KESEHATAN
28 Agustus 2019

Simak 5 Cara Mengatasi Migrain dengan Cepat Berikut Ini

Bisa Moms lakukan di rumah, saat migrain mulai menyerang
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Walaupun Moms sudah menghindari pemicu migrain dan melakukan pola hidup yang sehat, tidak menutup kemungkinan kita masih akan mengalami migrain.

Terkadang kita tidak bisa menghindarinya. Meskipun sudah mengonsumsi obat, biasanya migrain tidak hilang dengan langsung.

“Setelah migrain datang menyerang, biasanya kita akan minum obat untuk membantu meringankan rasa sakitnya,” kata Janine Good, profesor neurologi di University of Maryland Medical Center di Baltimore.

Namun, selain minum obat pereda migrain, tentu kita ingin mencoba beberapa cara sederhana untuk mengatasi migrain. Yuk kita cek di bawah ini.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

1. Istirahat di Ruangan yang Tenang dan Gelap

mengatasi migrain

Foto: readersdigest.ca

Banyak penderita migrain yang mengatakan bahwa ia merasa sensitif dengan cahaya dan suara. Nah, untuk mengatasi migrain, Moms bisa berbaring di ruang tidur yang gelap dan tenang.

Menurut Dr. Janine Good, tidak semua sakit kepala merespons tidur. Akan tetapi bahan kimia yang dilepaskan di otak selama tidur dapat membantu meringankan rasa sakit kita.

2. Kompres Dingin dan Panas

mengatasi migrain

Foto: medicalnewstoday.com

Tempatkan kompres di dahi atau bagian belakang leher Moms.

"Banyak pasien saya yang lebih suka kompres dingin," kata Lawrence C. Newman, direktur division of headache di NYU Langone Medical Center di New York City dan anggota dari American Migraine Foundation.

Kompres es memberikan efek mati rasa dan merangsang bagian otak lainnya. Sedangkan kompres panas akan merilekskan otot-otot yang tegang.

Baca Juga: 8 Obat Sakit Kepala dari Bahan Alami

3. Mencium Bau Lavender

mengatasi migrain

Foto: medium.com

Bau dari lavender akan membuat tubuh menjadi rileks. Moms bisa menyesap teh lavender, atau menghirup minyak esensial lavender, yang tersedia di apotek dan di supermarket.

Sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam European Neurology pada 2012 mengevaluasi penggunaan minyak esensial lavender pada orang yang mengalami migrain.

Dalam uji coba tersebut, mereka yang menghirup minyak esensial lavender selama 15 menit, dan mengaku berkurang migrainnya.

4. Terhidrasi dengan baik

mengatasi migrain

Foto: readersdigest.ca

Menurut National Headache Foundation, dehidrasi bisa menjadi pemicu migrain, dan mengisi cairan tubuh kembali dengan elektrolit atau air mineral, akan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

5. Meditasi

mengatasi migrain

Foto: verywellmind.com

Luangkan waktu untuk duduk, berkonsentrasilah pada pernapasan. Jenis meditasi ini kadang-kadang dapat meringankan rasa sakit fisik, menurut American Migraine Foundation.

Dalam ulasan yang dipublikasikan pada bulan September 2016 di Cephalalgia, para peneliti menemukan bahwa perhatian dapat menghasilkan efek yang sebanding dengan pengobatan sendiri pada orang dengan migrain kronis dan penggunaan obat yang berlebihan.

Itu dia Moms beberapa cara terbaik dan sederhana yang bisa dilakukan saat migrain tiba-tiba menyerang. Sudahkah Moms coba salah satunya?

Artikel Terkait