FASHION & BEAUTY
22 Mei 2020

Siap Lebaran, Ini Cara Manikur dan Pedikur di Rumah

Mudah dan menghemat biaya lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hari Raya Lebaran sudah di depan mata! Tinggal beberapa hari lagi, ibadah puasa umat muslim di seluruh dunia akan berakhir dan digantikan dengan hari kemenangan, yaitu Lebaran.

Biasanya untuk menyambut Lebaran, ada banyak hal yang akan dipersiapkan. Tidak hanya dekorasi rumah dan berbagai hidangan untuk menyambut keluarga besar, namun juga penting untuk mempersiapkan penampilan diri agar tampil memukau di hari Lebaran nanti.

Baca Juga: Resep Gulai Tunjang untuk Hari Raya Lebaran

Sayangnya perawatan diri di salon saat pandemi virus corona (COVID-19) ini tidak bisa dilakukan. Alternatif lain yang bisa dipilih ada dengan melakukan perawatan diri di rumah. Salah satu hal yang para wanita perhatikan adalah kecantikan kuku-kukunya.

Nah, untuk Moms yang sudah lelah dengan penampilan kuku yang kurang cantik selama di rumah, yuk coba manikur dan pedikur sendiri di rumah Moms. Selain membuat kuku kita jadi lebih bersih dan sehat, juga pastinya menghemat pengeluaran lho.

Tips Manikur dan Pedikur di Rumah.

Ikuti tips di bawah ini yuk Moms, untuk mendapatkan kuku yang bagus dan bersih dalam rangka menyambut Lebaran.

1. Membersihkan Kuku Terlebih Dahulu

manikur dan pedikur di rumah

Foto: cantikmenawan.com

Jika Moms memiliki sisa cat kuku yang menempel, bersihkan dulu dengan nail remover. Jika sudah, bersihkan juga tangan dan kaki kita menggunakan air bersih dan sabun tangan yang lembut sebelum memulai rangkaian manikur dan pedikur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuteks Matte yang Cantik

2. Menggosok Kulit Mati

manikur dan pedikur di rumah

Foto: ohsheglows.com

Selanjutnya kita akan menggosok kulit mati yang menempel pada kaki dan tangan. Siapkan baskom yang sudah diisi dengan campuran air hangat dan minyak zaitun, lalu rendam jari tangan sekitar 5-10 menit, sambil pijit tangan perlahan-lahan. Jika sudah rendamlah kaki.

Moms bisa coba melakukan scrubbing tangan dan kaki menggunakan hand & food scrub selama 5-7 menit. Alternatif lainnya, gunakan potongan jeruk lemon untuk menggosok area kuku agar lebih bersih dan bersinar.

Khusus area kaki, kita bisa menggunakan batu apung untuk menggosok bagian tumit, lipatan, dan punggung kaki. Bersihkan kembali tangan dan kaki dengan air bersih, lalu keringkan.

3. Bentuk dan Rapikan Kuku

manikur dan pedikur di rumah

Foto: islami.co

Setelah tangan dan kaki kita bersih, saatnya untuk merapikan dan memperindah bentuk kuku. Caranya, Moms bisa memotong kuku menggunakan nail clipper, lalu bentuk kuku menggunakan nail shaper (kikir kuku) sesuai keinginan. Jangan lupa haluskan permukaan dan tepi kuku agar tidak kasar dengan nail buffer.

Baca Juga: 4 Tips Menggunting Kuku Balita Tanpa Rusuh, Patut Dicoba!

Gunakan cuticule cutter untuk menghilangkan kutikula yang tidak rapi atau terkelupas. Moms bisa mengoleskan cuticle oil pada kuku sambil pijat perlahan. Diamkan selama 5 menit.

4. Poleskan Kutek Favorit

manikur dan pedikur di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, pilih produk perawatan sesuai dengan masalah jari dan kuku. Oleskan base coat untuk membuat kuku bersinar (dan sebagai awal sebelum mengecat kuku), nail whitening untuk memutihkan permukaan kuku yang menguning, atau nail strengthener untuk membuat kuku kuat tak  cepat rapuh.

Jika sudah, tinggal poleskan warna kutek favorit pada kuku tangan dan kaki, Moms pun siap menyambut Lebaran yang tinggal menghitung jari.

Jangan lupa selalu oleskan hand & foot cream untuk merawat jari dan kuku sehari-hari ya, Moms.

Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari Glitz Media

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait