KESEHATAN
14 November 2019

Sinusitis Bisa Menyebabkan Sakit Gigi? Ini Penjelasannya

Tak disangka, sinus dan sakit gigi berhubungan!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sinus adalah empat pasang ruang berisi udara yang ditemukan di tulang wajah dekat mata kita, dahi, dan di belakang tulang pipi kita.

Mereka menghangatkan, melembabkan, dan menyaring udara di rongga hidung kita. Sinus juga menghasilkan lendir, yang mengalir ke rongga hidung dan membersihkan hidung.

Ketika area yang dipenuhi udara menjadi tersumbat oleh cairan, infeksi mungkin terjadi dan menjadi sinusitis.

Namun, beberapa orang pernah mengaitkan sinusitis dengan sakit gigi. Banyak yang berpendapat bahwa sinusitis bisa menyebabkan sakit gigi. Apakah benar sinusitis bisa menyebabkan sakit gigi? Ini penjelasannya.

Baca Juga: Waspadai Sinusitis Pada Anak!

Sinusitis Bisa Menyebabkan Sakit Gigi

Sinus Bisa Sebabkan Sakit Gigi Ini Penjelasannya - sinus dan sakit gigi.jpg

Foto: fourliondentalboutique.com

Menurut Dr. Alan B. Carr, D.M.D, konsultan di Divisi Prostodontik dan profesor kedokteran gigi di Mayo Clinic College of Medicine, mengungkapkan adanya hubungan antara sinusitis dan sakit gigi.

"Ya, sinusitis bisa menyebabkan sakit gigi, khususnya di gigi belakang atas, yang dekat dengan sinus. Faktanya, rasa sakit pada gigi atas adalah gejala yang cukup umum dengan kondisi sinus," ujar Dr. Alan.

Seperti yang dikutip dari healthline.com, sumbatan dan tekanan yang yang menyertai infeksi sinus dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit pada gigi atas kita.

Ini karena akar gigi atas dan tulang rahang kit berada di dekat sinus.

Terkadang, inilah yang dikenal sebagai nyeri yang disebut, ketidaknyamanan menyebar ke gigi bawah kita juga.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab dan Gejala Sinusitis, Penyakit yang diderita Vanessa Angel

Perawatan untuk Sinusitis

Sinus Bisa Sebabkan Sakit Gigi Ini Penjelasannya - perawatan untuk sinus.jpg

Foto: medicinalherbals.net

Seringkali, gejala infeksi sinus mirip dengan gejala flu atau pilek. Kita mungkin mengalami hidung tersumbat, pilek, atau batuk.

Selain sinusitis bisa menyebabkan sakit gigi, peradangan dan pembengkakan juga dapat menyebabkan penyumbatan dan tekanan sinus yang menyebabkan nyeri wajah.

Ada banyak pilihan perawatan untuk infeksi sinus. Penting bagi kita untuk mengobati gejala secepat mungkin.

Kita dapat mulai dengan beberapa pengobatan rumahan, seperti tetap terhidrasi atau minum cukup air dan menghirup uap panas.

Jika Moms melihat tanda-tanda mulut kering setelah sakit gigi infeksi sinus, coba gunakan pasta gigi berfluoride dan bilas mulut setiap hari dan cobalah bernapas melalui hidung sebanyak mungkin.

Baca Juga: Bayi Bisa Terkena Komplikasi Sinusitis, Waspadai Gejala Ini!

Ternyata, sinusitis bisa menyebabkan sakit gigi. Jika sakit berlanjut setelah mencoba beberapa perawatan di rumah, sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter ya.

(SA)

Artikel Terkait