SELEBRITI
27 September 2018

Sharena Delon Melahirkan dengan Metode Lotus Birth, Ini 4 Artis Lain yang Menjalani Metode Serupa

Mereka ingin memaksimalkan penyerapan nutrisi dari plasenta
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Sharena Delon melahirkan anak keduanya pada Sabtu, 22 September lalu. Putri mungil yang diberi nama Sea Dedari Situmeang itu lahir dengan metode persalinan lotus birth.

Hal tersebut diketahui dari unggahan kakak ipar Sharena, Dewi Lestari di Instagram. Perempuan yang akrab disapa Dee itu mengunggah sebuah foto dirinya bersama Sea.

Terlihat tali pusar panjang yang masih terhubung dengan pusat Sea. Lotus birth merupakan metode persalinan dengan menunda pemotongan tali pusar hingga puput dengan sendirinya.

sharena lotus birth
Foto : instagram.com/deelestari/

Sharena sendiri mengungkapkan dalam caption yang baru saja dia unggah di Instagram pribadinya. Menurut Sharena, puputnya tali pusat anak keduanya terjadi di hari kelima.

"My baby Sea, yang smalam puput tali pusatnya pas umurnya hampir 5 days old, sama persis sama Ry usia puputnya," tulis Sharena dalam akun instagramnya, @mrssharena.

Sharena ternyata bukan satu-satunya artis yang memilih metode lotus birth. Masih ada beberapa artis lainnya yang melakukan metode persalinan serupa. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

Baca Juga : Mengenal Lotus Birth

Andien Aisyah

andien lotus birth
Foto: Instagram.com/andienaisyah

Andien Aisyah yang dikenal sebagai sosok ibu milenial ini juga memilih metode lotus birth untuk anak pertamanya Anaku Aksara Biru.

Setelah melahirkan dengan melalui proses water birth, Andien tidak langsung memotong tali pusat penghubung bayi dan plasenta.

Ia memilih untuk membiarkan keduanya berpisah dengan alami setelah beberapa hari.

Pada anaknya, tali pusar terputus setelah tiga hari. Andien sendiri menyebut plasenta yang telah menemani Kawa selama 9 bulan dalam kandungan sebagai “kakak” plasenta.

Atiqah Hasiholan

atiqah lotus bith
Foto: Instagram.com/atiqahhasiholan

Istri aktor Rio Dewanto, Atiqah Hasiholan juga membiarkan tali pusar putrinya Salma Jihane Dewanto tetap menempel hingga puput sendiri di hari keempat.

Atiqah dan Rio memilih metode ini karena ingin mengoptimalkan nutrisi dan asupan gizi dari plasenta yang masih tersisa untuk diserap oleh bayi.

Baca Juga : Mengenal Gentle Birth Sebagai Alternatif Metode Melahirkan

Dominique Diyose

dominique lotus birth
Foto: Instagram.com/dominiquediyose

Model Dominique Diyose juga memilih metode persalinan lotus birth saat melahirkan putra pertamanya Aksadaru Mahameru pada 13 Maret 2018.

Istri dari Ivan Handoyo itu mengunggah sebuah foto dirinya tengah memeluk Meru yang masih terhubung ke plasenta dengan tali pusarnya.

Widi Mulia

widi lotus bith
Foto: Instagram.com/widimulia

Artis lain yang juga memilih metode lotus birth adalah penyanyi Widi Mulia. Istri dari aktor Dwi Sasono itu melahirkan putra ketiganya Den Bagus Satrio Sasono pada Januari 2015 di Bali.

Widi memilih untuk tetap membiarkan tali pusar Den Bagus hingga puput dengan sendirinya.

Ia mengharapkan semua nutrisi, darah, dan oksigen dari plasenta dapat terserap dengan sempurna oleh sang bayi.

Sambil menunggu puput, plasenta Den Bagus disimpan dalam kotak dan dibubuhi garam serta bunga agar tidak menimbulkan bau.

Itulah deretan artis yang memilih metode lotus birth untuk persalinan putra dan putri mereka. Apa pendapat Moms tentang metode persalinan ini? Share yuk!

(AND)

Artikel Terkait