PERNIKAHAN & SEKS
4 November 2019

Malas Berhubungan Seks karena Lelah, Ini 5 Solusinya

Siklus tidur juga berpengaruh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Lelah menjadi alasan paling umum untuk menolak saat pasangan meminta berhubungan seksual.

Kebanyakan pasangan yang sama-sama bekerja akhirnya merasa malas berhubungan seks karena terlalu capek. Alasan lain yang juga umum adalah sakit kepala, yang memang tak jauh-jauh dari rasa lelah itu sendiri.

Dalam tulisannya untuk Life Hacker, seorang sex therapist, Vanessa Marin mengungkapkan bahwa kebanyakan kliennya curhat bahwa mereka merasa frustrasi karena rasa lelah yang akhirnya jadi kendala dalam kehidupan seks mereka. Hal ini mungkin juga dirasakan Moms atau Dads di rumah.

Baca Juga: 5 Tips Menolak Hubungan Seks Saat Lelah

Solusi Malas Berhubungan Seks Akibat Lelah

Nah, jika Moms atau Dads merasa terlalu lelah untuk berhubungan seks, ada beberapa strategi yang dijabarkan Vanessa Marin.

Dalam artikel ini, Orami membantu merangkumnya, agar Moms and Dads bisa lebih mudah mendapat informasinya. Ada bebeapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas seks jangka panjang.

1. Siklus Tidur yang Benar

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Sering Lelah untuk Berhubungan Seks 1.jpg

Foto: pexels.com/@feelartfeelant

Untuk mengatasi malas berhubungan seks akibat lelah, siklus tidur memang harus diperbaiki.

Moms and Dads harus memanfaatkan secara maksimal waktu luang yang bisa dipakai untuk tidur, dan tentunya harus juga punya jam tidur yang konsisten setiap harinya. Lebih baik untuk membatasi interaksi dengan gadget sebelum tidur.

Jika terlalu lelah untuk berhubungan seks tapi sama-sama ingin, Moms and Dads bisa melakukannya di atas tempat tidur dengan posisi yang ringan saja, tanpa perlu eksplorasi.

Menjaga suhu kamar tetap dingin, gelap, dan tenang, juga dapat membantu meningkatkan kualitas waktu tidur kalian.

2. Seks yang Terjadwal

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Sering Lelah untuk Berhubungan Seks 2.jpg

Foto: pexels.com/Bich Tran

Merasa malas untuk berhubungan seks bisa terjadi karena Moms atau Dads terlalu memforsir energi dalam menjalani kegiatan seharian.

Strategi jangka panjang yang bisa dilakukan lagi adalah dengan menjadwalkan seks. Dengan begitu, masing-masing sudah tahu kapan akan melakukan hubungan seks.

Punya jadwal untuk melakukan hubugan seks bisa membantu Moms atau Dads mempersiapkan diri.

Bisa dengan cara memaksimalkan istirahat di hari sebelumnya, pulang kantor lebih awal dari biasanya, atau mengurangi aktivitas berat di hari tersebut. Meski terjadwal, seks bisa tetap seru.

Baca Juga: 3 Posisi Seks Nyaman Ketika Sedang Lelah

3. Memikirkan Seks di Siang Hari

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Sering Lelah untuk Berhubungan Seks 3.jpg

Foto: pexels.com/Bruce Mars

Cara lain untuk menjaga energi tetap terjaga dan berlimpah agar tidak terlalu lelah untuk berhubungan seks, adalah dengan memikirkan seks di siang hari. Terutama jika Moms and Dads berencana untuk melakukannya nanti malam.

"Banyak klien saya mengeluh bahwa berusaha mengumpulkan energi agar bisa bergairah pada momen itu, dirasa terlalu berlebihan," ungkap Vanessa.

Ketika Moms and Dads mencoba untuk berpikir tentang seks sepanjang hari, dan menjaga agar gairah tidak membuncah saat itu, maka kemungkinan besar kalian akan merasa jauh lebih mudah membangkitkan gairah di malam harinya.

Cobalah untuk melamunkan pengalaman seksual favorit bersama pasangan, atau membaca beberapa halaman bacaan erotis saat makan siang. Atau Moms and Dads bisa saling berkirim pesan teks (sexting) tentang hal-hal yang ingin dilakukan bersama malam nanti.

4. Tak Perlu Menunggu Malam

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Sering Lelah untuk Berhubungan Seks 4.jpg

Foto: pexels.com/Jonathan Borba

Banyak di antara Moms and Dads yang menunggu hingga malam hari untuk memikirkan atau melakukan hubungan seks.

Padahal, saat kepala sudah bertemu dengan bantal, maka semua akan sia-sia. Di saat itu, seks justru jadi seperti pengganggu waktu istirahat.

"Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan hubungan seks pada siang atau sore hari. Tentu saja akan ada tantangan, tergantung pada jadwal, tanggung jawab, atau anak-anak (yang harus diurus). Namun saat sedang berdua saja, lakukanlah," saran Vanessa.

Moms and Dads juga bisa mencoba seks di pagi hari, saat badan masih segar setelah istirahat semalaman.

Baca Juga: Jangan Ragu untuk Berhubungan Seks di Pagi Hari, Ini 7 Keuntungannya

5. Pelajari Manfaat Seks

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Sering Lelah untuk Berhubungan Seks 5.jpg

Foto: pexels.com/Ana Maria Moroz

"Banyak klien saya mengatakan bahwa seks jadi tidak terasa menggoda belakangan ini, terutama jika mereka lelah. Namun setelah mereka melakukannya, mereka lalu berpikir bahwa itu sebenarnya sangat menyenangkan," papar Vanessa.

Merasa malas untuk berhubungan seks memang wajar. Namun bukan berarti Moms and Dads harus menyerah begitu saja.

Kalian bisa mencari tahu manfaat seks, untuk memotivasi kalian melakukannya. Ingatkan diri Moms and Dads bagaimana rasanya saat-saat setelah melakukan hubungan seks.

Dengan berhubungan seks, perasaan Moms and Dads akan semakin terhubung, terutama ketika saling bertatapan mata.

Pillow talk yang seru bisa dilakukan setelah bercinta. Dan bahkan Moms and Dads bisa tidur lebih nyenyak setelah bercinta, sehingga esok pagi badan menjadi segar.

(DEW)

Artikel Terkait