TREN
13 Juni 2018

Siapkan Budget, Ini 6 Biaya Tidak Terduga yang Sering Muncul saat Libur Lebaran

Jika tidak diperhitungkan dengan baik bisa mengganggu pos keuangan lainnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Saat menerima THR (tunjangan hari raya), salah satu alokasi dana yang disiapkan adalah untuk kebutuhan selama momen Lebaran. Misalnya, dana untuk angpao, beli baju baru hingga mudik. Tapi, sebenarnya ada pula biaya tidak terduga yang muncul saat libur Lebaran tiba, lho.

Jika tidak disiapkan dengan baik dan jauh-jauh hari, bukan tak mungkin kondisi ini bisa mengganggu pos keuangan keluarga.

Baca Juga : Agar THR Tak Habis Dalam Sekejap, Ini 5 Trik Hemat Menyambut Lebaran

Nah, kira-kira apa saja yang jadi biaya tidak terduga saat libur Lebaran? Cari tahu, yuk, Moms!

Perawatan Kendaraan

Moms yang mudik dengan kendaraan pribadi tentu harus menyisihkan uang untuk biaya perawatan kendaraan sebelum mudik demi keamanan dan kenyamanan.

Terlebih jika Moms dan keluarga mudik ke tempat yang lumayan jauh dan memakan waktu perjalanan yang cukup lama.

Saat perjalanan mudik pun, Moms harus menyiapkan pos khusus untuk biaya tidak terduga kendaraan.

Ban bocor atau tidak sengaja menabrak atau tertabrak kendaraan lain saat macet-macetan di jalan jadi kasus yang umum terjadi saat perjalanan mudik.

Biaya Kesehatan

Perjalanan siang dalam kondisi puasa menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang banyak orang yang tumbang alias sakit setelahnya.

Belum lagi Si Kecil yang mabuk perjalanan. Jika sudah begitu, biaya dokter dan obat pun sudah pasti keluar.

Baca Juga : Yuk, Ajarkan Anak Bijak Mengatur Uang Salam Tempel Lebaran

Oleh-oleh

Saat pulang kampung, Moms tentu harus menyiapkan budget khusus untuk membeli oleh-oleh yang akan diberikan kepada sanak saudara di kampung halaman.

Sebaliknya, saat akan kembali ke rumah pun, Moms harus membeli oleh-oleh khas kampung halaman untuk dibagikan ke tetangga dan teman-teman terdekat. Budget untuk oleh-oleh ini cukup besar lho.

Transportasi di Kampung Halaman

Jika memilih untuk menggunakan angkutan umum saat mudik, Moms harus menyiapkan budget untuk menyewa kendaraan di kampung halaman.

Moms juga bisa patungan dengan saudara yang lain untuk biaya sewa mobil ini. Tapi, komunikasikan terlebih dahulu.

Baca Juga : Lebaran di Rumah Orang Tua atau Mertua Tahun Ini?

Bekal di Perjalanan

Perbekalan selama di perjalanan jangan dilupakan ya Moms. Bawa makanan dan minuman secukupnya. Begitu juga dengan obat-obatan.

Selama perjalanan, Moms juga harus menyiapkan budget untuk membeli makanan dan minuman. Tidak jarang Moms tergoda untuk mencicipi beberapa makanan diilewati sepanjang berjalanan.

Pulsa dan Kuota Internet

Moms, saat Lebaran ternyata penggunaan internet lebih tinggi lho. Selain karena tidak ada wifi seperti di rumah atau kantor, di kampung halaman juga orang cenderung banyak berfoto dan ingin segera mengunggahnya ke media sosial agar tidak kehilangan momen.

Tidak ketinggalan juga menge-tag saudara-saudara yang ada dalam frame.

Itulah beberapa biaya tidak terduga yang muncul saat libur Lebaran. Nah, sebaiknya Moms mulai menghitung dan menyiapkannya sejak jauh-jauh hari agar tidak mengganggu keuangan keluarga.

(AND)

Artikel Terkait