3-12 BULAN
8 Mei 2019

Simak 6 Ide Permainan Untuk Membuat Bayi Tertawa Ini, Yuk

Tertawa bersama Si Kecil akan membuat hari lebih menyenangkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Melihat senyum bayi untuk pertama kalinya saja sudah dapat membuat hati Moms bahagia luar biasa. Apalagi saat melihat bayi tertawa.

Berdasarkan penelitian terhadap 1,000 orang tua dari beberapa negara yang dilakukan oleh University of London, senyum pertama bayi mulai terjadi saat usia bayi enam minggu.

Sedangkan tawa bayi mulai terdengar di usia lebih dari tiga bulan.

Untuk menstimulasi bayi tertawa, Moms dan Dads bisa mempraktekkan beberapa ide permainan yang juga akan meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak berikut ini.

1. Bernyanyi dengan Gaya

Bernyanyi Dengan Gaya.jpg

Ambil posisi berhadapan dengan Si Kecil, lalu bernyanyilah dengan mimik wajah gembira dan goyangkan badan Si Kecil mengikuti alunan lagu.

Misalnya, Moms bernyanyi lagu Balonku. Lalu gerakkan tangan Si Kecil seperti sedang menghitung balon dan buat ekspresi kaget saat lirik menunjukkan salah satu balon meletus.

Saat Moms bernyanyi, tertawa dan kaget, maka Si Kecil akan mempelajari serta selanjutnya mengikuti apa yang Moms lakukan, termasuk membuat bayi tertawa sesuai dengan ekspresi Moms tertawa.

Baca Juga: Mengajak Bayi Bernyanyi Ternyata Bermanfaat!

2. Bermain Peran

Moms dan Dads bisa bergaya layaknya badut atau monyet dengan gerak tubuh dan ekspresi wajah yang aneh.

Misalnya: Dads menggaruk-garukkan kepala seperti monyet sambil berlompatan. Semakin Moms atau Dads bergaya aneh, semakin dekat bayi mempelajari isyarat emosional (perilaku yang disebut referensi sosial) melalui ide permainan yang dapat membuat bayi tertawa ini.

3. Peregangan yang Menyenangkan

Peregangan Yang Menyenangkan.jpg

Ide permainan ini dapat dipraktekkan di atas tempat tidur, Moms.

“Posisikan bayi terlentang, lalu secara perlahan rentangkan kaki kiri dan lengan kanannya keluar dari tubuh. Selanjutnya, peluk lutut kanan bayi hingga ke dada dan gerakkan perlahan ke sisi kirinya. Ulangi gerakan ini dengan tungkai kaki yang berlawanan,” ungkap pemilik Om Baby Yoga di Point Pleasant Beach, NJ, Nicole Netelkos.

Saat menggerakan bagian tubuh Si Kecil, buat mimik wajah aneh atau suara-suara unik agar bayi tertawa.

Baca Juga: Ternyata Tertawa Bisa Membuat Balita Tambah Pintar

4. Cilukba

Ide permainan yang tidak asing lagi bagi siapapun, itulah cilukba (peek a boo).

“Biasanya permainan ini menarik untuk bayi antara usia enam sampai 12 bulan. Bayi mudah tertipu pada usia tersebut. Mereka akan sangat terkejut saat orangtua mereka menghilang dan kemudian muncul kembali,” ungkap Dr Kimberley O’Brien, Kepala Sekolah Psikologi Anak di Quirky Kid Clinic.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

5. Bunyi-Bunyian Aneh

Bunyi-Bunyian Aneh.jpg

Saat Moms mengeluarkan suara-suara aneh, menurut bayi itu adalah hal yang lucu dan bayi ketawa.

Coba tiru suara pintu diketuk ‘knock knock’ sambil membuat gestur tangan mengetuk pintu, atau meniru suara binatang dengan mimik yang lucu. Bayi akan tertawa. Ide permainan ini juga dapat mengajarkan bayi tentang suara-suara yang ada di sekitarnya dan biasa dia dengar setiap hari.

6. Melakukan Kesalahan dengan Sengaja

Untuk bayi yang sudah agak besar, Si Kecil akan mulai mengetahui dimana suatu barang seharusnya berada.

Sehingga saat Moms sengaja melakukan kesalahan, bayi akan tertawa.

Misalnya, Moms menyanyikan lagu yang ia sukai, namun mengganti beberapa bagian liriknya. Ia akan sadar bahwa ada yang salah dan Moms bisa memperlihatkan mimik kebingungan penuh canda yang akan membuat bayi tertawa.

Itulah beberapa ide permainan yang bisa membuat bayi tertawa. Selamat mencoba, Moms!

(GS)

Artikel Terkait