3-12 BULAN
5 Juli 2019

Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi? Simak di Sini!

Tunas gigi sudah tumbuh sejak bayi di dalam kandungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Gigi pertama bayi adalah hal yang sangat menarik untuk diamati selama tahun pertama kehidupan bayi. Selama tumbuh gigi, beberapa bayi hanya menunjukkan gejala ringan atau tidak sama sekali sampai gigi kecilnya tumbuh. Sementara bayi lain mungkin menunjukkan gejala bahwa gigi mungilnya akan segera muncul menembus gigi.

Kapan gigi pertama bayi mulai tumbuh? Di bawah ini merupakan tahap pertumbuhan gigi bayi yang dapat membantu Moms mengetahui kapan gigi Si Kecil akan tumbuh.

Akar Gigi Tumbuh Sejak di Dalam Lahir

Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi Simak di Sini! 01.jpg

Foto: thebumpwa.org.au

Sekitar trimester kedua kehamilan, tunas gigi mulai terbentuk di bawah gusi di mulut bayi. Akhirnya, akar gigi mulai tumbuh, memaksa mahkota gigi untuk naik dan menembus gusi.

“Gigi memberi tekanan pada jaringan di atasnya dan perlahan-lahan mulai rusak,” kata Michael Hanna, DDS, juru bicara American Academy of Pediatric Dentistry, seperti dikutip dari Parents.com.

“Jaringan menjadi semakin tipis sampai pecah dan gigi keluar.”

Gigi Bayi Mulai Tumbuh pada Usia 4-7 Bulan

Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi Simak di Sini! 02.jpg

Foto: thetoddler.com

Kemungkinan Moms akan melihat gigi pertama bayi mulai muncul ketika usianya sekitar 4 hingga 7 bulan, tetapi mereka mungkin tumbuh terlambat pada usia 12-14 bulan. Biasanya gigi bayi yang pertama kali tumbuh adalah salah satu dari gigi depan bagian bawah, yang dikenal sebagai gigi seri sentral.

Namun, gejala tumbuh gigi juga dapat muncul sangat dini pada usia sekitar 3 bulan. Jadi, Moms tidak perlu heran jika gigi pertama Si Kecil mungkin muncul pada usia ini.

Baca Juga: Anak Jarang Mendapat Sinar Matahari, Apakah Berpengaruh Pada Pertumbuhan Giginya?

Gigi Bayi Lainnya Menyusul Menjelang dan Setelah Ulang Tahun Pertama

Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi Simak di Sini! 03.jpg

Foto: babycenter.com

Mengutip Babycentre.co.uk, ketika berusia 9 hingga 12 bulan, gigi atas bayi, tepatnya gigi tengah (gigi seri lateral atas) mulai tumbuh. Tahap pertumbuhan gigi bayi di usia ini juga termasuk gigi tengah bagian bawah (gigi seri lateral bawah).

Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi pada Usia 13-19 Bulan

Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi Simak di Sini! 04.jpg

Foto: pierdentalcentre.com

Sekitar ulang tahun pertama bayi, gigi geraham pertamanya akan mulai tumbuh di belakang mulut. Pertumbuhan gigi bayi kemudian disusul dengan taring (gigi runcing di antara gigi geraham dan gigi seri). Sementara pada usia 2 tahun, geraham kedua yang berada di belakang geraham pertama akan tumbuh.

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Anak Tumbuh Gigi yang Cocok untuk Dikonsumsi, Apa Ya?

Bagaimana Jika Gigi Si Kecil Tidak Tumbuh Seperti Jadwal di Atas?

Sudahkah Moms Mengetahui Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi Simak di Sini! 05.jpg

Foto: sweetmomsblog.com

Tahap pertumbuhan gigi bayi bukanlah sebuah persaingan dan akan tumbuh dengan sendirinya ketika memang sudah siap. Jadi, jangan khawatir jika memang bayi lain di sekitar Moms sudah terlebih dahulu tumbuh giginya.

Apakah Moms pikir Si Kecil akan segera tumbuh gigi pertamanya? Periksa gejalanya dan ketahui tips tentang cara menenangkan gejala tumbuh gigi untuk membantunya merasa lebih baik.

Baca Juga: Mengenal Natal Teeth, Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi

(RGW)

Artikel Terkait