FASHION & BEAUTY
12 Agustus 2019

Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

Produk lightening dapat mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam memilih produk perawatan kulit, ada banyak sekali ragam produk dengan klaim manfaatnya masing-masing. Salah satu yang paling umum ditemukan yaitu produk "brightening" atau "lightening".

Jika dilihat sekilas, kedua jenis produk kecantikan ini mungkin memberikan efek yang sama, yaitu mencerahkan kulit. Tetapi, tahukah Moms bahwa kedua jenis klaim ini ternyata memiliki perbedaan?

Produk brightening dan lightening ini sendiri memiliki bahan kandungan berbeda, yang pada akhirnya juga memberikan dampak berbeda pula pada wajah.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat Witch Hazel dalam Skincare!

Perbedaan Produk Lightening dan Brightening

beda produk lightening dan brightening

Dr. Dennis Gross, pendiri 900 Fifth Dermatology dan Dr. Dennis Gross Skincare mengatakan perbedaan mengenai kedua jenis produk kecantikan kulit ini.

"(Produk) lightening mengurangi pigmentasi, dan brightening meningkatkan kilau kulit. Lightening punya hubungan dengan perubahan warna/discoloration, serta menyamaratakan warna kulit. Sementara, brightening mengembalikan vitalitas kulit," jelasnya, mengutip Essence.

Lebih lanjut, Dennis menjelaskan perbedaan dari kedua bahan yang terkandung pada produk brightening dan lightening.

"Bahan yang harus Anda cari dalam sebuah produk lightening yaitu: hydroquinone, asam kojic, arbutine, vitamin C dan retinol. Sementara, bahan dalam produk brightening adalah: vitamin C, retinol, alpha acid, dan beta hidroksi," tambahnya.

Baca Juga: Muncul Kerutan di Kulit? Gunakan Retinol, Bahan Skincare untuk Anti-aging

Manfaat Bahan Kandungan Produk Lightening dan Brightening

beda produk lightening dan brightening-2

Dr. Joel Schlessinger, dokter kulit bersertifikat dan CEO dari LovelySkin, menjelaskan bahwa kandungan brightening dapat meningkatkan pergantian sel dan meningkatkan kemampuan kulit memproduksi kolagen.

“Retinol, vitamin C, dan asam alfa hidroksi adalah bahan-bahan yang sangat efektif mencerahkan kulit wajah kita. Bahan ini bekerja dengan meningkatkan pergantian sel dan pengelupasan kulit, sambil meningkatkan kemampuan kulit untuk memproduksi kolagen dan elastin," jelasnya mengutip Lovely Skin.

Fokus utama produk "brightening" yaitu lebih kepada meremajakan kulit yang kering, kusam, dan bertekstur sehingga wajah terlihat lebih segar, sehat dan bercahaya.

Di sisi lain, produk lightening cukup berbeda jauh dengan produk brightening, karena makna "lightening" di sini mengacu pada "mencerahkan" pigmen di kulit wajah, dengan menargetkan melanin.

Sehingga, kandungan zat pada produk lightening dapat mengurangi munculnya bintik-bintik gelap dan hiperpigmentasi pada kulit, dan mengurangi tampilan kerusakan akibat sinar matahari.

Produk lightening memiliki kemampuan untuk mengobati bekas jerawat. Produk jenis ini bahkan cukup ampuh mengubah warna kulit jika digunakan secara teratur, terutama bila Moms ingin memiliki warna kulit alami kembali.

Joel menjelaskan, "Produk yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit biasanya mengandung bahan-bahan seperti asam kojic, alpha arbutin, dan asam alfa hidroksi, yang bagus untuk meratakan warna kulit dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari."

"Mencerahkan bintik-bintik gelap dan hiperpigmentasi membutuhkan kesabaran dan latihan, dan hampir selalu membutuhkan keahlian dokter kulit," lanjut Joel.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

Jadi bila disimpulkan, produk "brightening" memiliki fungsi untuk membuat wajah tampak lebih berkilau secara alami, sambil meningkatkan vitalitas kulit. Kandungan brightening juga terdapat di banyak produk kecantikan.

Sementara, produk "lightening" lebih kepada mengurangi pigmentasi, menghilangkan perubahan warna, dan meratakan warna kulit sepenuhnya.

Nah, apakah Moms sudah paham dengan perbedaan produk lightening dan brightening ini?

Artikel Terkait