PROGRAM HAMIL
27 September 2019

Simak Manfaat Folavit, Suplemen Asam Folat untuk Program Hamil, Yuk!

Folavit mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan selalu menjadi situasi spesial di mana setiap tindakan atau efek samping obat bervariasi dibandingkan saat kita tidak hamil.

Hal ini tidak hanya disebabkan karena metabolisme perempuan hamil berbeda kerena hormon dan berbagai perubahan lainnya yang terjadi. Namun juga disebabkan karena berbagai obat yang dikonsumsi akan diterima juga oleh janin dan bereaksi.

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

Oleh karena itu, ibu hamil harus berhati-hati, memerhatikan, dan mengawasi dengan baik setiap obat yang akan dikonsumsi saat hamil, termasuk saat mengonsumsi suplemen ibu hamil seperti folavit.

Memangnya apa manfaat folavit? Simak penjelasannya di bawah ini.

Suplemen Ibu Hamil

asam folat, folavit

Sebelumnya tahukah Moms apa itu folavit? Folavit adalah suplemen dengan kandungan asam folat di dalamnya.

Selama masa kehamilan, folavit biasanya digunakan sebagai pengobatan untuk anemia megaloblastik. Kebutuhan akan folavit semakin meningkat selama masa kehamilan, dan defisiensi dapat menyebabkan kerusakan pada janin.

Dilansir dari laman Generic Drugs, sebuah penelitian yang melibatkan ibu hamil tidak menunjukan bukti bahwa Folavit meningkatkan risiko kelainan janin jika diberikan selama kehamilan. Folavit hanya boleh digunakan selama kehamilan jika benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diberi Suplemen Vitamin?

Anjuran Penggunaan Folavit

asam folat, folavit

Konsumsi folavit sehari-hari selama masa kehamilan yang dianjurkan adalah 400 sampai 800 mcg per hari. Namun untuk kehamilan kembar, beberapa ahli menganjurkan untuk mengonsumsi 1 mg per hari.

Centers of Disease Control (CDC) di Amerika telah merekomendasikan konsumsi folavit 4 mg per hari, setidaknya 4 minggu sebelum konsepsi selama 3 bulan pertama kehamilan untuk wanita yang memiliki bayi atau janin dengan cacat tabung saraf dan 400 mcg per hari untuk semua wanita usia subur.

Selain itu, diduga janin dapat mengekstrak folat dari plasma ibu, mengubah folat menjadi bentuk yang tidak tersedia untuk ditransfer kembali, dan menggunakannya untuk keuntungannya sendiri.

Diet folavit tersedia dari sayur hijau, seperti asparagus, brokoli, bayam, dan selada, yang masing-masing mengandung folavit lebih dari 1 mg per 100 gram berat sayur kering. Memasaknya terlalu lama bisa menghilangkan atau menghancurkan kandungan folat.

Namun menurut Fergal Malone, kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi dan Guru Rumah Sakit Rotunda RCSI, konsumsi suplemen vitamin rutin pada wanita hamil yang sehat tidak akan menunjukkan manfaat yang signifikan, kecuali mereka memiliki kekurangan zat tertentu.

Baca Juga: 6 Rahasia Kacang yang Bermanfaat Untuk Kehamilan

The Department of Health merekomendasikan agar wanita usia subur mengonsumsi 400 mikrogram tablet asam folat setiap hari, jika mencoba untuk hamil dan hingga 12 minggu kehamilan

Asam folat penting untuk kehamilan, karena dapat membantu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, termasuk spina bifida. Selain itu, makanan yang mengandung folat, seperti sayuran berdaun hijau juga harus dimakan secara teratur.

Namun, sulit untuk mendapatkan jumlah folat yang direkomendasikan untuk kehamilan hanya dari makanan saja, oleh karena itu penting untuk mengonsumsi suplemen asam folat.

(AWD)

Artikel Terkait