BAYI
27 Mei 2020

4 Produk Skincare Bayi untuk Traveling, Jangan sampai Ketinggalan!

Agar perjalanan jadi lebih nyaman untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat bepergian bersama Si Kecil, Moms tentu ingin memberikan perlindungan optimal terhadap kulit bayi dari sinar matahari, polusi, dan zat-zat berbahaya lainnya di lingkungan sekitar.

Skincare Bayi untuk Traveling

Karena itu, ada baiknya Moms mempersiapkan skincare bayi untuk traveling yang harus dibawa ketika bepergian.

1. Sabun dan Sampo

skincare bayi untuk traveling-sampo dan sabun

Agen pembersih seperti sabun dan sampo juga perlu dibawa sebagai skincare bayi untuk traveling. Moms dapat memilih sabun dan sampo bayi yang punya formula khusus untuk Si Kecil.

Studi Indian Pediatrics mengatakan untuk menghindari pemakaian sabun dan sampo yang mengandung aroma, warna dan pengawet. Idealnya, agen pembersih bayi harus tanpa aroma dan warna untuk menghindari iritasi.

Baca Juga: Tips Memilih Sampo yang Aman Untuk Bayi

2. Sunscreen

skincare bayi untuk traveling-sunscreen

Kulit bayi lebih rentan mengalami kerusakan terhadap sinar ultraviolet (UV) karena kurangnya melanin pada lapisan epidermis.

Karena itu, terlepas Moms pergi ke daerah pantai atau dingin, jangan lupa membawa sunscreen sebagai skincare bayi untuk traveling.

Perlu dicatat, penggunaan sunscreen pada bayi bisa dilakukan ketika Si Kecil berusia di atas enam bulan ya, Moms. Karena bayi di bawah enam bulan juga tidak boleh terpapar sinar matahari langsung, menurut American Academy of Pediatrics (AAP).

Pilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide, setidaknya SPF 15. Sunscreen ini sangat efektif sebagai perlindungan ekstra pada hidung, pipi, bagian atas telinga dan di bahu.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Menggunakan Sunscreen?

3. Losion

skincare bayi untuk traveling-baby lotion

Kulit bayi cenderung kering, jadi penting untuk menjaga kulit agar tetap lembap. Moms bisa menggunakan losion bayi setelah mengelap tubuhnya hingga kering, dan segera oleskan losion.

"Produk perawatan kulit bayi ini tidak menambah kelembapan pada kulit; namun mencegah kelembapan yang sudah ada di kulit agar tidak menguap," kata Karl Neumann, dokter anak di Forest Hills Pediatric Associates dan kontributor Kids Travel Doc.

Jadi, jangan lupa membawa losion sebagai skincare bayi untuk traveling ya, Moms.

Baca Juga: Cara Menggunakan Baby Oil untuk Pijat Bayi

4. Baby Oil

skincare bayi untuk traveling-baby oil

Baby oil akan membuat kulit bayi terasa lembut, dan menjaga kadar air dalam kulit sehingga tetap lembut.

Menurut Journal of The Society of Cosmetic Chemists, baby oil sangat efektif untuk memperlambat kehilangan air bahkan di lingkungan dengan kelembapan rendah yang ekstrem.

Selain itu, Moms juga dapat menggunakan baby oil sebagai minyak pijat yang membuat Si Kecil lebih rileks.

"Pijat mengurangi rewel dan membantu bayi tidur lebih baik, yang menjadi keluhan terbesar dari orang tua," kata Tiffany Field, PhD, direktur Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine, mengutip Parents.com.

Itu dia Moms, beberapa skincare bayi untuk traveling yang penting untuk dibawa agar Si Kecil tetap terlindungi dari perubahan suhu dan udara saat bepergian dengan Moms dan keluarga.

Artikel Terkait