3-12 BULAN
9 Juli 2019

Sudah 1 Tahun, Kenapa Anak Belum Bisa Berjalan?

Berkaitan dengan keterampilan motorik.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika Si Kecil masih terus merangkak atau merayap padahal bayi lain seusianya sudah bisa berjalan, Moms tentunya khawatir dengan perkembangan motoriknya. Bayi 1 tahun belum bisa berjalan memang termasuk dalam kategori “tidak biasa” tetapi biasanya itu merupakan kondisi normal. Namun, bisa juga menandakan bahwa ada sesuatu yang salah.

Nah, berikut merupakan beberapa penyebab mengapa bayi usia 12 bulan atau lebih masih belum bisa berjalan.

1. Keterlambatan pada Pematangan Motorik

Sudah 1 Tahun, Kenapa Anak Belum Bisa Berjalan 01.jpg

foto: parenting.firstcry.com

Beberapa bayi bisa berjalan sedikit lebih lambat dari bayi lainnya dan salah satu alasannya adalah adanya keterlambatan kematangan keterampilan motorik.

Dalam kasus ini, semua tonggak pencapaian lain biasanya tercapai tepat waktu dan keterampilan motoriknya juga normal, hanya saja lebih lambat dibandingkan yang seharusnya. Meskipun begitu, kondisi semacam ini bukanlah gejala atau tanda dari masalah lain yang lebih serius.

Baca Juga: 7 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 10-12 Bulan

2. Kelainan pada Tonus dan Kekuatan Otot

Sudah 1 Tahun, Kenapa Anak Belum Bisa Berjalan 02.jpg

foto: todaysparent.com

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Hipertonis: keterlambatan berjalan kemungkinan merupakan bentuk awal dalam kasus cerebral palsy hipertonis yang lebih ringan, seperti hemiplegia dan diplegia spastik.
  • Distrofi otot: sering ditemukan riwayat keterlambatan berjalan pada bayi dengan distrofi otot Duchenne (DMD). Tetapi, keterlambatan berjalan tidak berlaku pada bayi dengan distrofi otot Becker, meskipun mereka cenderung mencapai tonggak perkembangan yang lebih lambat.
  • Hipotonia yang disebabkan oleh sindrom Down, sindrom Prader-Willi, penyakit Tay-Sachs, dan sindrom Williams.

3. Riwayat Kesibukan Keluarga

Sudah 1 Tahun, Kenapa Anak Belum Bisa Berjalan 03.jpg

foto: justsimplymom.com

“Saya selalu memeriksa faktor keluarga atau lingkungan jika bayi 1 tahun belum bisa berjalan,” kata terapis fisik Gay Girolami, seperti dikutip dari Babycenter.com.

“Orang tua mungkin memiliki keluarga yang sangat sibuk dan bayinya cenderung menghabiskan banyak waktu dalam alat bantu berjalan sehingga dia belajar untuk melompat-lompat dengan berjinjit. Ketika dia sampai pada tahap berdiri, dia mengalami kesulitan karena otot-otot kaki dan panggulnya belum berkembang sepenuhnya.”

Bahkan karena alasan keterlambatan berjalan, beberapa ahli merekomendasikan untuk tidak menggunakan alat bantu seperti baby walker.

Baca Juga: 3 Faktor Penyebab Anak Belum Bisa Berjalan, Apa Pemicunya?

4. Pengaruh Lingkungan Sekitar

Sudah 1 Tahun, Kenapa Anak Belum Bisa Berjalan 04.jpg

foto: smartparents.sg

Keadaan yang berada di luar kendali bayi dapat menyebabkan anak belum bisa berjalan hingga usia tertentu. Misalnya, ketika bayi sakit selama beberapa waktu dan harus lebih banyak berbaring atau dirawat di rumah sakit, maka dia mungkin mengalami keterlambatan berjalan.

Selain itu, bayi yang lebih sering digendong kemana-mana dan tidak diberi kesempatan untuk dapat bergerak dengan bebas mungkin akan mengalami hal yang sama.

5. Riwayat Medis Masa Lalu

Sudah 1 Tahun, Kenapa Anak Belum Bisa Berjalan 05.jpg

foto: qedscientific.com

Apakah Si Kecil menderita penyakit serius seperti halnya meningitis? Apakah ada masalah perkembangan lain yang pernah dialami Si Kecil, seperti kemampuan duduk sendiri, keterampilan motorik halus, berbicara dan tonggak perkembangan lainnya?

Berbagai riwayat medis tersebut dapat menyebabkan anak belum bisa berjalan meskipun usianya sudah 1 tahun atau lebih.

Jika dokter tidak dapat mengidentifikasi alasan mengapa anak belum bisa berjalan di usia 1 tahun, dia mungkin hanya merekomendasikan beberapa permainan yang melibatkan stimulasi dan latihan, kemudian meminta Moms kembali melakukan pemeriksaan di kemudian hari.

Baca Juga: Hydrotherapy atau Terapi Air, Manfaatnya Banyak untuk Perkembangan Bayi!

Dokter juga mungkin merekomendasikan terapi fisik dalam menangani masalah ini. Maka dari itu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika bayi 1 tahun belum bisa berjalan.

(RGW)

Artikel Terkait