KEHAMILAN
18 Januari 2020

4 Jenis Skincare untuk Melembapkan Kulit Kering Saat Hamil

Penting untuk selalu melembapkan kulit
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mempersiapkan kelahiran anak adalah hal yang sangat menggembirakan, tapi kehamilan terkadang bisa mendatangkan beberapa ketidaknyamanan, termasuk harus menghindari makanan tertentu dan kegiatan dengan intensitas tinggi.

Wanita hamil juga harus berhati-hati dengan skincare yang digunakan pada kulit mereka. Produk yang mengandung bahan-bahan, seperti retinoid resep, retinol tanpa resep, hidrokuinon, benzoil peroksida, dan asam salisilat, tidak aman selama kehamilan.

Baca Juga: Penyebab Flek Hitam Saat Hamil, Kondisi Kulit yang Umum Terjadi pada Ibu Hamil

Dilansir dari jurnal Pregnancy and Skin, kehamilan adalah periode di mana lebih dari 90% wanita memiliki perubahan kulit yang signifikan dan kompleks yang mungkin berdampak besar pada kehidupan wanita.

Salah satu permasalah terbesar adalah kondisi kulit kering selama hamil. Kulit kering ini bisa menyebabkan kulit jadi kasar dan gatal.

Tapi tenang Moms, ada beberapa jenis skincare yang aman digunakan untuk melembapkan kulit kering saat hamil.

Melembapkan Kulit Kering Saat Hamil

melembapkan kulit

Foto: independent.co.uk

Apa saja bahan skincare yang aman untuk digunakan? Kita lihat yuk!

1. Hyaluronic Acid

“Bahan perawatan kulit untuk anti aging dan melembapkan kulit wajah ini, aman digunakan selama kehamilan,” kata Melissa Schweiger Kleinman, editor kecantikan di Sephora.

Hyaluronic acid ini secara alami ditemukan dalam tubuh kita dan sangat fleksibel, sehingga bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering saat hamil, kulit sensitif, serta berjerawat.

Baca Juga: 3 Jenis Facial yang Aman saat Hamil

2. Glycerin

Pelembap yang ringan dan lembut adalah yang paling baik untuk mengatasi kulit kering selama kehamilan.

Amy Newburger, dokter kulit di New York, mengatakan bahwa skincare yang berbasis glycerin adalah yang terbaik selama kehamilan karena senyawanya yang lembut dan melembapkan.

3. Shea Butter

Mengatasi kulit kering selama hamil juga bisa dilembapkan dengan menggunakan skincare berbahan shea butter. Shea butter mampu menjaga pelindung kulit tetap sehat dapat membantu meminimalisir kulit kering.

American Academy of Dermatologist (AAD) juga menyatakan bahwa krim yang mengandung shea butter mampu melembapkan tanpa mengiritasi kulit.

Baca Juga: Kulit Berminyak pada Bayi, Bisakah Terjadi?

4. Minyak Alami

Jika Moms khawatir dengan kondisi kulit kering selama hamil, mengaplikasikan minyak alami pada kulit bisa jadi pilihan yang tepat, karena akan meningkatkan kualitas dan tekstur kulit menjadi lebih lembap.

"Minyak alami yang dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit adalah minyak kelapa, jojoba, dan vitamin E,” tutur Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.

Itu dia beberapa skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering pada ibu hamil. Sebaiknya, tetap konsultasikan dulu skincare yang akan Moms pakai pada dokter kandungan ya!

Artikel Terkait