KESEHATAN
12 Agustus 2019

Sudah Tahu Moms Sehatnya Pare bagi Kesehatan?

Pare dapat mencegah kadar kolesterol tinggi dan juga melawan diabetes
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pare, merupakan sayuran yang dikenal pahit memiliki nama latin yaitu Momordica Charantia. Biasanya, pare kerap dihidangkan sebagai sayuran tumis, atau pendamping untuk sajian siomay.

Meski rasanya pahit, siapa yang menyangkan bahwa pare memiliki banyak manfaat. Hal ini yang membuat pare juga dikonsumsi sebagai minuman jus, karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mengutip dari Verywell Health, pare dikatakan dapat membantu mengobati dan/atau mencegah masalah kesehatan berikut:

  • Jerawat
  • Sembelit
  • Encok
  • Herpes
  • Keluhan menstruasi
  • Psorias
  • Kolitis ulserativa

Pare juga dikatakan dapat memerangi kanker dan meningkatkan berat badan. Sayangnya, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung semua pernyataan ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Namun, berikut ini beberapa penelitian ilmiah yang telah menunjukkan kehebatan pare dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Melawan Diabetes

diabetes

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam pare mungkin memiliki efek yang mirip dengan insulin.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk dapat membantu melindungi tubuh terhadap resistensi insulin dan menjaga agar gula darah tidak naik.

Sehingga, diduga bahwa pare dapat membantu melawan diabetes.

Baca Juga: 6 Gejala Diabetes pada Wanita yang Mudah Dikenali

2. Mencegah Kolesterol Tinggi

kolesterol

Sebuah studi berbasis hewan yang diterbitkan dalam Nutrition Research 2013, para ilmuwan mengamati bahwa hewan yang diberi makanan dengan ekstrak pare mengalami penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

Mengutip Food NDTV, ahli Gizi berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood, mengatakan, "Jus pare adalah anti-inflamasi dan juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke."

Lebih lanjut, ia mengatakan, "Pare juga mempertahankan tekanan darah karena kaya akan kalium, yang menyerap natrium berlebihan dalam tubuh."

3. Mencegah Kegemukan

mencegah kegemukan

Studi awal pada hewan yang diterbitkan dalam Diabetes Research and Clinical Practice 2008, menemukan bahwa pare membantu mengurangi penumpukan lemak visceral pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak.

Obesitas visceral telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti jantung dan diabetes yang berisiko untuk tubuh.

Baca Juga: Kegemukan Sebelum Hamil? Hati-hati Ini 6 Risiko Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

4. Bagus untuk Kesehatan Mata

kesehatan mata

Ahli nutrisi berbasis di Delhi, Dr. Anshul Jai Bharat, mengatakan bahwa konsumsi pare membantu dalam mencegah masalah terkait penglihatan seperti katarak.

"Ini karena pare memiliki senyawa seperti beta-karoten dan vitamin A, yang sehat untuk mata dan dapat memperkuat penglihatan. Pare merupakan obat alami yang baik untuk mengobati lingkaran hitam," jelasnya melansir Food NDTV.

Namun, perlu diingat, terlepas dari manfaat pare yang luar biasa, Moms perlu memerhatikan konsumsi pare per harinya.

"Konsumsi jus pare yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Wanita hamil juga harus menghindari minum terlalu banyak jus pare karena dapat menyebabkan persalinan prematur," jelas Dr. Geeta Buryok, kepala ahli nutrisi di Max HealthCare.

Nah, sudah tahu kan Moms betapa sehatnya mengonsumsi pare, tunggu apa lagi untuk menyantapnya!

Artikel Terkait