KESEHATAN
25 Oktober 2019

Suhu Panas Melanda Indonesia, Lakukan 4 Hal Ini untuk Mencegah Dehidrasi

Bisa dimulai hal-hal sederhana yang setiap hari kita lakukan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Jika Moms memperhatikan, beberapa hari ini cuaca terik dan suhu panas lebih terasa akhir-akhir ini saat kita beraktivitas di luar ruangan.

Memang benar, dilihat dari informasi yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu panas tengah melanda Indonesia.

BMKG memprediksi bahwa suhu panas ini akan dialami wilayah Indonesia selama kurang lebih satu minggu ini. Hal ini dikarenakan matahari yang berada dekat dengan jalur khatulistiwa. Bahkan suhu panas ini bisa mencapai angka 38 derajat celcius.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

Menanggapi masalah ini, BMKG mengimbau masyarakat yang merasa wilayahnya juga mengalami peningkatan suhu udara panas, untuk mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, karena banyak mengeluarkan keringat juga perlu diperhatikan. Nah, untuk mencegah dehidrasi, lakukan beberapa hal di bawah ini yuk Moms.

Minum Air Putih yang Banyak

mencegah dehidrasi saat cuaca panas

Air putih merupakan sumber terbaik untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas.

Minuman olahraga dengan elektrolit, mungkin berguna untuk orang yang melakukan olahraga berat di cuaca yang sangat panas, namun cenderung menambah tingkat gula dan kalori.

“Lebih sehat untuk minum air putih saat kita berolahraga, dan kemudian ketika selesai, makanlah camilan sehat seperti irisan jeruk, pisang atau segenggam kecil kacang yang tidak asin,” kata John Batson, dokter kedokteran olahraga dengan Lowcountry Spine & Sport di Hilton Head Island.

Ia menyarankan agar menghindari minuman yang mengandung banyak kafein karena akan menyebabkan diuretik dan kehilangan lebih banyak cairan.

Baca Juga: Harus Tahu, Bahaya Kafein Bagi Ibu Hamil

Segera Minum saat Haus

drink-drinking-female-1458671.jpg

“Tanpa pertama yang menandakan seseorang dehidrasi adalah merasa haus,” ucap Rachel Lustgarten, spesialis nutrisi di Weill Cornell Medicine di New York.

Menurutnya, mudah bagi kita untuk tenggelam dalam kegiatan sehari-hari dan lupa untuk mencegah dehidrasi, namun haus merupakan cara tubuh untuk mengisyaratkan bahwa mereka butuh lebih banyak cairan.

Cobalah menyimpan satu botol air penuh di dekat kita, jadi saat haus, Moms bisa langsung meminumnya.

Periksa Warna Urine

mencegah dehidrasi saat cuaca panas

Mengintip warna urine dengan cepat saat menggunakan kamar mandi juga dapat memberi tahu bahwa kita sedang dehidrasi atau tidak.

“Umumnya air seni berwarna jernih atau seperti warna kuning muda, berbeda dengan kuning atau coklat yang lebih gelap,” kata Rachel Lustgarten.

Bila urin berwarna kuning gelap atau pekat, sudah pasti menjadi tanda dehidrasi. Saat itu juga, penuhi tubuh dengan minum air putih yang banyak.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Kondisi Tanda Bayi Mengalami Dehidrasi

Jangan Terpaku pada 8 Gelas Per Hari

mencegah dehidrasi saat cuaca panas

Jangan terpaku pada saran lama, yang mengharuskan kita untuk minum air putih 8 gelas per hari.

"Jumlah itu hanya merupakan acuan umum dan mungkin tidak akan cukup asupan cairan kita jika cuaca lebih kering dan panas," kata Jennifer Williams, ilmuwan nutrisi dan pakar hidrasi berbasis di Columbus, Ohio di Abbott.

Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional juga merekomendasikan agar wanita minum 11,4 gelas air setiap hari dan pria mengonsumsi 15,6 gelas.

Itulah beberapa cara yang harus kita lakukan untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas. Dicoba ya Moms.

Artikel Terkait