PASCA MELAHIRKAN
12 Januari 2019

Stagen alias Gurita, Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan?

Bolehkah stagen/gurita dipakai setelah operasi caesar?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Setelah melahirkan, Moms pasti ingin tubuh kembali langsing seperti sebelum hamil. Cerita pengalaman orang tua kita setelah melahirkan di masa lalu memang memperlihatkan manfaat dari penggunaan stagen dan gurita setelah kelahiran. Tujuannya satu, untuk memperoleh kembali perut yang kencang dan langsing.

Namun, apakah hal tersebut diperbolehkan?

Pada dasarnya, dunia kedokteran tidak menganjurkan ibu memakai stagen setelah melahirkan. Gurita tidak dapat mengecilkan atau mengencangkan perut karena sifatnya pasif. Stagen akan membuat perut Moms terasa kencang, namun perut akan kembali kendur seperti semula setelah stagen dilepaskan.

Jika ibu melahirkan lewat operasi Caesar, penggunaan stagen atau gurita tidak diperlukan secara medis. Kenyataannya, otot perut dan kulit akan kembali kencang secara perlahan setelah melahirkan.

Namun, sebagian ibu merasa nyaman dan terlindungi saat menggunakan stagen atau gurita. Bila Moms ingin memakainya, sebaiknya perhatikan penggunaannya agar tidak terlalu menekan bekas jahitan operasi. Jangan sampai melukai atau terlalu kencang sehingga menghambat peredaran darah Moms.

Sebagai salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan, senam atau olahraga adalah jalan yang paling baik dan sehat. Latihan ringan seperti sit-up dan jogging dapat mengencangkan kembali otot perut, tapi jangan mengangkat beban yang berat.

Untuk otot dasar panggul, Moms bisa mengencangkannya dengan latihan senam kegel. Senam kegel adalah senam untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan saluran kemih, yang juga berguna untuk mencegah Moms mengompol saat proses persalinan.

Kadangkala penggunaan stagen disertai pengolesan obat herbal pada perut ibu. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi ibu setelah melahirkan dengan cepat. Namun, berhati-hatilah, karena ada kemungkinan kulit ibu sensitif dan dapat menderita alergi karena obat herbal tersebut.

Apalagi bila ibu baru menjalani persalinan dengan operasi Caesar. Penyembuhan luka dari operasi Caesar akan terganggu dan bisa menimbulkan infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya ibu bersikap bijak dan cermat sebelum mengoleskan obat herbal setelah melahirkan.

Barengi pula hidup baru Moms sebagai ibu dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta berolahraga teratur. Konsultasikanlah dengan dokter jenis olahraga manakah yang paling baik untuk Moms.

Mintalah penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, terutama jika Moms melahirkan secara Caesar. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan ibu setelah melahirkan akan berpengaruh pada si kecil juga.

Bagaimana dengan Moms? Apakah Moms masih memakai stagen atau gurita setelah melahirkan?

 

(HEI)

Artikel Terkait