TRIMESTER 2
7 Juli 2019

Sistem Pernapasan pada Ibu Hamil Berubah, Ketahui Perawatan Gigi yang Tepat

Bagaimana perubahan sistem pernapasan pada ibu hamil? Dan apa hubungannya dengan perawatan gigi yang dialami ibu hamil? Ini ulasannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika memasuki masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada Moms, terutama perubahan fisiologis. Hal ini tidak lepas dari peningkatan dan perubahan hormon secara drastis saat memasuki masa kehamilan.

Hal ini karena hampir sebagian sistem organ tubuh dikendalikan oleh hormon, yang akhirnya berdampak pada kondisi ibu hamil, tidak terkecuali kondisi gigi dan mulut.

Moms, memahami perubahan secara hormonal ini penting untuk diketahui. Selain berpengaruh terhadap perubahan kondisi tubuh, faktor lainnya juga menentukan perawatan atau tindakan apa yang dapat dilakukan.

Menurut drg Annisa Sabhrina yang berpraktik di RSIA Cinta Kasih dan Klinik Gigi Griya Gigi Sehat Sabhrina, perubahan sistem pernapasan pada ibu hamil juga memengaruhi sistem pernapasan secara keseluruhan, yang nantinya berpengaruh pada perawatan gigi yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

“Perubahan sistem pernapasan pada ibu hamil terjadi seiring dengan meningkatnya ukuran dari janin. Gangguan pernapasan, seperti napas tersengal-sengal atau hypoventilation, bisa terjadi sejak trimester pertama dan dapat meningkat 42 persen kondisinya hingga trimester ketiga,” ujar drg. Annisa pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Cara agar ibu hamil merasa rileks dan terhindar dari gangguan napas adalah melakukan perawatan gigi dengan senyaman mungkin. Faktanya dalam perawatan gigi pada ibu hamil, tidak hanya melihat satu individu juga melainkan mempertimbangkan kondisi janin agar tidak membahayakan dirinya kelak.

“Perubahan hormon pada ibu hamil juga memengaruhi organ tubuh lainnya yang erat kaitannya dengan tindakan perawatan gigi, seperti sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, sistem sirkulasi darah, sistem gastrointestinal, urine, dan kondisi mulut,” lanjut drg Annisa.

Baca Juga: 4 Langkah Aman Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Tips Perawatan Gigi saat Hamil

Ketahui Perubahan Sistem Pernapasan pada Perawatan Gigi Ibu Hamil-2.jpg

Foto: mypregnanthealth

Perawatan gigi saat hamil harus dilakukan secara rutin agar terhindar dari berbagai masalah rongga mulut. Pasalnya, perubahan dan peningkatan hormon saat hamil membuat Moms rentan terkena masalah pada area rongga mulut.

Nah, untuk menghindarkan dari masalah pernapasan karena terjadi perubahan sistem pernapasan pada ibu hamil ketika melakukan perawatan gigi, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini.

  • American Dental Association merekomendasikan Moms untuk melakukan konsumsi makanan dengan gizi seimbang, menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride dua kali sehari, dan memakai dental floss.
  • Informasikan kepada dokter gigi tentang usia kehamilan Moms.
  • Tunda segala tindakan perawatan gigi hingga trimester kedua, atau lebih baik tunda hingga proses persalinan.
  • Usahakan posisi duduk selama perawatan gigi terasa nyaman. Hindari posisi menyilang selama duduk di dental chair.
  • Bawa bantal kecil untuk menopang tubuh Moms saat melakukan perawatan gigi. Terpenting adalah buat diri senyaman mungkin selama perawatan gigi berlangsung.

Baca Juga: Bolehkah Cabut Gigi Saat Hamil? Ini Aturannya!

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi selama masa kehamilan adalah trimester kedua kehamilan. Karena memasuki trimester ketiga kehamilan, biasanya posisi duduk di dental unit dengan waktu yang lama membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Tentu saja, waktu terbaik melakukan tindakan adalah menunda hingga proses kelahiran apabila tidak terlalu mendesak.

Intinya adalah selalu perhatikan kondisi rongga mulut agar kesehatan janin tidak terganggu. Juga pastikan, Moms melakukan perawatan gigi yang tepat, ya!

(DG)

Artikel Terkait