PERNIKAHAN & SEKS
10 Maret 2019

Suami Bertemu Dengan Mantan, Apakah Perlu Cemburu?

Sebelum cemburu, pertimbangkan hal ini
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Hubungan yang baik tentu dimulai dengan sesuatu yang baik. Lalu, bagaimana jika muncul masalah seperti cemburu? Apalagi ketika suami bertemu mantan entah baik disengaja maupun tidak disengaja.

Psikiater Jacques-Antoine Malarewicz mengungkapkan bahwa kecemburuan bisa menjadi masalah bagi sebuah hubungan khususnya dapat mengurangi perasaan yang dimiliki seseorang terhadap pasangan. Rasa cinta bisa terkikis jika rasa cemburu terus menerus muncul.

Lalu, apakah Moms perlu cemburu ketika suami bertemu dengan mantan? Susannah Abse, direktur Tavistock Center for Couple Relationships mengungkapkan bahwa ada tingkatan irasionalitas yang perlu dipertimbangkan.

Artinya, jangan sampai rasa cemburu yang berlebihan tersebut justru akan menjadi kesulitan lain bagi hubungan. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk menghadapi kondisi ketika suami bertemu mantan dan Moms mulai cemburu?

Baca Juga: Cemburu Atau Posesif? Ini Hal yang Harus Moms Bedakan

Ketahui Masa Lalu Suami Dengan Mantan

happy couple talking at cafe sitting on couch hkjaxzwee thumbnail full01

Ada rasa tenang jika pasangan telah menceritakan mengenai masa lalunya. Kadang kali hubungan bisa jadi rusak karena adanya rasa penasaran.

“Rasa penasaran tersebut merupakan upaya untuk mendapatkan kepastian agar hati perempuan tidak mudah terbakar api cembburu,” kata psikoanalisis Sophie Cadalen.

Moms bisa meminta pasangan untuk menceritakan seperti apa hubungan yang terjalin masa lalu. Begitu pula sebaliknya. Moms juga harus terbuka dengan pasangan.

Setelah mengetahuinya, Moms tak perlu membandingkan kisah cinta suami dengan masa lalunya.

Jangan sesekali menganggap masa lalu nya jauh lebih bahagia daripada kehidupannya sekarang. Ingat bahwa tidak ada tolak ukur yang pasti seseorang bisa berbahagia dengan kehidupan cintanya.

Baca Juga: 5 Tanda Istri Terlalu Protektif Pada Suami

Banyak orang yang enggan untuk mengetahui hubungan pasangan di masa lalu sebab muncul rasa takut akan membawa perasaan di masa lalu dengan kondisi yang sekarang.

Misalnya ketika suami bercerita tempat yang disukai saat pergi bersama mantan, Moms mungkin takut jika setiap melewati tempat tersebut suami akan mengingat kenangan bersama mantan.

Moms sebaiknya tidak meyakini fantasi yang berlebihan tersebut. Ingat bahwa kecemburuan mungkin berasal dari perasaan insecure.

Jadi, jangan sampai memori suami mengenai masa lalunya justru mengatur kehidupan yang sekarang. Moms harus percaya bahwa kini suami telah berbahagia dengan kehidupan cinta bersama Moms.

Rasa cemburu pastinya tidak akan muncul dan akan membuat hubungan jauh lebih baik dan tidak dipenuhi dengan pertengkaran.

Baca Juga: Nyaman Atau Bosan dalam Pernikahan? Kenali Perbedaannya

Buat Suasana Pernikahan Lebih Bahagia

couple headphones

Ketakutan saat suami bertemu mantan adalah suami menemukan kebahagiaan lainnya. Moms mungkin jadi cemas bahwa suami justru lebih senang untuk menghabiskan waktu bersama dengan mantan.

Sekali lagi, jangan sampai masa lalu menjadi hal negatif dalam diri kita. Moms mungkin berpikir karena suami sudah bahagia di masa lalu maka sekarang ia sudah tak lagi bahagia. Sebenarnya pikiran ini adalah hal buruk yang sebaiknya dibuang jauh-jauh.

Ingat bahwa pikiran jelek yang memicu cemburu ini justru dapat membuat masalah yang besar. Mulai sekarang batasi diri dari pikiran jelek tersebut karena hanya ada sedikit orang yang bisa lolos dari rasa cemburu dengan model seperti ini.

Lebih baik bicarakan pada pasangan mengenai apa yang Moms pikirkan dan inginkan. Hal ini akan membuat hubungan jadi jauh lebih baik dan tidak terus-terusan memikirkan hal yang buruk.

Nah apakah Moms pernah mengalami kondisi cemburu saat suami bertemu mantan? Apa yang waktu itu Moms lakukan untuk mengatasinya?

(GSA)

Artikel Terkait