PARENTING
5 Juli 2019

Si Kecil Hobi Bermain Slime? Waspada Kandungan Berbahayanya!

Tetap Damping Si Kecil Saat Bermain Ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Beberapa waktu ke belakang, anak-anak menggandrungi mainan bertekstur kenyal, beraneka ragam warna yang disebut slime. Apakah anak Moms salah satunya? Jika iya, Moms harus waspada. Karena para pengawas konsumen di Uni Eropa (UE) telah menemukan bahan berbahaya pada slime.

Kandungan berbahaya pada slime tersebut disebut Boron. Pengawas konsumen UE menetapkan bahwa Boron untuk sebuah barang harus berada di bawah 300mg / kg. Saat menguji 11 sampel slime, pengawas konsumen UE mendapati 8 di antaranya gagal karena mengandung lebih dari batas yang ditentukan, bahkan memiliki 4 kali lipat bahan Boron yang terkandung di dalamnya.

Apa Itu Boron?

anak main slime

Foto: Istock/Independent.com

Boron adalah unsur dalam mineral yang ditemukan di kerak bumi. Bahan tersebut juga ditemukan dalam boraks, yang menjadi bahan umum yang membantu menciptakan ‘kekakuan’ slime. Senyawa Boron juga dapat kita temukan dalam obat tetes mata, antiseptik ringan, dan bubuk pencuci.

UE menyatakan bahwa paparan Boron sangat berbahay bagi kesehatan semua kalangan.

Paparan Boron yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi, diare, muntah, dan kram dalam jangka pendek, sementara paparan boron dalam tingkat yang sangat tinggi juga dapat mengganggu kesuburan dan dapat menyebabkan bahaya pada anak yang belum lahir pada Ibu hamil.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

Bagaimana Hasilnya?

anak main slime

Foto: Mykidstime.com

Slime dengan merk HGI Goopy Slime, Glam Goo Deluxe Pack, dan Hulk Green Halloween Slime dari Planet Slime Shop termasuk dalam batas aman menurut pengawas konsumen UE. Jika Anda memiliki mainan slime selain itu, ada baiknya untuk membuangnya dan membeli versi yang lebih aman.

Badan konsumen UE menyerukan perubahan pada sistem keamanan produk slime kepada para produsen. Hal ini dilakukam setelah pihak mereka menemukan bahwa beberapa produk memiliki tingkat Boron yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan.

Amazon sebagai salah satu marketplace terbesar mengatakan bahwa mereka telah menghapus slime yang ditemukan tidak aman dari situs webnya. "Semua penjual marketplace harus mengikuti pedoman penjualan kami. Produk yang dipermasalahkan tidak lagi tersedia,” ujar salah satu juru bicara Amazon.

Baca Juga: 10 Ide Mainan Anak 1 Tahun yang Bisa Dibuat di Rumah

Apa yang Harus Dilakukan?

anak main slime

Foto: Healthyline.com

Nikki Stopford, Direktur Penelitian dan Penerbitan di Which mengatakan, jika Anda memiliki anak-anak usia sekolah, Anda mungkin sangat menyadari kegemaran mereka memainkan slime. Jadi, orang tua yang membeli slime untuk anak-anak mereka harus lebih waspada saat membelikan slime. “Karena ini menyangkut keselamatan anggota keluarga mereka,” ujarnya.

Saat akan membeli slime yang baru, perhatikan kandungan di dalamnya agar tetap aman jika dimainkan oleh Si Kecil. Jika memang Anda tetap khawatir, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk membuat slime sendiri. Karena, banyak juga laporan yang menyatakan adanya korban cedera saat anak-anak mencoba membuat slime sendiri setelah meniru resep slime yang mereka temukan secara online.

Bermain slime memang menyenangkan bagi Si Kecil. Jadi, tetap waspada dengan menemaninya saat bermain ya Moms. Perhatikan juga jika ada perubahan yang terjadi setelah Si Kecil bermain slime.

(FAR/IRN)

Artikel Terkait