KESEHATAN
26 Maret 2018

Suka Pelihara Anjing atau Kucing? Kenali Bahaya Bulu Hewan Untuk Kesehatan

Binatang berbulu memang lucu, tapi hati-hati bahayanya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Hai Moms, punya hewan peliharaan seperti kelinci, kucing atau anjing memang menyenangkan. Hewan-hewan menggemaskan itu bisa jadi teman main dan pelepas stress baik untuk Moms sendiri atau untuk seluruh anggota keluarga.

Akan tetapi, dalam memelihara hewan peliharan pasti ada konsekuensinya, seperti misalnya masalah yang Moms hadapi karena hewan peliharaan Moms. Contohnya furnitur yang rusak karena digigit atau dicakar, rumah jadi berbau hewan peliharaan, dan bulu hewan yang rontok berserakan di mana-mana.

Nah Moms, yang paling membuat jengkel pasti bulu-bulu yang rontok dan tersebar ke seluruh penjuru rumah. Jangan disepelekan ya Moms, bulu dari hewan peliharaan bisa berbahaya bagi kesehatan Moms dan keluarga!

1. Penyakit Kulit

Moms, jangan dikira penyakit kulit tidak bisa disebabkan oleh bulu hewan peliharaan. Kalau hewan peliharaan jarang dimandikan atau dibersihkan, kutu, kuman dan parasit akan menempel dan berkembang di bulu hewan peliharaan kita.

Kutu, kuman dan parasit itu akan berpindah ke kulit kita dan menyebabkan berbagai hal mulai dari gatal-gatal hingga kudis dan kurap. Rajin-rajin memandikan hewan peliharaan kesayangan ya Moms.

2. ISPA

shutterstock 318438275

ISPA atau infeksi saluran pernapasan adalah gangguan kesehatan yang paling sering terjadi akibat bulu hewan peliharaan.

Kalau tidak cepat ditangani, malah bisa menyebabkan asma juga loh Moms. ISPA berawal dari bulu hewan yang rontok lalu masuk ke saluran pernafasan.

Merawat hewan agar bulunya tidak mudah rontok bisa jadi cara mengantisipasi ISPA Moms.

Baca Juga : Memelihara Kucing Pasti Terkena Toksoplasma?

3. Alergi

Alergi terjadi karena imun kita bereaksi akibat terpapar langsung oleh bulu hewan peliharaan Moms. Reaksi alergi itu ada yang langsung tapi ada juga yang tidak langsung.

Reaksi yang paling umum adalah bersin-bersin, mata berair dan gatal, hidung gatal, dan pilek mendadak. Tapi reaksi yang lain seperti muntah-muntah, demam dan pusing juga ada loh Moms. Semoga tidak terjadi pada Moms dan keluarga ya.

4. Toksoplasma

shutterstock 556878598

Ini yang paling berbahaya nih Moms! Toksoplasma adalah parasit yang bisa menyebabkan infeksi apabila masuk ke dalam tubuh. Parasit ini kerap bercokol pada bulu hewan peliharaan kesayangan kita.

Tapi tidak hanya bulu saja Moms, parasite ini juga ada pada kotoran hewan dan bekas dari makanan hewan peliharaan kesayangan. Toksoplasma ini bisa menyebabkan gangguan pada fungsi jantung, otak, otot dan bahkan bisa menyebabkan kemandulan.

Maka, rajin-rajin membersihkan hewan peliharaan kita beserta kotorannya juga ya Moms.

(LMF) 

Artikel Terkait