BAYI
14 Agustus 2019

Simak 6 Perlengkapan Bayi untuk Menyusui dengan Nyaman Ini

Menyusui jadi lebih nyaman dengan perlengkapan ini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menyusui adalah kegiatan yang paling mulia untuk seorang ibu. Selain memberikan anak nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan, menyusui juga dapat membantu Moms untuk membangun hubungan yang lebih intim antara ibu dan anak.

Nah, jika Moms sedang menyusui Si Kecil atau baru akan menyusui Si Kecil yang baru lahir, Moms perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Selain dukungan dari suami dan keluarga Moms yang tentunya diperlukan oleh Moms, tentu beberapa perlengkapan juga perlu Moms siapkan. Perlengkapan bayi untuk menyusui ini akan membantu Moms untuk menyusui lebih nyaman.

Nah, apa saja perlengkapan bayi untuk menyusui yang perlu kita miliki? Yuk kita lihat di bawah ini Moms.

Baca Juga: Bolehkah Menyusui Anak Sampai Usia Di Atas 2 Tahun?

1. Bantal Menyusui

perlengkapan bayi untuk menyusui, perlengkapan bayi

Foto: marketbureau.us

Bantal menyusui yang nyaman dan sangat mendukung, akan membantu proses menyusui Moms lebih nyaman dan lancar. Bantal ini akan membantu menopang Si Kecil dan mengangkat bayi ke atas agar bisa dekat dengan puting payudara kita.

Bantal menyusui juga dapat membantu mengurangi ketegangan pada punggung, leher, bahu, dan lengan Moms sehingga menyusui bisa lebih nyaman lagi.

2. Bra Menyusui

perlengkapan bayi untuk menyusui, perlengkapan bayi

Foto: parents.com

Bra menyusui yang baik dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Moms. Payudara Moms yang menyusui akan terasa penuh dan berat, terutama dalam beberapa minggu pertama setelah melahirkan.

Bra menyusui akan membantu menopang payudara dan mengurangi ketegangan pada bahu dan punggung kita. Selain itu, bra menyusui memiliki cangkir yang bisa dilepas dan ditarik ke bawah sehingga lebih mudah untuk membantu Moms saat harus menyusui.

Baca Juga: 18 Perlengkapan Menyusui yang wajib dimiliki Mama

3. Bantalan Payudara

perlengkapan bayi untuk menyusui, perlengkapan bayi

Foto: dhgate.com

Bantalan payudara adalah bantalan penyerap yang dapat diletakkan di dalam bra Moms untuk menyerap susu yang mungkin bocor dari payudara Moms. Kebocoran ASI adalah hal yang biasa terutama dalam beberapa bulan pertama menyusui saat produksi ASI Moms sedang banyak-banyaknya.

Kebanyakan wanita kebocorannya akan berhenti setelah beberapa bulan. Namun, beberapa wanita yang produksi ASI-nya berlebihan akan mengalami kebocoran.

4. Apron Menyusui

perlengkapan bayi untuk menyusui, perlengkapan bayi

Foto: thebump.com

Jika Moms harus menyusui di tempat umum, dan merasa tidak nyaman menyusui di sekitar orang lain, apron untuk menyusui dapat memberikan privasi untuk Moms ketika menyusui. Kita bisa juga memilih apron menyusui yang lebih modis seperti syal atau selendang. Ada banyak pilihan apron menyusui yang dapat Moms pilih.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

5. Pompa ASI

perlengkapan bayi untuk menyusui, perlengkapan bayi

Foto: mnn.com

Pompa ASI adalah salah satu perlengkapan bayi untuk menyusui yang wajib Moms miliki. Terlebih untuk Moms yang bekerja dan memiliki banyak kegiatan. Moms harus rajin memompa ASI selama beraktivitas di luar rumah.

Moms bisa memilih pompa ASI elektronik atau manual. Kelebihannya tentu berbeda-beda. Jangan lupa untuk membaca keterangan produk sebelum membeli ya Moms.

6. Tempat Menyimpan ASI

perlengkapan bayi untuk menyusui, perlengkapan bayi

Foto: shutterstock.com

Moms memerlukan botol kaca atau plastik untuk menyimpan ASI Untuk menyimpan ASI perah (ASIP), ada beberapa wadah yang bisa Anda gunakan, di antaranya botol kaca dan botol plastik atau kantong plastik ASIP bebas BPA. Moms bisa dengan mudah menemukan wadah-wadah ini di toko bayi atau toko online.

Itu dia beberapa perlengkapan bayi untuk menyusui yang bisa membantu Moms menyusui anak dengan lebih nyaman. Apakah Moms sudah memiliki beberapa di antaranya?

Artikel Terkait