GAYA HIDUP
21 Februari 2020

Siapa Sangka! Ini 5 Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh Moms dan Keluarga!

Jambu biji bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jambu biji merupakan buah yang banyak kita temukan dalam minuman jus di hotel dan memang menyehatkan.

Buahnya berbentuk oval dengan kulit berwarna hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan.

Bahkan banyak orang menggunakan teh daun jambu biji sebagai pengobatan untuk diare di beberapa negara, termasuk India dan Cina. Di negara lain, seperti Meksiko, orang secara tradisional menggunakan daging buahnya untuk menyembuhkan luka.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat jambu biji sangat kaya akan untuk tubuh kita. Apa saja manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah jambu biji ini? Yuk kita cek di bawah ini Moms.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

manfaat jambu biji

Berdasarkan jurnal American Chemical Society (ACS) Publications, disebutkan bahwa pulp dan kulit jambu biji saat diuji, keduanya menunjukkan kandungan tinggi serat makanan (48,55−49,42%) dan polifenol yang dapat diekstraksi (2,62−7,79%).

Karena itu, manfaat jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Hanya dengan mengonsumsi satu jambu biji dapat memberikan 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

2. Bagus untuk Penderita Diabetes

manfaat jambu biji

Manfaat jambu biji, terutama pada bagian daunnya, dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan memperbaiki gejala pada penderita diabetes tipe 2. Moms bisa membuatnya dalam bentuk minuman teh.

Pada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh BMC, ditemukan bahwa konsumsi teh daun jambu biji secara signifikan terbukti dapat mengurangi peningkatan glukosa darah postprandial pada 30, 90 dan 120 menit.

Baca Juga: Jus Buah untuk Anak, Sebenarnya Sehat atau Tidak?

Manfaat-manfaat ini dapat dihasilkan dari senyawa-senyawa dalam ekstrak daun jambu biji yang membantu memoderasi penyerapan glukosa setelah seseorang makan.

3. Mengobati Kram Akibat Menstruasi

manfaat jambu biji

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah mengobati kram akibat menstruasi

Mengambil suplemen yang mengandung ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi kram menstruasi. Buah ini juga dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita dengan dismenore primer.

Orang yang menggunakan 6 miligram (mg) ekstrak setiap hari mengalami lebih sedikit nyeri haid dibandingkan mereka yang menggunakan ibuprofen atau plasebo.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat jambu biji

Manfaat jambu biji juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium tubuh, sehingga mengatur tekanan darah pada pasien dengan hipertensi.

Jambu biji juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. Buah ajaib ini meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Patut Tahu, Ini Hubungan Antara Pernikahan dengan Kesehatan Jantung

5. Mengurangi Risiko Kanker

manfaat jambu biji

Lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Itulah manfaat jambu biji yang lainnya.

“Buah jambu biji telah terbukti berhasil secara luas dalam mengurangi risiko kanker prostat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena kaya akan likopen”, kata Dr. Manoj K. Ahuja, ahli Radiologi di Babarpur, Delhi.

Itu dia Moms beberapa kebaikan dan manfaat jambu biji. Sudahkah Moms dan keluarga mengonsumsi satu buah hari ini?

Artikel Terkait