NEWBORN
29 Agustus 2020

Tahapan Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Bulan, Catat!

Bermain bersamanya dapat menstimulasi perkembangan fisik bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perkembangan fisik bayi saat berusia 0-3 bulan akan berlalu lebih cepat daripada yang dapat Moms bayangkan. Selama waktu ini, Moms akan mencatat banyak perubahan dalam pertumbuhan, penampilan, kemampuan motorik, dan perkembangan fisik bayi dan sensoriknya.

Selama waktu ini, Moms akan mencatat beberapa perubahan dalam pertumbuhan, kemampuan motorik, perkembangan sensorik, dan penampilan Si Kecil.

Sebenarnya, Moms tidak perlu mengkhawatirkan ukuran tubuh bayi di awal kehidupannya. Ada berbagai macam tinggi dan perkembangan berat badan yang normal. Ukuran bayi akan terkait dengan beberapa faktor, seperti: ukuran kelahiran orang tua sama seperti bayi baru lahir, apakah ibunya prematur atau tidak, nutrisi selama hamil, serta lingkungan dan budaya orang tua.

Biasanya, bayi akan mengalami penurunan berat badan 5 persen hingga 7 persen selama minggu pertama. Bayi yang diberi ASI mungkin kehilangan sebanyak 10 persen dari berat lahirnya. Berat lahir akan kembali sekitar minggu kedua.

Setelah itu, kenaikan akan ada sekitar satu ons sehari untuk ukuran normal. Pada sekitar usia 3 bulan, bayi dapat diharapkan untuk naik setengah kilogram sebulan, sementara tingginya akan meningkat sekitar 20 persen.

"Jika bayi Anda mencapai satu tonggak lebih cepat, dia mungkin mencapai yang lain nanti, karena dia begitu sibuk menyempurnakan keterampilan lainnya," kata Jennifer Shu, MD, dokter anak dan rekan penulis Heading Home with Your Newborn.

Baca Juga: Asah Fisik Bayi 0-3 Bulan Dengan Aktivitas Ini

Penampilan Fisik Bayi 0-3 Bulan

Amati Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Ini Moms -1.jpg

Foto: Aboutkidshelath.ca

Salah satu perkembangan fisik bayi pada usia 0-3 bulan yang terlihat adalah bagian kepala. Tengkoraknya agak fleksibel dibandingkan dengan orang dewasa. Dikutip dari American Academy of Pediatrics (AAP), Moms akan melihat beberapa titik lunak yang disebut fontanel di kepalanya. Bagian kepala mungkin sedikit tidak sempurna dari segi bentuk, tetapi Moms tidak perlu khawatir . fontanel itu akan berubah dengan sendirinya.

Saat baru lahir, jangan khawatir jika bayi terlihat tidak biasa. Hal ini akan berubah seiring dengan perkembangan usianya. Misalnya mata yang membengkak saat lahir, bentuk telinga yang rata, lepuhan yang terbentuk di bibir karena susu, rambut tubuh tidak teratur terutama untuk bayi prematur, kulit kering, alat kelamin yang membesar, dan hidung tersumbat.

Tahap Perkembangan Fisik Bayi Usia 0-3 bulan

Amati Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Ini Moms -2.jpg

Foto: Northgateps.com

Selama tahap perkembangan fisik bayi pertama ini, tubuh dan otak bayi belajar hidup di dunia luar. Antara kelahiran dan tiga bulan, bayi mungkin akan mulai:

  • Tersenyum. Awalnya, itu hanya untuk dirinya sendiri. Tetapi dalam tiga bulan, bayi akan tersenyum menanggapi senyum Moms dan mencoba membuat Moms tersenyum padanya. Itu juga akan menunjukkan respons saat Moms mengajaknya bercerita.
  • Mampu mengangkat kepala dan dadanya saat tummy time. Ini bisa dilakukan oleh Si Kecil jika sering mengajaknya tummy time bahkan sejak pulang dari rumah sakit. Si Kecil akan terbiasa dengan itu dan meningkatkan durasi waktu untuk tummy time.
  • Mampu melacak dan mengikuti objek dengan matanya, dan secara bertahap mengurangi penyilangan mata.
  • Membuka dan menutup tangan sendiri dan mengarahkan tangan ke mulut.
  • Mampu memegang benda di tangan.
  • Mencoba untuk meraih benda-benda yang menggantung, meskipun biasanya belum bisa mendapatkannya. Pada awalnya, bayi hanya bisa fokus pada objek yang dekat dengan wajahnya, tidak lebih dari 15 inci.
  • Sampai 8 minggu, gerakannya sebagian besar di luar kendalinya .
  • Bayi bisa mendengar dalam rahim, tetapi saat lahir, pendengarannya tidak setinggi orang dewasa. Pendengarannya akan berkembang pesat dalam beberapa bulan sejak lahir.

Baca Juga: 7 Terapi Fisik untuk Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Sitimulasi Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Bulan

Apa yang dapat Moms lakukan untuk memastikan perkembangan fisik bayi optimal? Berikut ini lima stimulasi untuk membantu perkembangan fisik bayi 0-3 bulan!

1. Tummy Time

happy smiling baby boy royalty free image 555010737 1548711406

Foto: Orami Photo Stock

Stimulasi perkembangan fisik bayi yang pertama adalah tummy time. Beri Si Kecil tummy time di mana Moms dapat membiarkannya bermain dalam posisi tengkurap selama beberapa saat. Bicaralah padanya sehingga dia akan mengangkat kepalanya untuk melihat Moms.

Pegang mainan yang terang atau berisik di depannya sehingga dia tertarik untuk mencoba melihatnya.

Stimulasi ini akan membantu bayi belajar mengangkat kepalanya dan mendorong lengannya. Dia bahkan mungkin belajar menggerakkan tubuhnya di lantai.

Ini akan semakin memperkuat otot punggung dan lehernya yang sangat dibutuhkan beberapa bulan ke depan untuk membantunya merangkak.

2. Pijat Bayi

baby massage

Foto: Orami Photo Stock

Stimulasi perkembangan fisik bayi yang selanjutnya adalah pijat bayi. Cobalah untuk menstimulasi perkembangan fisik buah hati dengan memberikan pijatan lembut, terutama di bagian lututnya, untuk membantu melenturkan tubuhnya.

Ketika dia mulai bergerak ke arah suatu benda, cobalah untuk memindahkan benda tersebut sedikit lebih jauh dari jangkauannya untuk merangsang kontrol dan gerakan.

Gunakan setiap aktivitas dan pengalaman bermain baru sebagai cara bagi bayi untuk belajar tentang tubuhnya, misalnya merasakan digelitik, dipijat, dan sensasi air saat dia dimandikan.

Baca Juga: Jenis Mainan yang Tepat Untuk Bayi Usia 4 Bulan

3. Berikan Sentuhan Lembut

mom and baby kiss1

Foto: Orami Photo Stock

Stimulasi perkembangan fisik bayi yang selanjutnya adalah sentuhan lembut. Memberikan sentuhan-sentuhan lembut di tubuh bayi akan merangsangnya untuk menggerakkan bagian tubuhnya yang tersentuh.

Sering-seringlah memeluk dan mencium buah hati juga akan membantu menstimulasi kepercayaan diri serta perkembangan fisiknya di usia 0-3 bulan.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi

new mom guide breastfeeding baby 2160x1200

Foto: Orami Photo Stock

Stimulasi perkembangan fisik bayi yang selanjutnya adalah penuhi kebutuhan nutrisinya. Hal penting yang tidak boleh dilupakan selain stimulasi melalui aktivitas fisik adalah nutrisi. Makanan sangat penting untuk membantu tumbuh kembang bayi secara optimal.

Selama enam bulan pertama hidupnya, semua kebutuhan nutrisi dipenuhi oleh ASI. Jadi, pastikan Si Kecil selalu mendapatkan cukup ASI dan dapat langsung menyusu saat dia merasa lapar.

Setelah usianya enam bulan, Moms dapat memperkenalkan makanan padat atau MPASI karena kebutuhannya akan nutrisi mikro meningkat.

Pola makan yang sehat dan sesuai usia adalah faktor penting untuk memastikan bayi tumbuh dengan sehat.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Perhatikan 5 Tanda Bayi Alami Overstimulasi Saat Bermain dan Cara Mengatasinya

5. Lebih Sering Bermain Bersama Bayi

mom playing with happy baby

Foto: Orami Photo Stock

Stimulasi perkembangan fisik bayi yang selanjutnya adalah luangkan lebih banyak waktu untuk bermain bersamanya. Lebih sering bermain memungkinkan bayi untuk menggunakan keterampilan fisiknya secara konsisten. Permainan atau aktivitas yang tepat dapat merangsang perkembangan fisiknya.

Lakukanlah permainan-permainan yang merangsang bayi untuk lebih sering menggerakkan atau menggunakan tubuhnya.

Pada usia 0-1 bulan, ia mungkin terkesan tidak merespon permainan yang Moms lakukan bersamanya.

Tetapi jangan lupa bahwa di bulan pertama kehidupannya bahkan perkembangan fisik bayi sudah dimulai, seperti mulai belajar mengepalkan tangan, menendang, mengangkat lengan, dan sebagainya. Lakukanlah permainan apapun yang sesuai dengan perkembangan fisik di usianya.

Ingat, setiap bayi adalah unik, jadi jangan khawatir jika Si Kecil belum mencapai tonggak perkembangan pada waktu yang Moms harapkan. Biarkan dia tumbuh sesuai dengan tonggaknya sendiri.

Namun, jika perkembangannya terlalu lambat dan tonggaknya tidak terpenuhi selama berbulan-bulan, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa kondisi buah hati baik-baik saja.

Baca Juga: Kenali Tanda Keterlambatan Perkembangan Fisik Bayi 0-12 Bulan

Hubungi Dokter Jika Perkembangan Fisik Bayi Melenceng

Amati Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Ini Moms -3.jpg

Foto: Verrywellfamily.com/Gettyimages

Jika perkembangan fisik bayi usia 0-3 bulan tidak terlihat signifikan, Jennifer mengatakan untuk percaya pada insting sendiri. "Jika Anda benar-benar merasa ada sesuatu yang salah, bicarakan dengan dokter Anda tentang hal itu karena jika ada masalah, kami ingin menangkapnya sesegera mungkin. "Intervensi awal adalah yang terbaik, dan Anda tahu anak Anda lebih baik dari siapa pun," jelasnya.

Hal itu dilakukan jika benar-benar tidak ada perkembangan berarti pada Si Kecil. Namun bukan berarti Moms terlalu membandingkan dengan bayi lain. "Jangan melihat waktu sebanyak perkembangan, dan melihat bahwa anak Anda berubah dan tumbuh. Ini bukan balapan,” tandasnya.

Pada tahap perkembangan fisik bayi apa Si Kecil saat ini?

Artikel Terkait