PERNIKAHAN & SEKS
18 Maret 2019

Suami Tak Sesuai Ekspektasi, Ini 4 Langkah agar Tetap Harmonis

Tetap ada cara agar hubungan tetap harmonis
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani



Ekspektasi dan realita, akan selalu berjalan beriringan. Tak sedikit ekspektasi yang tidak menjadi realita, begitu juga halnya dalam sebuah pernikahan.

Seorang istri pasti punya ekspektasi pada pasangannya, seperti ingin suami lebih romantis, perhatian, dan pengertian. Namun terkadang, semuanya berujung kekecewaan karena kenyataannya tidak sesuai dengan harapan.

Certified MBTI Trainer, NLP, dan TLT Practitioner Nuniek Tirta, daripada memupuk rasa kecewa, lebih baik ikuti langkah ini agar hubungan pernikahan tetap harmonis meskipun suami tidak sesuai dengan ekspektasi.

Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

1. Manage Expectations

suami tak sesuai ekspektasi, ini 4 langkah agar tetap harmonis 2

Foto: thoughtcatalog

Menurut pakar hubungan bernama Nuniek Tirta, hal terutama yang harus dilakukan istri ketika suami tidak sesuai ekspektasi adalah manage expectations.

Artinya, istri tidak menaruh ekspektasi terlalu jauh dari pasangannya dan mensyukuri keadaan pasangan apa adanya. Hal tersebut agar membuat istri tidak kecewa pada suami dan antar pasangan saling memahami kemauan masing-masing.

Baca Juga: 3 Batasan Privasi yang Harus Dijaga Antara Suami dan Istri

2. Lihat Kelebihan Suami

suami tak sesuai ekspektasi, ini 4 langkah agar tetap harmonis 3

Foto: pinterest

Langkah selanjutnya yang menjadi kunci keharmonisan pernikahan adalah pemahaman kalau istri dan suami adalah manusia biasa, yang tak akan luput dari kesalahan. Jadi, ketika suami tidak sesuai dengan ekspektasi istri atau berbuat kesalahan, jangan terlalu kecewa.

Coba lihat dari sisi positif, yaitu kelebihan suami atau saat-saat ketika suami memberikan kebahagiaan. Tentunya itu akan membuat hubungan suami dan istri tetap berjalan dengan harmonis.

3. Hentikan Membandingkan Suami

suami tak sesuai ekspektasi, ini 4 langkah agar tetap harmonis 4

Foto: thoughtcatalog

Pada dasarnya, tidak ada orang ingin dibanding-bandingkan dengan orang lain. Begitu juga dengan suami, Moms. Nuniek mengatakan, kesalahan terbesar adalah seringnya istri untuk mengharapkan pasangan berbuat, bersikap, dan berperilaku sesuai dengan harapan.

Atau istri membandingkan suami dengan sosok ideal menurutnya, misalkan membandingkan suami dengan ayah karena tidak adil untuk suami.

Setiap individu itu berbeda, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Hal ini yang harus dipahami istri sebelum membandingkan dengan orang lain. Kita pun tak akan mau jika dibandingkan dengan wanita lain, kan?

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Calon Ibu Jangan Bertengkar dengan Suami Saat Hamil

4. Reaksi yang Berubah

suami tak sesuai ekspektasi, ini 4 langkah agar tetap harmonis 5

Foto: thoughtcatalog

Nuniek juga mengatakan seseorang mau berubah karena kemauan dalam dirinya sendiri bukan karena orang lain yang memintanya.

Perubahan yang bukan datang dalam hati berujung keterpaksaan dan jadi perubahan palsu. Tentunya tak ada yang ingin punya pasangan dengan penuh kepalsuan.

Jika tidak bisa mengubah keadaan, maka kita bisa mengubah reaksi pada keadaan tersebut. Begitu juga dalam hubungan suami dan istri.

Jangan memaksa suami untuk berubah, tapi istri yang harus berubah duluan. Perlahan tapi pasti, pasangan juga akan berubah menjadi lebih baik tanpa harus dipaksa.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar rumah tangga tetap harmonis. Yang penting adalah cara istri dan suami memahami konsep pernikahan adalah proses mengenal dan menghargai satu sama lain, setiap hari dan seumur hidup. Setuju, Moms dan Dads?

(DG)

Artikel Terkait