KESEHATAN
23 Juli 2019

Sudah Tahu Moms, Bahaya Menghangatkan Susu Formula?

Ada trik khusus menghangatkan susu formula agar tetap aman dikonsumsi Si Kecil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat Si Kecil minta dibuatkan susu formula dan lupa meminumnya selama beberapa waktu hingga akhirnya tidak lagi hangat, beberapa Moms mungkin memutuskan untuk menghangatkan kembali susu formula.

Sebenarnya tidak ada masalah jika memberikan Si Kecil susu formula dengan temperatur ruangan atau bahkan sudah agak dingin.

Namun, jika Moms tetap ingin memberikan atau Si Kecil hanya ingin susu formula hangat, maka cek dulu beberapa poin penting sebelum menghangatkan susu formula untuk Si Kecil.

1. Hindari Menggunakan Microwave

susu formula

Foto: lancasteronline.com

Menggunakan microwave memang merupakan cara praktis untuk menghangatkan segala macam makanan. Namun, tidak untuk susu formula ya Moms.

“Saya tidak merekomendasikan karena itu tidak aman. Panas microwave tidak merata, pada dasarnya dari dalam ke luar. Jadi bisa saja susu formula menjadi sangat panas di tengah botol, tetapi nyaris tidak hangat di bagian luar yang bisa kamu rasakan dengan tangan,” ungkap Dokter anak asal Nevada, Susan E.C. Sorensen, M.D., seperti dikutip dari babycenter.com.

Hal ini tentu bisa membuat mulut bayi panas atau terasa terbakar. Tingginya panas yang dihasilkan microwave juga dapat menghancurkan ragam nutrisi dalam susu formula.

Baca Juga: 4 Fakta Tentang Susu Formula Bayi

2. Botol Bebas BPA

susu formula

Foto: kidspot.com.au

Jenis botol yang Moms berikan pada bayi untuk minum susu formula juga dapat memengaruhi kesehatannya. Pilihlah botol susu yang bebas Bisphenol-A (BPA Free), yaitu bahan kimia yang dikaitkan dengan masalah kanker, mengganggu perkembangan otak dan sistem reproduksi.

Dikutip dari verywellhealth.com, ketika memanaskan atau mendidihkan (termasuk air, susu formula, dan cairan lain) bersentuhan dengan wadah yang dibuat dengan BPA, maka jejak BPA bisa berpindah ke makanan atau minuman tersebut.

Untuk itu, Food & Drug Administration merekomendasikan untuk mendidihkan atau memanaskan dengan wadah bebas BPA, agar menghindari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menyiapkan Susu Bubuk Formula

3. Cara Aman Menghangatkan Susu Formula

susu formula

Foto: youaremom.com

Ada beberapa cara aman yang bisa Moms lakukan untuk menghangatkan susu formula. Salah satunya dengan bantuan air hangat dan sebuah wadah. “Letakkan botol ke dalam air hangat selama tidak lebih dari 15 menit, karena dapat menyebabkan bakteri berkembang.

Air harus cukup panas untuk memanaskan botol, tetapi juga harus cukup dingin hingga kamu dapat meletakkan tangan di dalamnya,” ungkap perawat Jill Irving RN, seperti dikutip dari babycentre.co.uk. Pastikan untuk menutup botol saat berada di dalam air dan setelah botol susu formula dihangatkan, kocoklah untuk memastikan suhunya merata.

Cara lain untuk memanaskan botol susu formula secara aman adalah dengan menggunakan penghangat botol elektrik. Cara ini biasanya hanya memakan waktu sekitar empat hingga enam menit bagi susu formula untuk mencapai temperatur yang hangat bagi bayi.

Penggunaan pengangat botol elektrik tentu lebih aman dibandingkan microwave, karena memang dirancang khusus untuk menyesuaikan temperatur susu yang aman bagi bayi.

Nah itu dia Moms tips aman untuk menghangatkan susu formula yang bisa dilakukan di rumah. Apakah ada yang pernah mencobanya?

Artikel Terkait