FASHION & BEAUTY
12 Agustus 2020

Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya

Perhatikan kandungan pada produk skincare yang Moms agar tidak salah pakai, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Mendengar kata bunga, pasti yang terlintas dalam pikiran Moms adalah hamparan tanaman yang indah dan wangi, bukan?

Bunga memang identik dengan segala hal berkaitan indah, wangi, dan sedap dipandang. Tidak mengherankan, parfum dengan aroma bunga masih menjadi favorit.

Selain menjadi parfum, ternyata bunga juga bisa dijadikan sebagai kandungan dalam produk skincare yang Moms pakai, lho!

Ekstrak bunga pada produk perawatan wajah dinilai mampu mendatangkan manfaat yang signifikan. Lalu, apa saja manfaat menggunakan skincare dengan ekstrak bunga? Ini ulasannya.

Manfaat Skincare dengan Ekstrak Bunga untuk Kulit

Ketika memakai skincare, sebaiknya Moms selalu memerhatikan setiap kandungan di dalamnya. Selain itu, manfaat skincare tidak bisa instan untuk Moms dapatkan sehingga memerlukan waktu melihat prosesnya.

“Di balik produk perawatan kulit tidak ada perbaikan instan, sehingga membutuhkan waktu untuk melihat manfaatnya. Lama waktu yang dibutuhkan setidaknya 6 minggu, serta gunakan produknya sekali atau dua kali sehari untuk melihat perbedaannya,” ungkap Dr. Rachel Nazarian, ahli dermatologi Manhattan di Schweiger Dermatology Group, mengutip New York Times.

Nah, berikut ini manfaat skincare berbahan bunga untuk kulit, yaitu:

Baca Juga: Jenis Alkohol Baik dan Alkohol Buruk Pada Skincare

1. Mawar, Cocok untuk Kulit Berminyak

skincare dengan ekstrak bunga mawar

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Food Science & Nutrition, bunga telah dianggap tidak hanya sebagai ornamen, tetapi juga tanaman yang dapat dimakan karena pentingnya nutrisi dan fungsinya. Termasuk juga bisa menjadi bahan skincare.

Skincare dengan ekstrak bunga mawar ternyata cocok untuk jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat. Ekstrak mawar adalah bahan antiinflamasi yang dapat mengurangi bekas kemerahan, serta mampu menenangkan kulit.

Ekstrak mawar juga memiliki sifat astringen dan antibakteri, serta kaya vitamin C yang membantu merangsang kolagen dan menjadikan kulit lembap secara alami.

Bahkan, menurut Dr. Deepak Chopra, dokter spesialis endokrin, air mawar sangat baik untuk kulit dan membantu mengembalikan kadar pH di kulit agar menjadi seimbang.

“Gula dan minyak alami yang ditemukan dalam kelopak mawar dapat memberikan kelembapan pada kulit, sehingga lebih halus dan lembut seperti layaknya kelopak mawar,” ujar Dr. Chopra.

2. Calendula, Atasi Peradangan

Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya-2.jpg

Foto: freepik.com

Dilansir dari WebMD, bunga calendula umumnya dilakukan untuk mengatasi luka, ruam, infeksi, peradangan, dan banyak kondisi kulit lainnya. Mungkin saja hal ini yang membuat ekstrak bunga calendula sering ditemukan pada berbagai produk skincare.

“Calendula biasanya dijadikan dalam bentuk minyak (oil). Calendula oil bersifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga cocok untuk semua jenis kulit termasuk kering dan sensitif,” ungkap Suneeta Dinraz, yang juga pendiri dari Suneeta Cosmetics.

Baca Juga: 17 Manfaat Lavender Oil untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Mengurangi Jerawat!

3. Lavender, Kaya Antioksidan

Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya-3.jpg

Foto: warmbuddy.com

Lavender adalah jenis bunga lainnya yang sering dimasukkan ke dalam produk skincare.

Mengutip Bio Clarity, skincare dengan ekstrak bunga lavender mengandung antioksidan, yang di mana mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Hal ini dapat mencegah penuaan dini, seperti garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Meskipun dinilai mampu menenangkan kulit dan bersifat antiinflamasi, sebaiknya pemilik kulit sensitif tidak memakai skincare berbahan lavender karena bisa memicu iritasi.

“Lavender mengandung geraniol, linalool, dan linalyl acetate. Ketiganya dikenal sebagai alergen kontak, yang dapat menyebabkan ruam terlihat seperti eksim. Jadi, lebih baik kulit sensitif tidak memakai skincare berbahan lavender,” ungkap Dr. Purvi Parikh, ahli alergi dan imunologi di Allergy & Asthma Network.

4. Chamomile, Mampu Mencerahkan Kulit

Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya-4.jpg

Foto: everphi.com

Selain nikmat dijadikan teh, ternyata ada juga skincare dengan ekstrak bunga chamomile sebagai kandungan dalam skincare yang Moms pakai.

Chamomile penuh dengan alfa-bisabolol, chamazulene, dan apigenin, yang mampu mencerahkan kulit. Chamomile cocok untuk semua jenis kulit, sehingga pemilik kulit sensitif juga dapat mencobanya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Manfaat Witch Hazel dalam Skincare!

5. Witch Hazel, Mencegah Munculnya Jerawat

Skincare dengan Ekstrak Bunga, Ini Manfaatnya-5.jpg

Foto: healthline.com

Witch hazel sudah lama digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Ada juga skincare dengan ekstrak bunga witch hazel yang mungkin pernah Moms dengar.

Sebab, bunga ini mengandung tanin dan polifenol, yang membantu meregenerasi sel, mengurangi peradangan dan pembengkakan, serta menenangkan luka.

Kandungan tanin di dalamnya mampu mengontrol minyak berlebih di permukaan kulit dan mencegah jerawat.

Itulah beberapa manfaat skincare berbahan bunga untuk kulit. Mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Moms?

Artikel Terkait