TREN
9 Juli 2018

Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Karedok, Gado-Gado, dan Lotek

Persamaannya : sama-sama enak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Banyak orang yang masih belum mengetahui apa perbedaan antara karedok, gado-gado, dan lotek. Anda juga pasti bingung kan membedakan ketiganya?

Meski banyak yang bilang ketiganya sama saja, ternyata ada perbedaan mencolok. Sayuran yang digunakan untuk karedok, gado-gado, dan lotek agak berbeda. Meskipun ketiganya sama-sama menggunakan saus kacang sebagai dressing.

1. Karedok

karedok

Ahli gastronomi dari Universitas Gadjah Mada Murdijati Gardjito mengatakan bahwa karedok adalah makanan asli Sunda yang mencerminkan kedekatan hidup manusia dengan lingkungan di sekitarnya.

Tidak heran, bahan-bahan karedok merupakan campuran bahan segar yang tumbuh atau dibudidayakan di sekitar rumah masyarakat Jawa Barat.

Bahan-bahan karedok seperti kacang panjang, taoge, ketimun, kemangi, daun beluntas, dan mengkokan. Bahkan kacang goreng yang menjadi saos karedok juga didapat dari kacang tanah hasil budidaya pekarangan masyarakat Sunda.

Baca Juga : Hemat Uang dan Menyehatkan, Yuk Tanam Sayuran Sendiri di Rumah

2. Gado-gado

gado gado

Jika dibandingkan dengan karedok, gado-gado lebih terkenal di kalangan internasional. Orang luar banyak menyebut gado-gado sebagai saladnya Indonesia.

Gado-gado mencampurkan bahan segar dan bahan yang direbus. Ada kubis, ketimun, dan tomat segar. Untuk bahan yang diresbusnya ada tauge, telor, dan kentang.

Bumbu gado-gado jelas berbeda dengan karedok. Meski sama-sama berbahan dasar kacang, cara memasak bumbu gado-gado agak berbeda. Bumbu gado-gado dimasak bersama santan, daun salam, cuka, dan kecap sesuai selera.

Soal penampilan, gado-gado juga lebih cantik ketimbang karedok. Tampilannya lebih colorful lantaran ada berbagai bahan warna-warni.

Merah dari tomat, kuning dari telur, hijau dari sayur, putih dari tauge dan ketimun. Gado-gado umumnya disantap dengan emping atau kerupuk udang.

3. Lotek

lotek

Seperti karedok, lotek juga milik masyarakat Sunda. Hanya saja, lotek menggunakan bahan-bahan yang sudah direbus. Seperti bayam, kacang panjang, kacang kapri, dan daun kacang kedelai.

Dressing lotek sama-sama menggunakan bumbu kacang seperti gado-gado. Namun ditambahkan dengan kencur sehingga aromanya lebih kuat. Lotek juga biasanya disajikan dengan lontong ataupun nasi, sama seperti gado-gado.

Sudah tidak bingung lagi kan Moms perbedaan ketiga salad nusantara itu?

(AND)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait