BAYI
16 April 2020

Simak 5 Cara Mengatasi Biang Keringat Bayi

Mengganti bajunya sebagai salah satu caranya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika Moms menemukan benjolan sangat kecil seperti keringat yang terjebak di bawah kulit, dengan warna kemerahan, maka dapat dipastikan itu adalah biang keringat atau miliaria.

Biang keringat dapat dialami oleh orang di segala usia, namun paling sering terjadi pada bayi. Normalnya, saat seseorang berkeringat, maka keringat akan naik ke permukaan kulit melalui sebuah saluran dan akhirnya menguap.

Namun, saluran keringat pada bayi biasanya belum matang sempurna, bahkan dapat mudah pecah. Inilah yang membuat bayi lebih rentan mengalami biang keringat.

Menurut healthychildren.org, biang keringat umum ditemui pada bagian lipatan kulit, seperti leher, dada atas, lengan, kaki, dan bagian pantat bayi.

Baca Juga: Agar Bisa Dicegah, Cari Tahu Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Untuk mengurangi ketidaknyamanan, Moms bisa membantu mengatasi biang keringat pada bayi dengan beberapa cara berikut ini.

1. Menghindari Udara Panas

1 Hindari Udara Panas.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Salah satu pemicu biang keringat adalah udara panas. “Musim panas dan rumah yang tidak dilengkapi alat pendingin ruangan dapat menimbulkan biang keringat,” ungkap Profesor Pediatrik dan Dermatologi di University of California, San Diego sekaligus Kepala Dermatologi Pediatrik dan Remaja di Rady Children’s Hospital San Diego, Lawrence F. Eichenfield, M.D., seperti dikutip dari parents.com.

Untuk itu, salah satu cara mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan menjaga suhu udara di sekitar bayi tetap sejuk. Moms bisa menggunakan bantuan kipas angin atau AC untuk membuat udara dalam ruangan tetap nyaman bagi kulit bayi.

2. Segeralah Mandikan Bayi

2 Mandi.jpg

Foto: trang huyền – Pixabay.com

Saat tubuh berkeringat, Moms mungkin ingin segera mandi agar kembali segar. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

Siapkan air mandi yang sejuk (jangan terlalu hangat, jangan dingin sekali) untuk menenangkan kulit bayi.

“Lewati bagian memandikannya dengan sabun dan cukup gunakan air saja untuk menghindari pori-pori kulit semakin terhambat,” ungkap Asisten Profesor Klinis di Alberta Children’s Hospital, Calgary, Michele Ramien, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Setelah selesai, keringkan tubuh bayi secara perlahan dan biarkan kering dengan bantuan angin.

Baca Juga: Biang Keringat pada Bayi, Kapan Harus ke Dokter?

3. Jangan Lupa Ganti Bajunya

3 Ganti Baju.jpg

Foto: Pixabay.com

Salah satu pemicu lainnya dari biang keringat pada bayi adalah pakaian yang terlalu tebal atau berlapis-lapis.

Bahan gendongan bayi yang tebal juga dapat memicu hawa panas, jika bayi cukup lama berada dalam gendongan bayi.

Untuk mengatasi biang keringat pada bayi, pilihlah bahan pakaian yang ringan. “Serat alami, seperti kapas dan hemp, umumnya ringan dan paling mudah membuat kulit bernapas,” ungkap Profesor Michele.

4. Hindari Penggunaan Pelembap

4 Hindari Pelembap.jpg

Foto: mommabe.com

Moms mungkin berpikir untuk mengaplikasikan pelembap pada biang keringat bayi agar tidak terasa gatal. Namun cara ini rupanya akan membuat biang keringat semakin parah.

Untuk mengatasi biang keringat pada bayi dan menenangkan kulitnya, kompres dengan air dingin bagian gatal pada biang keringat bayi.

Jika Moms melihat biang keringat bayi semakin gatal dan tidak nyaman, Moms bisa mengaplikasikan pelembap khusus, seperti calamine, anhydrous lanolin, atau steroid topikal anOTC (contohnya krim hydrocortisone).

“Namun aplikasikan hanya dengan persetujuan Dokter anak atau dokter kulit terlebih dahulu,” ungkap Direktur Dermatologi di Plastic Surgery & Dermatology of NYC, Jody A. Levine, M.D., seperti dikutip dari parents.com.

Penggunaan pelembap yang tidak sesuai dapat menghambat keringat dan lebih lanjut mengiritasi kulit.

Baca Juga: 4 Obat Gatal Alami untuk Mengatasi Biang Keringat Anak

5. Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter

5 Konsultasi Dokter.jpg

Foto: Thorsten Frenzel – Pixabay.com

Biang keringat biasanya akan sembuh dalam beberapa hari dan jarang menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Namun Moms perlu melihat gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti area kulit kemerahan yang dalam dan melepuh.

Untuk mengatasi biang keringat pada bayi dengan gejala ini, Moms perlu berkonsultasi dengan Dokter.

Selain itu, jika biang keringat meluas ke luar area yang tidak biasa (di bagian tubuh yang tertutup baju), maka segeralah berkonsultasi dengan Dokter.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Ini Cara Menangani Biang Keringat Bayi Baru Lahir

Dengan segera mengatasi biang keringat pada bayi, maka Si Kecil pun akan lebih nyaman untuk beraktivitas.

Artikel Terkait