KEHAMILAN
10 September 2019

Stop Mual Saat Hamil. Ini Super Food yang Wajib Moms Konsumsi di Masa Kehamilan

Beragam makanan super ini selalu bisa jadi andalan saat Moms mual-mual.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Salah satu gangguan kehamilan yang cukup sulit dikontrol adalah mual-mual. Rasa mual ini terjadi karena meningkatnya gejolak hormon dalam tubuh Moms selama masa kehamilan.

Memang tidak semua ibu hamil mengalami mual-mual yang parah. Namun, untuk Moms yang mengalaminya tentu akan terganggu karena hal ini bisa terjadi kapan saja, misalnya saat sedang bekerja. Moms tak perlu takut lagi jika sudah menyiapkan beberapa makanan yang ampuh usir mual seperti berikut ini.

Jahe

hamil, kehamilan

Foto: besthealthmag.ca

Bahan yang satu ini sudah dipercaya khasiatnya untuk mengurangi mual sejak dahulu. Untuk menikmatinya, seduh jahe bersama madu atau lemon sesuai selera.

Secara alami, jahe memang diketahui kaya akan vitamin C dan magnesium. Cara mengolahnya pun mudah dan beragam seperti misalnya mencampur dengan jus, memasukkan ke dalam sup dan tumisan, atau diminum dengan cara diseduh.

Namun, menurut Alina Petre, MS, RD (CA), ahli nutrisi di Healthline, San Franscisco, ada batasan yang harus Moms perhatikan saat mengonsumsi jahe.

"Anda harus membatasi konsumsi jahe jika tubuh Anda rentan terhadap tekanan darah rendah dan gula darah rendah," jelas Alina. Jika Moms memiliki masalah tersebut, maka bisa merasakan efek samping dari mengonsumsi jahe, seperti pusing dan rasa panas di dada.

Baca juga: 7 Aktivitas yang Bisa Mengurangi Mual saat Hamil

Sereal

hamil, kehamilan

Foto: today.com

Makanan ringan yang kaya vitamin ini bisa menjadi salah satu alternatif favorit Moms untuk mengatasi rasa mual. Jangan dicampur susu jika Moms mual dengan minuman yang satu itu.

Nikmati saja sereal utuh sepanjang waktu, layaknya camilan. Sebab sereal sangat mudah ditemukan dan dikonsumai,. Sereal juga sangat praktis sehingga cocok jadi salah satu makanan yang harus selalu tersedia.

Greek Yoghurt

hamil, kehamilan

Foto: medicalnewstoday.com

Jika Moms tidak punya masalah dengan produk susu, silakan menikmati jenis greek yoghurt sebagai camilan. Greek yoghurt kaya akan vitamin serta mengandung probiotik yang baik untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh serta menjaga perut Moms tetap happy.

Greek Yoghurt juga dapat mengirimkan banyak sekali nutrisi yang baik, termasuk vitamin B dan potasium untuk Moms dan Si Kecil di dalam perut, lho. Pastikan Moms selalu menyimpan yoghurt di lemari es, ya!

Baca juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

Roti Gandum Utuh

hamil, kehamilan

Foto: cresthillbakery.com

Yang satu ini bisa dijadikan salah satu andalan untuk menu sarapan Moms. Kenapa? Karena sifatnya yang kering sangat nyaman untuk perut calon Moms yang sering berulah.

Vitamin yang terkandung di dalam varian biji-bijian dapat membantu menambah kebutuhan vitamin serta meningkatkan nutrisi untuk Moms dan janin. Serat yang terdapat pada rotinya juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga membuat perut Moms jadi nyaman kembali.

Almond

hamil, kehamilan

Foto: npr.org

Salah satu cara menanggulangi rasa mual adalah dengan makan makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Oleh karena itu, kacang almond bisa jadi pilihan yang tepat. Selain enak dan mudah dibawa kemana-mana, almond cukup membuat perut Moms yang sedang bergejolak kembali nyaman.

Dikutip dari Rebbeca Malachi, Bcs, salah satu ahli nutrisi kehamilan dan gaya hidup di Ludwig Maximilian University of Munich, Jerman, dengan mengonsumsi almond calon Moms tak hanya jauh dari mual tapi juga meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan tibuh maupun janin.

“Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk almond, dapat mengurangi risiko alergi kacang pada bayi kelak,” ungkap Rebbeca.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

Pisang

hamil, kehamilan

Foto: hsph.harvard.edu

Saat moms merasa mual, pasti akan sulit sekali rasanya memasukkan makanan apapun ke dalam mulut. Air mineral pun kadang tak menolong banyak. Namun, nutrisi dan energi di dalam tubuh harus terus dijaga.

Oleh sebab itu, pisang bisa Moms jadikan pilihan makanan yang tepat untuk bantuan di kala darurat. Selain mudah didapatkan, pisang juga merupakan buah yang paling mudah diterima tubuh saat Moms dalam kondisi mual.

Kandungan potasium di dalam pisang juga diketahui dapat menggantikan potasium yang keluar dari tubuh saat muntah atau mengalaim diare, lho.

Dengan makanan di atas dijamin Moms akan lebih nyaman dalam menjalani masa kehamilan.

(ERN/KM)

Artikel Terkait