KESEHATAN
27 Agustus 2019

Simak 3 Cara Mengatasi Angin Duduk Ini, Moms

Cara terbaik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak orang salah mengira bahwa angin duduk sama dengan masuk angin, karena namanya yang hampir sama. Nyatanya kedua ini adalah penyakit yang sama sekali berbeda.

Angin duduk atau angina merupakan suatu kondisi nyeri di dada yang muncul karena adanya penyempitan pembuluh darah di jantung yang menyebabkan aliran darah ke jaringan otot jantung terganggu.

Nyeri di dada yang disebabkan oleh angin duduk ini seringkali mirip dengan gejala nyeri dada akibat penyakit lainnya, jadi agak susah untuk dikenali.

Baca Juga: Nyeri di Bagian Dada Saat Hamil, Ini 8 Penyebabnya

Gejala nyeri di dada yang kira rasakan akan berbentuk seperti ditindih atau ditekan oleh sesuatu. Nyeri di dada ini umumnya muncul saat kita sedang beraktivitas, tepatnya saat jantung memompa darah lebih cepat.

Meski terdengar agak menyeramkan, angin duduk ini bisa diatasi dengan pengobatan dari dokter serta menjalani gaya hidup sehat. Bila ditangani dengan baik, tentu kondisinya tidak akan semakin buruk.

Nah, sekarang kita bahas cara mengatasi angin duduk yuk, Moms.

1. Obat-Obatan

cara mengatasi angin duduk

Foto: hellosehat.com

Mengutip dari The New York Times, pasien dengan angin duduk dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan berbagai obat, termasuk aspirin dan obat lain yang mencegah pembekuan.

Aspirin dan obat anti-platelet lainnya mampu mengurangi kemampuan darah untuk menggumpal, sehingga akan lebih mudah bagi darah untuk mengalir melalui arteri jantung yang menyempit.

Obat lainnya yang bisa Moms konsumsi adalah nitrat. Obat ini sering digunakan untuk mengobati angin duduk, nitrat akan merilekskan dan memperlebar pembuluh darah, sehingga memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke otot jantung.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

2. Angioplasti dan Penempatan Stent

angin duduk

Foto: news.ubc.ca

Cara mengatasi angin duduk berikutnya adalah dengan angioplasti, yaitu prosedur untuk membuka pembuluh darah (arteri koroner) yang menyuplai darah menuju jantung. Biasa dikenal juga dengan sebutan percutaneous coronary intervention.

Selama prosedur angioplasti, dokter akan memasang balon kecil kempes yang melekat pada pipa khusus melalui arteri, umumnya di pangkal paha, ke arteri koroner yang menyempit.

Dokter akan memompa balon untuk memperluas arteri. Baru kemudian mungkin memasukkan tabung logam kecil (stent) untuk menjaga arteri tetap terbuka.

Baca Juga: Minuman Jahe Hangat Pengusir Masuk Angin

3. Ubah Gaya Hidup

cara mengatasi angin duduk

Foto: alodokter.com

Terlepas dari semua saran perawatan angin duduk yang bisa dipilih, dokter akan merekomendasikan kita untuk melakukan perubahan gaya hidup agar jantung pun sehat.

Caranya dengan berhenti merokok jika Moms perokok, lalu ubah diet menjadi diet yang sehat dengan mengurangi konsumsi garam, gula, dan lemak. Selain itu, coba rencanakan olahraga rutin.

“Faktanya, olahraga adalah salah satu cara untuk mengatasi angin duduk,” Dr. William Heberden, dokter di Inggris,

Cobalah juga untuk menjaga berat badan tetap sama dan hindari stress.

Mudah bukan Moms? Yang terpenting, Moms harus memulai gaya hidup sehat terlebih dahulu. Jika sudah menekuni gaya hidup sehat, tentu akan terlindungi dari berbagai masalah kesehatan.

(AWD)

Artikel Terkait