KESEHATAN
6 Januari 2020

9 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi yang Harus Dihindari

Asam urat tinggi biasanya dipicu makanan. Agar tidak terserang asam urat, jangan sampai salah memilih apa yang Moms makan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit asam urat. Namun, dalam realitanya, faktor pola makan lah yang menjadi kunci.

“JIka seseorang banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan purin, bisa jadi hal itulah yang yang menjadi salah satu penyebab utama tingginya kadar asam urat dalam tubuh,” jelas Robert Terkeltaub, profesor kedokteran di University of California, San Diego.

Makanya, kita harus pintar-pintar memilih makanan, agar kadar asam urat di tubuh tidak meninggi. Apa saja sih jenis makanan yang menyebabkan asam urat tinggi dalam tubuh dikutip dari jurnal Nutrients. Yuk kita pelajari!

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat!

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

1. Jeroan

IMG_0122-2.jpg

Foto: foragerchef.com

Jeroan adalah segala sesuatu yang ada di dalam tubuh hewan. Seperti hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, lidah, atau bahkan limpa. Rasanya memang gurih, namun kandungan purinnya sangat tinggi. Jika Moms hobi mengonsumsi jeroan, bisa jadi risiko tingginya asam urat di tubuh meningkat.

2. Seafood

Seafood.jpg

Makanan laut termasuk jenis makanan dengan kadar purin tinggi. Tidak semua memang, namun ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang masuk dalam daftar yang memiliki kadar purin yang tinggi sehingga bisa menyebabkan masalah asam urat.

3. Daging Merah

daging merah - foodmanufacture.co.uk.jpg

“Meski bisa diolah jadi bahan makanan yang nikmat, daging merah berpotensi menaikkan tingkat asam urat dalam tubuh saat dikonsumsi terlalu banyak,” kata Dr Terkeltaub.

Daging yang bisa didapatkan dari kambing, sapi, domba, dan hewan berkaki empat lainnya ini kaya akan kandungan purin, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga : Tips Jitu Menghindari Penyakit Asam Urat

4. Makanan Olahan

sausage-making-for-two-31111446.jpg

Foto: virginexperienceday.com

Abon, dendeng dan produk olahan daging lainnya memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Begitu juga makanan kalengan seperti sarden atau kornet. Jangan dikonsumsi bila tidak ingin kandungan asam urat di tubuh naik.

5. Kacang-kacangan

Kacang-Kacangan

Ternyata kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, atau tauge kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

6. Beberapa Jenis Sayuran

Sup Sayur Untuk Bayi Manfaat dan Resep Pilihan 3.jpg

Sayur memang makanan sehat, namun bila Moms sudah ada bakat asam urat, beberapa jenis sayur seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin. Bahkan bisa menjadi penyebab asam urat.

7. Daging Angsa dan Kalkun

dagingayambebekhero

Bebek, angsa dan kalkun adalah jenis unggas yang dagingnya lezat. Jika Moms memiliki kadar asam urat yang tinggi sebaiknya menghindari jenis daging ini, sebab kadar purin di dalamnya lebih tinggi dibanding daging putih lainnya.

8. Produk Olahan Susu

Yogurt

Beberapa makanan yang berasal dari produk olahan susu seperti yoghurt, keju, atau es krim dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

9. Minuman Manis

3-minumanmanis.jpg

Asam urat tidak hanya bersumber dari makanan. Akan tetapi bisa juga disebabkan oleh minuman. Soda, minuman rasa buah, dan minuman kemasan lain bisa jadi pemicu naiknya kadar asam urat.

Baca Juga: Penting! Ketahui Bahaya Asam Urat dari Sekarang

Artikel Terkait