TREN
24 Mei 2018

Sudah Tahu Apa Makanan Nasional Indonesia? Yuk Kenalan Dengan 5 Makanan Enak Ini

Yang mana makanan favorit Moms?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Indonesia dikenal sebagai surganya kuliner. Namun saking banyaknya makanan enak di tanah air, banyak orang yang bingung ketika ditanya apa makanan nasional Indonesia.

"Saking kayanya kuliner Indonesia, kita tidak pernah bisa langsung sebut makanan nasional kita apa, tidak seperti Thailand yang terkenal dengan Tom Yam, atau Jepang yang identik dengan sushi," ujar Kepala Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia, Vita Datau, saat ditemui di acara Traveloka, awal Mei lalu.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mengambil langkah inisiatif dengan menetapkan lima makanan nasional Indonesia, sebagai lokomotif untuk menarik promosi kuliner Indonesia.

Lalu, apa saja ya lima makanan nasional Indonesia? Yuk cari tahu!

Rendang

shutterstock 678062350 (1)

Kelezatan rendang sudah tak diragukan lagi. Makanan asal Sumatera Barat ini dinobatkan CNN sebagai makanan terenak di seluruh dunia pada tahun 2017 lalu.

Olahan daging berbalut berbagai macam bumbu khas dengan santal kental, tak ada yang bisa tahan untuk tidak mencicipinya!

Nasi goreng

shutterstock 1031561779

Siapa sih yang tidak suka nasi goreng? Makanan yang satu ini mudah sekali ditemukan di seluruh Indonesia, mulai dari tempat makan di pinggir jalan hingga restoran bintang lima.

Nasi goreng juga menempati posisi kedua makanan terenak di dunia tahun 2017 lalu versi CNN lho. Bangga!

Baca Juga : 10 Makanan Khas Indonesia yang Tak Boleh Dilewatkan

Sate

shutterstock 217753501

Makanan yang menduduki posisi nomor sebelas makanan terenak di dunia versi CNN tahun 2017 ini bisa dinikmati dengan berbagai bumbu lho.

Ada yang suka sate dengan bumbu kacang, ada pula yang suka menikmati sate dengan siraman kecap, bawang merah, dan cabai hijau.

Tak hanya itu, adapula yang menyukai sate padang yang dibumbui saus kuning kental pekat yang kaya bumbu dan rempah.

Soto

shutterstock 379739719

Tahukah Moms setidaknya ada 72 jenis soto di Indonesia? Setiap daerah pasti memiliki soto dengan kekhasan masing-masing.

Diantaranya ada soto Betawi, soto Kudus, soto Bogor, soto Padang, hingga Coto Makassar, dan masih banyak lagi lho soto di tanah air.

Gado-Gado

shutterstock 1032087553

Jika di Eropa dan Amerika mempunyai salad, maka di Indonesia punya gado-gado.

Citarasa sayuran, tahu, tempe, telur dilumuri dengan saus kacang dan disuguhkan dengan kerupuk maupun emping ini pasti dijamin nikmat!

Moms juga bisa menambahkan lontong atau memakan gado-gado dengan nasi sesuai selera.

Jadi, mana makanan nasional yang Moms suka?

(CAR)

Artikel Terkait