregnancy workout -nya karena sangat nyaman dan didampingi pelatih yang profesional di bidangnya.

Selama bukan panjat tebing, lompat-lompat dengan guncangan yang kuat ataupun olahraga yang ekstrem lainnya, menurut Shandy olahraga tetap aman untuk ibu hamil.

Shandy juga menambahkan, sebagai perempuan, kita harus peka terhadap kondisi tubuh kita masing-masing bukan terlalu banyak kekhawatiran dan menilai setiap ibu hamil kondisinya semua sama.

Baca Juga: Ini 11 Manfaat Berolahraga Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil bukan suatu penyakit tetapi ada kehidupan baru di dalam perut si ibu. Karena itu calon ibu harus ekstra kuat, fit, dan bahagia.

Tidak heran, Shandy rajin membaca dan langsung bertanya kepada ahlinya untuk mengetahui mana yang boleh dan tidak selama masa kehamilannya.

Faktanya, pilates memang diperbolehkan dan juga aman bagi ibu hamil. Mau tahu manfaat untuk ibu hamil? Ini daftarnya!

1. Membuat Lebih Rileks Selama Masa Persalinan

abdomen-active-activity-396133.jpg

Pilates prenatal ternyata bisa dilakukan pada semua semester kehamilan. Bukan hanya bisa membangun kekuatan dan stamina sang ibu, namun juga kekuatan dan mendapatkan tenaga lebih mudah.

Lizbeth Garcia, instruktur Pilates yang berbasis di San Diego dan pencipta Solusi 10 Menit: DVD Prenatal Pilates mengatakan kalau melakukan pilates selama kehamilan akan membuat sang ibu tetap rileks selama masa persalinan.

Meski begitu, penting untuk mendapatkan saran dokter, untuk mengetahui bagaimana pemanasan dan gerakan yang tepat untuk sang ibu.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan Selama Kehamilan

2. Memperkuat Otot

active-activity-adult-1103242.jpg

Pilates adalah latihan kehamilan berdampak rendah yang sempurna karena meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan dan mencegah sakit punggung dengan memperkuat dasar panggul dan otot-otot inti, seperti perut. Selain itu juga mendukung tulang belakang.

Pilates melibatkan serangkaian gerakan terkontrol, sebagian besar di atas matras latihan, dan dapat dinikmati sepanjang kehamilan karena gerakannya sangat mudah untuk dimodifikasi di sekitar perut atau rasa sakit yang mungkin miliki dihadapi selama masa kehamilan.

Meskipun sebagian besar gerakan Pilates sangat lembut dan aman, tetap harus berhati-hati untuk tidak berlebihan.

3. Postur Tubuh

pilateskehamilan.jpg

Ibu hamil kalau tidak membungkuk ke depan akan cenderung ke belakang untuk mengimbangi perut yang terus membesar dan itu hal alami. Perut yang membesar menggeser titik beban pada tubuh.

Perubahan ini berdampak pada sendi dan otot tubuh. Latihan pilates mengimbangi perubahan postur pada tubuh. Dampaknya, tubuh tidak mudah sakit atau pegal-pegal.

Baca Juga: Sedang Hamil, Wajib Perhatikan 5 Hal Ini Saat Berolahraga

Nah, ternyata pilihan Shandy untuk melakukan pilates saat hamil adalah tepat Moms. Dengan segudang manfaat pilates untuk ibu hamil, Moms juga bisa mencobanya. Tapi ingat, Moms perlu juga mengenali kondisi tubuh ya.Selamat mencoba!

(TPW)

Artikel Terkait