2-3 TAHUN
27 November 2017

Si Kecil Senang Jungkir Balik? Salurkan Energinya Lewat 4 Cara Ini

Sebenarnya, balita jungkir balik bukanlah hal yang buruk lo, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Moms mungkin tak pernah menyangka sebelumnya, tapi memasuki usia 3 hingga 4 tahun, ternyata balita mulai sering jungkir balik untuk melakukan berbagai aktivitas.

Pasti lucu, ya, sekaligus heran melihat buah hati mencoba melakukan semua aktivitas dengan jungkir balik, seperti menonton hingga membaca buku.

Sebenarnya, balita jungkir balik bukanlah hal yang buruk lo, Moms. Banyak manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil, seperti tulang punggung yang lurus serta mengurangi stress karena aliran darah yang lancar.

Tapi jika kegiatan ini dirasa sudah melewati batas, Moms bisa mengatasi balita jungkir balik dengan 4 cara ini:

1. Sediakan Alat Bantu Yang Aman

si kecil sering jungkir balik cek 4 cara ini untuk mengatasinya 1

foto: pinterest.com

Saat balita jungkir balik, selalu ada resiko ia akan mengalami cedera otot ringan jika gerakan tersebut tidak dilakukan dengan benar. Selain otot leher dan pundaknya yang bisa tertarik, pundak dan punggungnya juga bisa memar kalau dia jatuh terlalu cepat ke lantai.

Supaya tak sampai cedera, Mama bisa menyediakan alat bantu yang aman seperti matras atau bantal besar, agar bagian tubuhnya tidak langsung menyentuh lantai yang keras jika dia terjatuh atau berguling.

2. Jadikan Sebagai Permainan

si kecil sering jungkir balik cek 4 cara ini untuk mengatasinya 2

foto: parenting.com

Duh, balita jungkir balik setiap saat dan mulai sulit dilarang? Supaya tak jadi kebiasaan buruk, Mama bisa mengubahnya menjadi semacam permainan. Bentuk permainannya pun bisa dibuat sederhana saja, cukup berjalan jungkir balik dari satu titik ke titik lainnya.

Dengan membuatnya sebagai permainan, secara tidak langsung Mama memberitahu balita bahwa kegiatan jungkir balik hanya boleh dilakukan pada waktu bermain serta harus mengikuti aturan yang membuatnya tetap aman. Mudah kan, Moms?

3. Alihkan Pikirannya

si kecil sering jungkir balik cek 4 cara ini untuk mengatasinya 3

foto: pinterest.com

Untuk mengatasi balita jungkir balik, Mama juga bisa mengalihkan pikirannya pada hal positif lain, seperti mengajaknya pergi berjalan bersama ke taman terdekat dan membiarkan dia bermain dengan teman sebayanya.

Dengan bermain, berlari dan bercanda bersama temannya, keingin balita untuk jungkir balik akan jauh berkurang. Ada juga bonusnya, tubuh balita jadi lebih sehat dan ia akan lebih pintar bersosialisasi.

4. Ikut Kelas Gymnastic

si kecil sering jungkir balik cek 4 cara ini untuk mengatasinya 4

foto: benchmarkgym.com

Cara terakhir ini bisa dibilang sebagai solusi terbaik untuk mengatasi balita jungkir balik. Mama bisa mendaftarkan balita untuk mengikuti kelas gimnastik, dimana nantinya dia akan melatih tubuh dan skill motoriknya agar dapat berfungsi dengan sempurna.

Masih banyak orang tua yang beranggapan kalau kelas gimnastik hanya berguna untuk membuat balita mahir melakukan gerakan tertentu. Padahal ada banyak manfaat lain yang bisa dirasakan oleh balita, seperti tubuh yang lebih lentur, lebih kuat, melatih kedisiplinan hingga meningkatkan rasa percaya diri.

Balita jungkir balik itu sebenarnya normal, tapi akan jauh lebih baik kalau energi dan kemampuan buah hati diarahkan pada kegiatan yang positif. Apa buah hati Moms sudah memasuki fase suka jungkir balik?

(WA)

Artikel Terkait