KESEHATAN
30 September 2019

Si Merah Menyala, Simak 4 Manfaat Angkak bagi Kesehatan Berikut Ini

Angkak baik untuk menjaga kesehatan jantung
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukan Moms mengenai angkak? Angkak atau beras ragi merah adalah jenis beras fermentasi yang diproduksi menggunakan spesies jamur tertentu.

Angkak telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine mengenai beras ragi merah, jenis beras ini mengandung senyawa monacolin K atau bahan aktif yang sama yang ditemukan dalam resep obat penurun kolesterol seperti lovastatin.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Beras Merah sebagai MPASI

Oleh karena itu, angkak sering digunakan sebagai alternatif hemat biaya untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dan mendukung kesehatan jantung.

Agar bisa mengetahui lebih lanjut manfaat dari angkak, yuk langsung saja cek penjelasannya di bawah ini Moms.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat angkak

Foto: healthline.com

Dilansir dari Healthline, beras ragi merah umumnya digunakan sebagai obat alami untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Menggunakan angkak, tentunya efek samping yang diperoleh lebih sedikit daripada obat resep yang digunakan untuk mengobati kolesterol.

Satu studi yang dilakukan pada 25 orang menunjukkan bahwa angkak menurunkan kolesterol total rata-rata 15% dan kolesterol jahat LDL sebesar 21% selama sekitar dua bulan pengobatan.

Baca Juga: Sehat Banget, 4 Manfaat Beras Merah untuk Penderita Diabetes

Demikian pula, penelitian selama delapan minggu yang melibatkan 79 orang membuktikan bahwa mengonsumsi 600 mg angkak dua kali sehari secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL "buruk".

2. Mengobati Sindrom Metabolik

manfaat angkak

Foto: hellosehat.com

Manfaat angkak bagi tubuh bisa mengobati sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kondisi yang akan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Beberapa gejala untuk sindrom metabolik termasuk tekanan darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, peningkatan gula darah, dan perubahan kadar kolesterol atau trigliserida

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Bioinformatics and Medical Informatics Research Center di San Diego State University, menemukan bahwa angkak dapat membantu mengobati beberapa faktor risiko ini dan dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk membantu pencegahannya.

Studi kecil lainnya yang dilakukan selama 18 minggu menemukan bahwa suplemen yang mengandung angkak mampu mengurangi gula darah, kadar insulin, dan tekanan darah sistolik pada orang yang menderita sindrom metabolik.

3. Mengurangi Peradangan

manfaat angkak

Foto: medium.com

Peradangan adalah respons imun normal yang dirancang untuk melindungi tubuh kita dari infeksi akut dan bakteri asing.

Namun, peradangan yang berkelanjutan diperkirakan dapat menimbulkan beberapa kondisi kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Mengenal Rhinitis Alergi, Peradangan di Rongga Hidung Akibat Alergi

Studi menunjukkan bahwa manfaat angkak dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, sebuah penelitian pada 50 orang dengan sindrom metabolik menunjukkan bahwa mengambil suplemen yang mengandung angkak dan ekstrak zaitun mengurangi tingkat stres oksidatif - penyebab utama peradangan kronis hingga 20%.

4. Memiliki Sifat Antikanker

manfaat angkak

Foto: organicherbpowder.com

Meskipun penelitian saat ini terbatas pada penelitian pada hewan dan tabung percobaan, beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat angkak untuk kesehatan dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Demikian pula, sebuah penelitian tabung menunjukkan bahwa mengobati sel-sel kanker prostat dengan angkak mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker lebih manjur daripada lovastatin, obat penurun kolesterol dengan efek antikanker.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efek angkak pada jenis kanker lainnya pada manusia. Secara khusus, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk menentukan bagaimana efek sifat antikanker dari angkak ini.

Nah, mengetahui begitu banyak manfaat angkak bagi kesehatan kita, jangan ragu untuk memasakkan keluarga makanan dengan bahan angkak ya Moms.

(AWD)

Artikel Terkait