BAYI
11 Desember 2019

Makanan Sehat untuk Bayi untuk Si Kecil yang Sudah Siap MPASI

Inilah pilihan makanan terbaik untuk MPASI buah hati.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan salah satu cara untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Tentu saja, nutrisi dan gizi harus menjadi perhatian bagi Moms sebagai orangtua.

Walaupun ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, tetapi setelah usia 6 bulan Si kecil membutuhkan lebih banyak mineral, protein, vitamin, dan karbohidrat. Oleh karena itu, MPASI sangat diperlukan.

Baca Juga: Ingin Membuat Makanan Bayi Sendiri? Ini Manfaat dan Langkah Mudahnya

MPASI adalah makanan penuh nutrisi yang mudah untuk dikonsumsi dan dicerna oleh bayi. Dilansir dari idai.co.id, setelah usia 6 bulan kebutuhan nutrisi bayi baik makronutrien maupun mikronutrien tidak dapat terpenuhi oleh ASI.

Tidak hanya itu, keterampilan makan juga terus berkembang dan Si Kecil mulai memperlihatkan minat pada makanan lain, selain ASI atau susu formula. Anda bisa mengenalkan MPASI kepada Si Kecil secara bertahap.

Mengenalkan Buah-buahan Sebagai Makanan Sehat untuk Bayi

Untuk tahap awal, perkenalkan lewat beberapa buah dan sayuran yang bisa menjadi bahan MPASI.

1. Wortel

carrotpureerecipe.jpg

Foto: Supervalue.ie

Menurut Annabel Karmel, penulis buku Superfood for Babies and Children, menyebut wortel merupakan makanan sehat untuk bayi yang dapat diolah menjadi MPASI. Wortel kaya akan beta-karoten, vitamin A, dan yang lainnya.

Selain itu, wortel merupakan makanan yang tepat untuk penyapihan dan biasanya anak-anak menyukai makanan yang punya rasa manis alami. Pastikan Moms memilih wortel yang lebih tua karena mengandung beta-karoten lebih banyak.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

2. Ubi

833x469x15_088_Baby-Center_Sweet-Pot_17370_wide.jpg.pagespeed.ic.jZMLW3xNls.jpg

Foto: babycenter.com

Ubi merupakan makanan sehat untuk bayi yang cocok diolah menjadi MPASI. Terdapat dua jenis ubi, yaitu daging buah yang berwarna oranye dan cokelat.

Tentu saja, kedua ubi ini memiliki kulit luar berwarna merah atau ungu yang merupakan sumber kalium, vitamin C, dan serat yang sangat baik.

Tidak hanya itu, ubi yang daging buahnya berwarna oranye kaya akan beta-karoten.

3. Pisang

760671499-H.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Buah berwarna kuning ini juga termasuk ke dalam daftar makanan sehat untuk bayi terbaik. Pisang dipercaya sebagai sumber energi untuk tubuh. Mudah didapat dan dikonsumsi, membuat pisang menjadi MPASI yang sempurna.

Pisang juga mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang bisa membantu untuk mengatasi sembelit ataupun diare.

BacaJjuga: Bayi di Bawah 6 Bulan Makan Pisang, Bahaya!

4. Pepaya

front-view-sliced-papaya-fruit_23-2148255657.jpg

Foto: freepik.com

Kaya akan vitamin C dan beta-karoten membuat pepaya jadi bahan MPASI yang bisa Moms kenalkan pada buah hati.

Memiliki daging buah yang lembut, rasanya yang manis, dan warna yang cerah bisa membuat Si Kecil tertarik serta menyukainya.

Pepaya juga tinggi akan serat sehingga bisa membantu memperlancar masalah pencernaan.

5. Brokoli

broccoli-baby-food_Sy9FEvRaW.jpg

Foto: ventray.com

Sayuran yang bisa menjadi bahan makanan sehat untuk bayi yang lainnya adalah brokoli. Sayuran ini sudah sangat dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk tubuh Si Kecil.

Brokoli mengandung vitamin C, beta-karoten, asam folat, zat besi, dan kalium. Apabila saat pertama kali mencoba Si Kecil tidak terlalu suka dengan rasanya, campurlah dengan sayuran yang memiliki rasa manis.

Itu dia Moms jenis sayuran dan buah-buahan di atas yang bisa Moms olah menjadi makanan sehat untuk bayi. Semoga Si Kecil tetap sehat ya, Moms!

MA/KM

Artikel Terkait