BALITA DAN ANAK
21 Februari 2020

Simak Moms! Ini Manfaat dari 4 Jenis Mainan Edukasi Balita

Coba disimak dengan baik ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Fitria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentu ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Saat membelikan mainanpun, Moms menginginkan mainan yang juga bisa jadi sarana belajar anak. Jawabannya adalah mainan edukasi balita.

Menurut Doris Bergen, profesor psikologi edukasi di Amerika Serikat, mainan edukasi adalah mainan yang membuat anak merespons rangsangan, memainkan peranan sosial, memecahkan masalah, atau berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, berdasarkan definisi tersebut, banyak sekali mainan yang bisa digolongkan mainan edukasi balita.

Baca Juga: Pentingnya Mainan Edukasi Bagi Anak

4 Manfaat Mainan Edukasi Balita

Mainan edukasi yang beragam memiliki manfaat yang berbeda-beda pula. Inilah beberapa manfaat mainan edukasi balita:

1. Mainan Sebab-Akibat

mainan sebab akibat, mainan edukasi balita.jpg

Foto: La Petite Academy

Mainan edukasi balita ini membantu mengembangkan kemampuan motorik serta koordinasi mata dan tangan. Anak-anak juga diajarkan bahwa aksi akan menimbulkan reaksi. Contoh mainannya adalah:

  • Sortir bentuk (6-36 bulan): kemampuan motorik kasar dan koordinasi
  • Lilin mainan (18 bulan ke atas): kemampuan motorik halus serta sebab-akibat. Misalnya, meremas lilin membuat bentuknya berubah.
  • Mainan pop up (6-24 bulan): koordinasi mata-tangan dan sebab-akibat, yakni jika mainan dipukul maka obyek akan keluar
  • Luncuran kelereng (3 tahun ke atas): membantu mengembangkan banyak keterampilan, di antaranya kemampuan memori, mengatasi masalah, mengajari kesabaran, dan mengembangkan imajinasi

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terfavorit, Simak di Sini Moms!

2. Puzzle

puzzle, mainan edukasi balita.jpg

Foto: Pixabay from Pexels

Puzzle membantu mengembangkan beberapa kemampuan, khususnya motorik halus dan kognitif. Si Kecil belajar memutar bentuk serta memikirkan strategi bagaimana potongan-potongan puzzle dapat disatukan menjadi gambar besar.

Selain itu, anak juga belajar memungut dan menggenggam potongan puzzle, sehingga baik untuk anak dengan keterlambatan motorik.

Jenis-jenis puzzle di antaranya:

  • Puzzle tak bersambung (12 bulan ke atas): potongan-potongan puzzle tidak berkaitan membentuk satu gambar besar. Misalnya puzzle yang memiliki pegangan dan bertema buah. Ada potongan puzzle bentuk anggur, apel, dan lain-lain. Anak hanya perlu memasangkan potongan puzzle ke bentuk masing-masing.
  • Puzzle bersambung atau jigsaw (12 bulan ke atas): puzzle yang dipotong sedemikian rupa sehingga harus dikaitkan satu sama lain untuk membentuk satu gambar utuh.
  • Puzzle geser (4 tahun ke atas): puzzle ini dipotong bentuk kotak-kotak dengan satu kotak dibiarkan kosong, sehingga Si Kecil bisa menggeser-geser potongan puzzle agar menghasilkan gambar yang benar.

Baca Juga: 6 Aplikasi dan Game Edukasi di Android untuk Anak

3. Mainan Artistik

mainan artistik, mainan edukasi balita.jpg

Foto: Marko Blazevic from Pexels

Peralatan menggambar dan melukis serta peralatan kreatif lain mengajarkan tentang warna, bentuk, konstruksi, dan lain-lain. Pilih produk non-toxic, ya, Moms, agar aman digunakan Si Kecil.

Mainan seni cocok untuk anak 12 bulan ke atas. Menurut forum thebump.com, mainan ini juga baik untuk anak-anak autis dan terlambat berkembang sebagai sarana menunjukkan kepribadian dan berekspresi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun, Beli Yuk Moms!

4. Mainan Aktivitas Fisik

mainan aktivitas fisik, mainan edukasi balita.jpg

Foto: malcolm garret from Pexels

Ada banyak aktivitas luar ruang yang bisa Si Kecil lakukan untuk mengembangkan fisiknya, baik sendiri maupun dalam tim. Misalnya:

  • Permainan dengan bola seperti sepakbola, basket, dan sebagainya. Kegiatan ini mendorong Si Kecil untuk berlari, melempar, menendang, dan fokus pada target.
  • Kuda-kudaan, mengembangkan imajinasi Si Kecil seakan-akan sedang naik kuda sungguhan sekaligus membantu pertumbuhan dengan menggunakan massa otot.
  • Sepeda, meningkatkan kekuatan kaki dan tangan serta keseimbangan.

Ternyata ada beragam manfaat mainan edukasi balita yang bisa dirasakan Si Kecil. Mainan mana yang ingin Moms belikan untuk anak tersayang?

Artikel Terkait