BAYI
30 Oktober 2019

Simak 4 Cara Alami Mengatasi Batuk pada Bayi Berikut Ini

Bahkan Madu lebih ampuh mengatasi batuk daripada obat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebagai orang tua, pasti akan sedih jika harus melihat Si Kecil menderita karena batuk yang dialaminya. Moms pasti akan melakukan segala cara, agar batuk pada anak ini bisa mereda dan sembuh.

Batuk bayi dapat berarti banyak hal yang berbeda, dan kita tidak bisa langsung bertanya pada si anak apa yang menyebabkannya batuk. Sulit bagi orang tua untuk mengetahui penyebabnya jika tidak mengajak anak ke dokter.

“Penekan batuk sebenarnya bisa berbahaya dan membuat beberapa anak menjadi hiperaktif, pusing, dan gelisah saat akan tidur," kata Catherine Tom-Revzon, PharmD, manajer apoteker klinis anak di New York City.

Namun Moms bisa mengatasi batuk anak dengan beberapa bahan alami ini. Apa saja bahan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Air Hangat atau Air yang Sangat Dingin

mengatasi batuk pada bayi

Foto: parents.com

Dilansir dari situs Parents, air yang hangat atau sangat dingin dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi batuk pada bayi yang sangat baik karena mengencerkan lendir, yang membuatnya lebih mudah batuk.

Selain itu, cairan ini juga menenangkan tenggorokan yang kering, sekaligus menjaga anak tetap terhidradi dengan baik. Minta anak untuk minum air es, jus dingin atau hangat, atau teh yang dicampur dengan madu.

2. Madu

mengatasi batuk pada bayi

Foto: raisingchildren.net.au

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu mengatasi batuk pada bayi lebih baik daripada obat untuk meredakan batuk dan membantu bayi tidur lebih nyenyak saat sakit.

"Madu aman untuk anak-anak usia 1 tahun dan lebih tua. Selain itu, anak-anak juga senang meminumnya karena rasanya yang enak," kata Ian Paul, M.D., anggota komite farmakologi dan terapeutik klinis AAP.

Madu hitam, seperti gandum, dapat bekerja lebih baik karena antioksidannya lebih tinggi. Berikan pada bayi dengan usia minimal 1 tahun ya Moms.

3. Angkat Kepala Anak

mengatasi batuk pada bayi

Foto: todaysparent.com

Pernahkah Moms tidur dengan bantal ekstra saat hidung tersumbat, untuk membuat kita lebih mudah bernapas? Trik ini juga berlaku untuk bayi.

Cukup letakkan bantal atau handuk lipat di bawah kepala kasur bayi untuk membuat bantalnya naik sedikit. Cara ini akan mengangkat kepala anak dengan aman dan membantunya bernapas.

4. Konsultasi dengan Dokter

mengatasi batuk pada bayi

Foto: medicalnewstoday.com

“Anak-anak yang berusia di bawah 4 bulan tidak banyak mengalami batuk, jadi jika Si Kecil batuk terus-menerus, ini bisa jadi hal yang serius,” kata Catherine Dundon, profesor klinis pediatri di Vanderbilt University Medical School dan seorang dokter anak di Goodlettsville, Tennessee.

Bisa jadi anak terserang infeksi virus yang memang berbahaya untuk bayi. Moms harus segera membawanya berobat ke dokter.

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan. Dicoba ya Moms.

Jika Moms ingin mengetahui lebih jauh tentang pengobatan batuk pada bayi secara alami, simak tautan-tautan ini ya.

5 Daftar Obat Batuk Alami untuk Bayi yang Aman

Segera Ketahui Gejala dan Penanganan Batuk Rejan Pada Bayi

4 Rahasia Meredakan Batuk Pilek Bayi Di Malam Hari

(AWD/DIN)

Artikel Terkait