2-3 TAHUN
9 Oktober 2020

Mengaplikasikan Shea Butter Ke Kulit Bayi: Amankah?

Aman kok, Moms. Asalkan...
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dalam dunia kecantikan, shea butter dipercaya sangat efektif untuk melembabkan kulit. Bukan hanya melembabkan, shea butter juga diketahui dapat melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet dan mengatasi gatal. Tetapi, apakah aman menggunakan shea butter pada kulit bayi?

Lemak Alami Dari Dataran Afrika

Mengaplikasikan Shea Butter Ke Kulit Bayi: Amankah? 1

Foto: pixabay.com

Mengutip WebMD, shea butter adalah lemak alami yang berasal dari biji pohon Shea (Karite). Pohon ini banyak ditemukan di sabana Afrika Barat ataupun Afrika Timur.

Shea butter adalah minyak nabati alami yang padat jika ditempatkan pada suhu ruangan. Selama ratusan tahun, masyarakat Afrika telah terbiasa menggunakannya untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti kulit kering, ruam, luka bakar hingga stretch mark. Di mana kini manfaatnya telah mendunia.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alami

Shea Butter Untuk Perawatan Kulit Bayi

Mengaplikasikan Shea Butter Ke Kulit Bayi: Amankah? 2

Foto: parenting.firstcry.com

Kulit bayi sangat tipis dan sensitif, bahkan lapisan kulit luar (epidermis) bayi baru lahir 20% lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Oleh karena itu, produk perawatan kulit dengan bahan baku yang ‘keras’ biasanya dapat mengiritasi kulit bayi dan menyebabkan ruam atau masalah kulit lainnya.

Untungnya, shea butter aman untuk digunakan pada kulit bayi. “Anda dapat menggunakan shea butter atau minyak apa pun yang lebih disukai untuk perawatan kulit bayi, selama bebas dari zat tambahan dan harus murni,” kata Dr. Rasika Thosar, Dokter Spesialis Anak yang berbasis di Ahmadabad, seperti dikutip dari Parenting FirstCry.

Northern Lincolnshire and Goole NHS Foundation Trust sendiri menyebutkan bahwa krim berbasis emolien dan berasal dari tumbuhan dapat diaplikasikan pada kulit bayi baru lahir beberapa minggu setelah kelahiran. Namun, produk yang digunakan harus bebas dari alkohol, pewarna, dan pewangi.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Perawatan Kulit untuk Bayi

Manfaat Shea Butter Untuk Kulit Bayi

Mengaplikasikan Shea Butter Ke Kulit Bayi: Amankah? 3

Foto: littlebotanics.com

Shea butter diklaim memiliki banyak manfaat untuk kulit, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Melembabkan Kulit

Dalam laman situs kesehatan Healthline, shea butter dianggap sebagai pelembab super karena mengandung asam lemak dan vitamin, khususnya vitamin A dan E. Jadi, mengaplikasikan shea butter pada kulit bayi umumnya dapat membantu melembabkannya.

Selain itu, shea butter juga sering digunakan untuk menenangkan eksim atau psoriasis.

2. Meringankan Peradangan

Sebuah studi diInternational Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa shea butter dapat membantu meringankan peradangan karena mengandung Triterpen, tokoferol, fenol, dan sterol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti oksidan yang sangat kuat. Penelitian juga menemukan bahwa krim yang mengandung ekstrak shea butter memiliki khasiat yang sama dengan prekursor seramide.

3. Meringankan dan Menenangkan Eksim

Dalam studi kasus yang diterbitkan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology, ditemukan bahwa shea butter dapat mengurangi penampilan dan gejala eksim lebih baik daripada Vaseline.

Sementara sebuah penelitian yang diterbitkan Hong Kong Medical Journal, menemukan bahwa sekitar 74% peserta anak-anak dengan dermatitis atopik merespons dengan baik krim yang mengandung shea butter.

Baca Juga: 3 Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Mengaplikasikan Shea Butter Ke Kulit Bayi: Amankah? 4

Foto: freepik.com

Shea butter memang terbuat dari bahan alami yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit bayi. Namun, mengutip Madeof, Moms perlu memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini sebelum mengaplikasikan shea butter pada kulit bayi:

  • Jika shea butter yang dibeli tidak dimurnikan, maka masih sangat mungkin mengandung partikel kacang shea. Jadi, panaskan shea butter sampai hangat kemudian saring menggunakan kain katun tipis untuk mengeluarkan semua partikel kacang yang masih ada.
  • Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Si Kecil untuk menentukan apakah shea butter sesuai dengan kondisinya.
  • Jika Si Kecil memiliki reaksi alergi terhadap kacang, Moms perlu ekstra berhati-hati dengan jenis shea butter yang akan digunakan untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan.

Bagaimanapun, perlu diingat bahwa kulit kering pada bayi adalah hal biasa. Jangan terlalu buru-buru untuk langsung mengaplikasikan pelembab atau shea butter pada kulit bayi. Mintalah saran dokter mengenai perawatan yang terbaik untuk kondisi Si Kecil.

Artikel Terkait