GAYA HIDUP
21 Agustus 2019

Siapa Sangka, 5 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Membantu Mengecilkan Perut Buncit Lho

Wah, percaya tidak kalau sarapan justru bisa membantu menurunkan berat badan?
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Apakah Moms sering merasa bersalah dengan diri sendiri saat selesai melahap makanan cepat saji ditambah minuman bersoda?

Tenang saja, Moms pasti tidak sendiri karena perasaan seperti itu biasa terjadi. Terlebih, apabila melihat perut buncit yang tidak pernah mengecil sama sekali.

Setelah itu, biasanya berbagai upaya akan dilakukan agar lemak yang masuk berharap dapat terbakar dan tidak menjadi timbunan lemak lalu membuat perut buncit.

Namun, terkadang upaya yang dilakukan seringkali terlihat tak membuahkan hasil. Belum lagi pikiran untuk menyerah karena merasa apa yang sudah dilakukan tidak sepadan dengan hasilnya.

Padahal kesalahan terbesar yang membuat diet atau proses membakar lemak tersebut gagal adalah praktiknya yang salah.

Akan tetapi, sebelum Moms merasa sangat kecewa, baca dulu beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa membantu Moms membakar lemak atau salah satunya untuk mengecilkan perut buncit.

Baca Juga: Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

1. Minum Air Hangat

Minum air hangat.jpg

Foto: drvidyahattangadi.com

Salah satu cara yang paling baik dan paling mudah untuk menurunkan berat badan adalah memulai hari dengan satu hingga dua gelas air mineral hangat.

Air mineral membantu membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Pada beberapa orang, air juga mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

Jadi, sebelum menegak segelas kopi atau teh manis, pastikan Moms mempraktikan kebiasaan sehat ini demi mengecilkan si perut buncit.

2. Selalu Sarapan

sarapan.jpg

Foto: fieltheotakumind.blogspot.com

Jangan kaget bila mendengar bahwa cara lain untuk mengecilkan perut buncit adalah sarapan. Banyak orang takut memulai hari dengan sarapan karena berfikir bisa menambah lemak di perut dan justru membuat perut semakin bucit.

Padahal sarapan adalah santapan pertama dan paling penting setiap harinya. Sarapan dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh sehingga bisa berfungsi secara normal dan bahkan membantu menstabilkan kadar glukosa.

Melewatkan sarapan justru bisa mengacaukan metabolisme dan memperlambat proses pembakaran lemak tubuh. Melewatkan sarapan biasanya juga membuat seseorang memiliki kebiasaan yang buruk dalam menjalani santap siang.

Makan pagi atau sarapan yang sehat diyakini bisa mencegah rasa lapar dan mengurangi keinginan untuk makan siang berlebih.

Baca Juga: Kenapa Perut Buncit dan Berbunyi Ketika Dipukul?

3. Jangan Sarapan dengan Makanan Olahan

makanan bayi di pantai.png

Foto: glamour.com

Memiliki keinginan mengecilkan perut buncit dengan kebiasaan sarapan menggunakan makanan olahan, merupakan sesuatu yang bertolak belakang. Ini adalah satu kesalahan sarapan yang biasa dilakukan banyak orang dan dapat menyabotase penurunan berat badan serta kesehatan.

Sama seperti melewatkan sarapan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, memulai hari dengan makanan olahan dan junk food bisa menjadi hal terburuk yang dilakukan untuk kesehatan secara keseluruhan.

Makanan-makanan seperti itu sarat dengan gula dan zat yang tidak lainnya dan dapat meningkatkan hasrat untuk makan berlebihan. Untuk mengakalinya, pilihlah sarapan alternatif yang sehat seperti buah-buahan serta kacang-kacangan.

Clare Morrison, general practitioner and medical advisor at Medexpress, UK, mengatakan makanan olahan mengandung gula atau pati. Begitu pula biskuit, kue, roti, kentang, pasta, wafel, scone, pancake, keripik, dan donat.

"Makan seperti itu rendah nutrisi yang mahal dan menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba, menyebabkan tingkat insulin meningkat. Gula diubah menjadi lemak dengan sangat cepat. Gula darah kemudian turun setelah waktu yang singkat dan menyebabkan nafsu makan meningkat," katanya seperti dikutip dari metro.co.uk.

4. Mendapatkan Sinar Matahari Pagi

SInar Matahari Untuk Kesehatan.jpg

Foto: endeavourlotteries.com.au

Tahukah Moms bahwa tidak mendapatkan cukup sinar matahari di pagi hari dapat mengganggu upaya penurunan berat badan?

Dikutip dari Timesnownews.com, studi menunjukkan bahwa sinar UV di pagi hari merupakan sesuatu yang menyehatkan dan memberikan energi kepada tubuh sekaligus meningkatkan aktivitas metabolisme.

Mendapatkan sinar matahari di pagi hari dapat menurunkan BMI dan meningkatkan kesehatan, sehingga terhindar dari masalah perut buncit.

Baca Juga: Perut Bayi Buncit, Normalkah?

5. Olahraga

olahraga pagi.jpeg

Foto: economictimes.indiatimes.com

Studi menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan berpotensi mencegah penambahan berat badan, lemak pada perut buncit bisa menjadi salah satunya.

Menurut studi 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu orang membakar lebih banyak lemak tubuh dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Jadi, selalu pastikan sisipi jadwal olahraga pada agenda Moms yang padat. Tidak harus ke gym, rutinitas seperti jogging, lari, dan senam bisa menjadi pilihan.

Jangan lupa melakukan peregangan pada 10 menit diawal agar dapat membantu meringankan otot-otot yang kaku, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan menenangkan pikiran.

Zac Yeo, personal trainer and qualified nutritionist at Origym, mengatakan, sangat sulit untuk menghilangkan lemak pada daerah tertentu, terutama lemak perut.

Akan tetapi trik untuk menurunkan berat badan atau mengecilkan perut buncit adalah 'defisit kalori' dan meningkatkan aktivitas kardio vaskular seperti berlari.

"Melakukan aktifitas kardio vaksular artinya adalah membiarkan lemak perut untuk berkurang. Defisit kalori yaitu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi setiap hari," katanya seperti dikutip dari dailystar.co.uk.

Itulah beberapa kebiasaan pagi hari yang ternyata bisa membantu mengecilkan perut buncit. Selamat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait