FASHION & BEAUTY
5 Juli 2019

Ingin Kulit Cerah dan Awet Muda? Coba Skin Diet Yuk!

Mulai sekarang, hindari gula ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Ternyata diet tak hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan saja. Tetapi juga, bagi mereka yang ingin memiliki kulit cerah dan sehat.

Ya, kulit sehat dan cerah tak hanya butuh produk kecantikan dari luar saja, tetapi yang kita konsumsi juga menentukan kulit kita: apakah sehat atau tidak.

"Saya memberi tahu pasien saya bahwa apa yang mereka masukkan ke mulut sama pentingnya dengan produk yang mereka aplikasikan pada kulit mereka," kata Dr. Jessica Wu, ahli dermatologi dan pencipta Dr. Jessica Wu Skincare.

“Makanan dicerna kemudian dipecah menjadi vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat digunakan tubuh kita untuk membangun kulit yang sehat,” tambahnya.

Jessica Crescenzi, pendiri Beauty Guru NYC pun setuju dengan Dr. Jessica, “Intinya adalah bahwa apapun yang terjadi di dalam ususmu akhirnya akan terlihat di kulitmu.”

Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan skin diet. Skin diet adalah sebuah pola sebagaimana diet pada umumnya, namun ini lebih merujuk kepada kesehatan kulit.

Baca Juga: 7 Buah yang Bisa Dikonsumsi agar Kulit Lebih Sehat dan Glowing

Skin Diet dengan Menghindari Gula

skin diet

Foto: shutterstock.com

Salah satu yang ditekankan dalam melakukan skin diet adalah mencoba untuk menghindari gula. “Diet rendah glikemik telah terbukti bermanfaat bagi kulit yang cenderung berjerawat,” kata ahli diet dan nutrisi, Alex Caspero.

“Ada beberapa penelitian yang tidak menunjukkan hubungan (gula) dengan jerawat, kadar insulin, dan beban glikemik, tetapi saya melihat hasil positif secara konsisten pada klien saya.

“Dalam praktik saya, saya biasanya menyarankan mengurangi gula sebanyak mungkin. Saya mengganti makanan olahan dan/atau makanan manis dengan makanan padat nutrisi, seperti buah, sayuran, dan sumber omega-3 yang sehat."

Menurut Dr. Jessica Wu, protein bar adalah salah satu pelanggaran yang sering dilakukan perempuan jika ingin cantik.

“Protein bar pada dasarnya adalah candy bar,” ujar Dr. Jessica memperingatkan. “Gula akan dengan cepat masuk ke aliran darah dan membuat kadar insulin kita meningkat, yang dapat memperburuk jerawat, keriput, dan ruam.”

“Jika kita membutuhkan camilan cepat di tengah hari atau setelah berolahraga, lebih baik memiliki segenggam almond dan sepotong buah utuh. Kita akan makan lebih baik untuk kulit dan Anda akan merasa lebih puas,” tutup Dr. Jessica.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan di Kulit

Makanan yang Baik untuk Kulit

skin diet

Foto: pexels.com

“Saya menemukan bahwa diet kulit terbaik adalah yang melibatkan makan sayuran dengan warna berbeda untuk setiap kali makan dan jus hijau setiap hari,” kata ahli kecantikan dan pendiri salon eponymous dan lini perawatan kulit, Joanna Vargas.

Menurut Joanna, sayur dan buah tersebut akan memberikan manfaat yang baik bagi kulit. Tak cuma sekedar sehat saja, tetapi kulit akan tampak awet muda dan cerah.

Sayuran berwarna oranye, merah, dan sayuran hijau, misalnya. Ini akan membuat kulit menjadi lebih segar dan cerah. Ini dikarenakan terdapat beta-karoten, di mana tubuh kita akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang mengatur produksi dan pergantian sel, sehingga akan menghasilkan permukaan kulit yang halus.

Tak hanya itu, beta-karoten juga membuat antioksidan di dalam tubuh sehingga membuat kulit akan lebih cerah.

Ikan salmon, mackerel, dan kacang-kacangan seperti kenari, penuh dengan asam lemak omega-3 yang dapat melawan peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh matahari dan stres. Hal ini akan membuat wajah kita minim keriput.

Baca Juga: Ingin Langsing? Coba Diet Gula yang Efektif Turunkan Berat Badan

"Peradangan menghasilkan radikal bebas, dan radikal bebas berkontribusi terhadap penuaan dengan menyerang kolagen," kata Susan Taylor, M.D., profesor dermatologi di Rumah Sakit Universitas Pennsylvania.

Daging tanpa lemak, daging unggas, dan tiram juga membuat kulit sehat, tak terlihat kusam, dan akan membuat awet muda.

Pada 3 makanan tersebut, kita akan mendapatkan seng dan zat besi, mineral kunci untuk fungsi kulit yang sehat.

Seng berkontribusi terhadap produksi sel. Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke kulit dan ini akan membuat kulit kita tampak bercahaya, menurut David Bank, M.D., seorang dokter kulit di Westchester, New York.

Nah, itu dia penjelasan tentang skin diet. Ternyata tidak susah untuk dilakukan kan? Siap dengan skin diet Moms?

(SA)

Artikel Terkait