BALITA DAN ANAK
19 Juni 2020

Anak Alergi Telur? Coba Ganti dengan Bahan-Bahan Ini Moms!

Ganti telur dengan bahan-bahan berikut ini saja, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Alergi merupakan hal biasa yang menimpa bayi dan anak-anak. Alergi telur salah satunya. Data yang dirilis oleh The Sydney Children’s Hospitals Network menunjukkan sekitar 9% balita mengidap alergi telur. Data juga menunjukkan bahwa anak laki-laki cenderung memiliki lebih banyak alergi dibanding anak perempuan.

Anak yang alergi telur biasanya menunjukkan gejala beberapa menit hingga dua jam setelah mengonsumsi telur atau mengonsumsi makanan yang mengandung telur.

Alergi telur tidak mudah untuk dihadapi karena telur mengandung banyak nutrisi dan banyak menjadi bahan umum di tiap resep makanan. Walaupun tidak mudah dihadapi, Moms tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada banyak makanan pengganti sebagai solusi anak alergi telur.

Makanan Pengganti Solusi Anak Alergi Telur

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa Moms gunakan sebagai solusi anak alergi telur. Makanan pengganti ini pun biasanya disukai anak-anak, lho, Moms.

1. Pisang yang Dihaluskan

solusi anak alergi telur 1.jpg

Foto: Freepik.com

Pisang disebut sebagai raja buah-buahan karena pisang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Pisang yang dihaluskan merupakan salah satu makanan pengganti telur yang populer. Pisang biasanya digunakan untuk memasak makanan yang dipanggang seperti membuat roti dan muffin.

Moms bisa menggunakan satu atau dua buah pisang yang dihaluskan sebagai pengganti telur. Walaupun hasil makanan warnanya tidak secokelat saat memakai telur, tetapi rasanya akan tetap padat dan lembut. Tak hanya itu, dilansir dari Plant Based News, buah pisang juga terbukti bisa mengeluarkan aroma dan rasa yang kuat pada makanan.

Baca Juga: 7 Olahan Pisang Goreng Kekinian yang Wajib Dicoba!

2. Oats

solusi anak alergi telur 2.jpeg

Foto: Pexels.com

Oats merupakan bahan yang baik dalam makanan. Sama seperti pisang, oats bisa digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat roti.

Oats juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus, yaitu antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk pencernaan. Dua sampai tiga sendok makan oats sama dengan satu telur.

3. Chia Seeds

solusi anak alergi telur 3.jpeg

Foto: Pexels.com

Jangan remehkan bentuk kecil dari chia seeds, Moms. Chia seeds adalah biji-bijian yang mengandung nutrisi tinggi. Chia seeds mengandung asam lemak omega 3 dan tinggi serat. Melansir dari Eat Right, chia seeds merupakan bahan yang bagus untuk mengikat adonan kue.

Untuk mengganti satu telur, Moms perlu mencampurkan satu sendok makan chia seeds dengan tiga sendok makan air, aduk hingga chia seeds menyerap air dan jadi lebih tebal. Chia seeds membantu memadatkan makanan dan cocok dijadikan bahan campuran makanan untuk pancake, roti, wafel, muffin, dan kue.

Baca Juga: Resep Blue Chia Seeds Pudding, Lembut Banget!

4. Tahu Sutra

solusi anak alergi telur 4.jpg

Foto: Freepik.com

Tahu sutra mengandung banyak air sehingga memiliki tekstur yang lembut. Namun, tahu sutra bisa menjadikan makanan punya tekstur lebih padat. Tahu sutra bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan asin maupun manis.

Untuk menggantikan telur, gunakan 60 gram tahu sutra. Buat Moms yang mau membuat brownies, roti, dan cookies tanpa telur, tahu sutra cocok menjadi bahan pengganti.

5. Yogurt

solusi anak alergi telur 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Solusi anak alergi telur selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt tanpa rasa. Yogurt memiliki aroma dan rasa manis alami, tetapi tidak mengubah rasa pada makanan yang hendak dibuat.

Untuk menggantikan satu telur, Moms bisa menggunakan ¼ gelas atau 60 gram yogurt dalam tiap resep.

Baca Juga: Yogurt Mengurangi Risiko Kanker Paru-Paru, Benarkah?

6. Agar-Agar

pudding-3933691_1280.jpg

Foto: Pixabay.com

Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari rumput laut atau alga dan menjadi pilihan makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti telur.

Untuk menggantikan satu telur, Moms bisa mengambil satu sendok makan agar-agar tanpa rasa dan satu sendok makan air dingin. Lalu, tambahkan dua sendok makan air panas dan aduk hingga berbusa.

Pergantian telur dengan agar-agar tidak akan mempengaruhi rasa masakan, tetapi membuat tekstur makanan menjadi sedikit lebih kaku.

Bagaimana Moms? Semoga bahan makanan pengganti telur di atas dapat menjadi solusi anak alergi telur. Jika Moms tidak ingin memasak dan hendak membeli makanan dari luar, jangan lupa cek kandungan dan bahan-bahan pembuat makanan tersebut, ya.

Artikel Terkait