TRIMESTER 1
31 Oktober 2019

Simak 11 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Disepelekan Berikut Ini

Ketahui perbedaannya dengan gejala PMS.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Semua orang tahu tanda-tanda klasik kehamilan. Misalnya, menstruasi tidak kunjung datang, merasa lelah sepanjang hari, mual-mual. Tetapi tidak sedikit wanita yang tidak mengalami gejala tadi. Tahu-tahu usia kehamilan sudah trimester dua. Apakah Moms salah satunya?

Wajar saja apabila Moms bingung. Tanda-tanda awal kehamilan mirip seperti tanda-tanda sindrom pramenstruasi (PMS). Jadi Moms mungkin berpikir akan mendapatkan menstruasi ketika sebenarnya sedang hamil. Berikut adalah 11 gejala awal kehamilan yang sering disepelekan, dikutip dari Michael Weber, seorang dokter obgyn serta pengajar di University of Mississippi dan William Carey University, Amerika Serikat.

1. Keputihan yang Tidak Biasa

01 KEPUTIHAN - sumber ABC.jpg

Foto: ABC.com

Wanita mengalami keputihan adalah hal biasa, karena itu cara vagina membersihkan diri. Tetapi kebanyakan wanita hamil akan mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning pucat sejak awal trimester pertama dan sepanjang kehamilan mereka. Peningkatan hormon dan aliran darah vagina menyebabkan keluarnya cairan ini.

Baca Juga: Duh, 10 Makanan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Keputihan

2. Sakit Kepala

02 SAKIT KEPALA - sumber thelearningrevolution.jpg

Foto: thelearningrevolution.com

Perubahan hormon dan volume darah selama kehamilan dapat menyebabkan sakit kepala. Kehamilan menyebabkan tekanan darah turun dan pembuluh darah membesar. Beberapa wanita juga mengalami kram seperti periode di kedua sisi perut bagian bawah. Dan kebanyakan wanita akan melakukan perjalanan ekstra ke kamar kecil. Itu karena rahim Moms yang semakin besar menekan kantung kemih.

3. Keluar Flek

03 KELUAR FLEK - sumber ukotex.jpg

Foto: ukotex.com

Sekitar 25 hingga 40 persen wanita hamil akan mengalami pendarahan ringan atau melihat bercak sejak dini dalam kehamilan mereka. Bercak ini sering disangka sebagai awal menstruasi, padahal bukan. Pendarahan ringan dapat terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Ini dikenal sebagai pendarahan implantasi. Biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah pembuahan.

4. Dada Terasa Panas

04 DADA TERASA PANAS - sumber massgeneralgiving.jpg

Foto: massgeneralgiving.com

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan. Termasuk pada katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan Moms, sehingga menyebabkan mulas.

Sebagai langkah antisipasi, makanlah dengan porsi kecil tapi sering. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, jus, dan makanan pedas. Makanan yang digoreng juga sebaiknya diganti dulu dengan sayur dan buah.

5. Pengalihan Selera Makanan

05 PENGALIHAN MAKANAN - sumber flo.jpg

Foto: flo.health

Ada saat-saat ketika makanan tertentu terdengar enak dan yang lain tidak, tetapi banyak wanita tidak tahu ini bisa menjadi tanda kehamilan. Bahkan makanan yang tidak berbahaya dapat tiba-tiba terasa seperti musuh di masa-masa awal kehamilan. Awalnya suka bakso, saat hamil bisa jadi mual hanya mencium baunya saja. Apakah Moms sedang mengalaminya? Jika ya, bisa jadi Moms sedang hamil.

Baca Juga: Jelang Haid, Nafsu Makan Bertambah? Ini Penyebabnya

6. Kram

Kram - sumber medicalnewstoday.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Bagian yang sulit tentang gejala awal kehamilan adalah rasanya benar-benar seperti gejala PMS. Kram pada awal kehamilan adalah umum, dan kram ini mungkin terasa seperti kram pramenstruasi. Jadi Moms tidak tahu bahwa ada sesuatu yang berbeda.

Dilansir dari babygaga.com, wanita kram karena proses implantasi. Tetapi tidak ada cara untuk mengetahui apakah kram ini berbeda dari kram PMS sampai tes kehamilan kembali positif. Banyak wanita bahkan tidak ingat kram yang berhubungan dengan kehamilan dini karena kram sangat normal bagi kebanyakan wanita setiap bulan. Kram di awal kehamilan umumnya bukan pertanda buruk, hanya bukti bahwa sedang ada bayi di dalam perut.

7. Mengidam

07 Mengidam - sumber goodyfeed.jpg

Foto: goodyfeed.com

Cokelat? Daging panggang? Cilok? Wanita mengidam saat hamil dan itu hal wajar. Sebagian besar wanita juga mengakui bahwa PMS menyebabkan ngidam, dan seringkali wanita menyerah karena daya tarik gula atau karbohidratnya sangat kuat.

Tidak apa-apa kok Moms mengikuti semua keinginan saat kehamilan datang. Namun ingatlah bahwa janin butuh nutrisi penting untuk perkembangannya. Jadi jangan lupakan itu ya.

Baca Juga: Dads, Ini Lho Cara Membuat Donat yang Mudah untuk Moms yang Ngidam

8. Sembelit

Sembelit - sumber newshub.jpg

Foto: newshub.com

Moms mungkin merasa kembung, seperti ingin buang gas atau buang air besar. Tapi ketika sudah masuk toilet, tidak jadi. Itu karena perubahan hormon kehamilan dapat menyebabkan sembelit, seperti halnya vitamin prenatal. Sistem pencernaan melambat selama kehamilan. Sebab, tubuh memberi nutrisi cukup waktu ekstra untuk menyerap ke dalam aliran darah hingga menjangkau si kecil.

9. Gampang Sakit

Gampang sakit.jpg

Foto: shutterstock.com

Kehamilan menurunkan kekebalan tubuh Moms. Ini berarti Moms lebih rentan terhadap batuk, pilek, dan flu. Tidak jarang wanita hamil mengalami gejala pilek atau flu di awal kehamilan. Bicaralah dengan dokter tentang pilihan perawatan yang aman untuk kehamilan. Wanita hamil lebih rentan terhadap penyakit parah akibat flu. Jika dibiarkan, akan berakibat pada perkembangan janin.

10. Emosi Naik Turun

10 Emosi Naik Turun - sumber healthline.jpg

Foto: healthline.com

Hormon Moms tiba-tiba berubah ketika hamil. Moms akan merasa sangat sedih dan emosional. Libido berubah dari panas menjadi dingin, lalu kembali menjadi panas lagi. Moms mungkin juga mengalami perubahan suasana hati. Ini sangat umum selama awal kehamilan.

11. Payudara Terasa Nyeri

Payudara Nyeri.jpg

Foto: flo.health

Salah satu tanda awal kehamilan dan sering diabaikan adalah nyeri payudara. Karena normal bagi seorang wanita untuk mengalami nyeri payudara ketika mengalami PMS, mudah untuk mengasumsikan bahwa rasa sakit itu berasal dari periode mendatang. Kebanyakan wanita mengatakan bahwa nyeri payudara hamil adalah rasa sakit yang lebih hebat, terutama di awal. sakit tidak tetap sangat buruk selama kehamilan, tetapi biasanya selalu ada pada tingkat tertentu.

Semua tanda kehamilan ini memang sangat mirip dengan tanda awal menstruasi. Meski sudah baca sana sini dan berpengalaman hamil sebelumnya, masih banyak juga Moms yang kecolongan. Maka untuk memastikan janin aman dan berkembang.

(CIL/DIN)

Artikel Terkait