KESEHATAN
24 Desember 2019

Panduan Diet untuk Golongan Darah B, Simak di Sini!

Menurut D'Adamo, orang dengan golongan darah B harus makan makanan yang berbeda.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Tengok panduan diet golongan darah B berikut ini, yuk.

Diet golongan darah semakin populer di Amerika karena dokter naturopati dan pendiri Institute for Human Individuality Peter J. D'Adamo yang menerbitkan buku Eat Right 4 Your Type dan Live Right 4 Your Type mempromosikan diet khusus berdasarkan golongan darah untuk meningkatkan kesehatan.

Menurut D'Adamo, orang dengan golongan darah B harus makan makanan yang berbeda dari orang dengan golongan darah lain, seperti A atau O.

“Teori ini didasarkan pada premis bahwa protein dalam makanan Anda, yang disebut lektin, bereaksi dengan darah Anda , dan bahwa lektin tertentu lebih kompatibel dengan beberapa golongan darah daripada yang lain,” ucap D’Adamo.

Walau penelitian dari jurnal PLoS One mengatakan bahwa diet ini sebenarnya kurang ideal, peminat diet golongan darah masih banyak.

Baca Juga: Apa Sih Diet Golongan Darah A?

Dasar-dasar Diet

XX Makanan Sumber Protein Untuk Bayi 6-12 Bulan 7.jpg

Menurut D’Adamo, makan makanan yang disesuaikan dengan golongan darah Anda akan membantu Anda menyimpan lebih sedikit lemak dalam tubuh Anda, melawan dan menghindari penyakit dan merasa lebih baik dan lebih sehat secara keseluruhan.

D'Adamo juga mengklaim bahwa orang dengan golongan darah yang berbeda mencerna lektin, atau protein makanan, dengan cara yang berbeda.

Penggemar diet golongan darah juga mengatakan orang harus mengonsumsi jenis makanan yang sama dengan yang dimakan leluhur mereka dengan golongan darah serupa.

Karena, menurut D'Adamo, orang-orang dengan darah tipe B secara tradisional nomaden, mereka harus makan makanan yang lebih bervariasi daripada mereka yang memiliki golongan darah lainnya.

Baca Juga: Diet untuk Golongan Darah O

Orang Bergolongan Darah B Harus Makan Apa?

Diet golongan darah D'Adamo tidak membedakan antara golongan darah positif atau negatif. Jika Anda memiliki darah B positif atau negatif B, D'Adamo menyarankan diet yang menyeimbangkan pilihan hewani dan nabati.

Mereka yang memiliki golongan darah B harus makan "daging bermanfaat" seperti domba, kambing, kelinci, daging kambing dan daging rusa.

Golongan darah B positif dan B negatif harus menyeimbangkan pilihan daging mereka dengan sayuran hijau, telur, dan susu rendah lemak.

Apa yang Harus Dihindari

Manfaat masker tomat - menghalau komedo.jpg

Bagi mereka yang memiliki darah B positif atau B negatif, D'Adamo merekomendasikan untuk menghindari gandum, soba, jagung, lentil, kacang tanah, biji wijen, dan tomat.

Dia menegaskan bahwa makanan ini mengganggu metabolisme kelompok golongan darah B dan dapat menyebabkan retensi cairan, kelelahan, dan hipoglikemia.

D'Adamo juga mencatat bahwa kelompok B harus menghindari ayam, karena mengandung apa yang ia sebut "lektin aglutinating" yang dapat menyerang aliran darah seseorang dengan darah tipe B dan berpotensi menyebabkan gangguan kekebalan tubuh atau stroke.

Baca Juga: Diet Golongan Darah: Apa Benar Ampuh?

Itulah panduan diet golongan darah B. Apakah Moms berminat melakukannya?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait