JALAN-JALAN
6 Desember 2019

Sudah Tahu Perbedaan Es Krim dan Gelato, Moms?

Gelato disajikan pada suhu yang lebih hangat daripada es krim
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Es krim menjadi salah satu makanan penutup yang disukai banyak orang, dengan ragam kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun, ada juga orang yang memilih untuk mengonsumsi gelato. Sekilas, baik es krim maupun gelato memiliki bentuk yang serupa. Rasanya pun juga sama-sama beragam.

Tetapi, sebenarnya mereka berbeda lho, Moms!

Baca Juga: Bayi Boleh Makan Es Krim, Tidak, Ya?

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Mengutip Reader's Digest, menurut Morgan Morano, CEO dan pendiri Morano Gelato Inc., perbedaan es krim dan gelato ini terdiri dari beberapa perbedaan.

1. Bahan yang Digunakan

beda es krim dan gelato-1.jpg

Perbedaan es krim dan gelato yang pertama adalah bahwa gelato jauh lebih rendah lemak daripada es krim biasa. Sementara es krim memiliki kandungan lemak mentega 14-25 persen, kadar lemak gelato hanya berkisar antara 4-9 persen.

Melansir Food Network, meskipun es krim dan gelato sama-sama terbuat dari krim, susu dan gula. Namun, gelato menggunakan lebih banyak susu dan lebih sedikit krim daripada es krim.

Selain itu, gelato juga tidak mengandung kuning telur, yang merupakan bahan umum pada es krim.

Baca Juga: Nikmati 6 Gelato Terenak di Yogyakarta

2. Suhu Saat Disajikan

beda es krim dan gelato-2.jpg

Gelato disajikan 10-15 derajat lebih hangat daripada es krim. Hal ini dapat memberikan pengalaman makan gelato yang lebih baik bagi konsumennya.

"Suhu yang lebih hangat memperkuat tekstur krim gelato dan rasa yang lebih mencolok, karena gelato lebih cepat meleleh di mulut Anda," kata Morano.

Selain itu, karena persentase lemak pada gelato lebih rendah daripada es krim, bahan rasa utama benar-benar akan terasa di mulut.

Baca Juga: Resep Es Krim Kacang Merah untuk Takjil Buka Puasa

3. Proses Pembuatan

beda es krim dan gelato-3.jpg

Ada perbedaan es krim dan gelato pada proses pembuatan dan peralatan dalam memproduksi gelato maupun es krim.

"Gelato diproduksi dalam apa yang biasanya disebut 'laboratorium' yang berisi pasteurizer, batch freezer khusus untuk pembuatan gelato, dan blender pencelupan," kata Morano.

Di sisi lain, es krim diproduksi menggunakan freezer sepanjang proses pembuatan. Untuk memberikan umur simpan yang lebih lama, produk es krim disimpan di ruangan dingin hingga pada suhu -18°C.

Tak hanya itu, gelato punya kandungan yang lebih padat dari es krim. Es krim dapat memiliki kadar udara sebesar 50 persen atau lebih, tetapi gelato hanya memiliki kada udara 20-30 persen.

Itu dia Moms perbedaan es krim dan gelato. Jadi, mana yang lebih Moms sukai, es krim atau gelato?

Artikel Terkait