KEHAMILAN
21 Mei 2020

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Program Hamil

Enak dan mudah ditemukan kok, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Lemak sehat merupakan salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang akan ataupun sedang menjalani program hamil.

Hal tersebut dikarenakan lemak sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Sumber Lemak untuk Dikonsumsi Saat Hamil

Berikut merupakan beberapa sumber lemak sehat yang baik dikonsumsi saat promil.

1. Kacang-kacangan

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Promil 1

Foto: pixabay.com

Mengutip situs Self.com, kacang-kacangan seperti pistachio, kemiri, kacang kenari, kacang mede, dan kacang almond merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat. Almond juga diketahui kaya akan vitamin E, sementara pistachio mengandung lutein dan zeaxanthin.

Selain itu, asam lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kacang kenari juga terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biology of Reproduction.

Baca Juga: Ini Alasan Kacang Kedelai Baik Bagi Pejuang IVF

2. Avokad

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Promil 2

Foto: pixabay.com

“Avokad mengandung nutrisi penting untuk kesehatan pra-konsepsi dan kehamilan. Avokad kaya akan folat, lemak tak jenuh tunggal yang sehat, vitamin C, K, vitamin B tambahan, kalium, mineral penting lainnya dan juga serat” kata Carolyn Gundell, M.S. seorang ahli gizi yang berspesialisasi dalam masalah PCOS dan kesuburan di Reproductive Medicine Associates (RMA) of Connecticut.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa lemak sehat pada avokad berperan dalam produksi estrogen dan keseimbangan hormon reproduksi. Carolyn juga menyebutkan bahwa sumber lemak sehat yang satu ini kaya akan fitonutrien yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

3. Ikan Salmon

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Promil 3

Foto: pixabay.com

Verywell Family menyebutkan bahwa salmon kaya akan asam lemak esensial dan omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pria dan wanita. Asam lemak esensial ini juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Nutrisi penting lainnya dalam ikan salmon yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik sumber lemak saat promil adalah vitamin D dan selenium. Di mana selenium telah terbukti dapat meningkatkan kualitas semen. Sementara defisiensi vitamin D diketahui berkaitan dengan penurunan kesuburan pada pria dan wanita.

Baca Juga: Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

4. Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Promil 4

Foto: pixabay.com

“Diet Mediterania telah terbukti sebagai salah satu pola makan terbaik untuk meningkatkan kesuburan. Ini berlaku untuk pria dan wanita” kata McGrice, salah satu ahli gizi kesuburan terkemuka di Australia, seperti dikutip dari Mamamia.

“Salah satu alasan utamanya adalah karena tingginya asupan extra virgin olive oil (dalam diet Mediterania). Extra virgin olive oil membantu mengurangi peradangan yang bermanfaat bagi kesehatan sel telur dan sperma,” jelasnya.

5. Yogurt Yunani

5 Sumber Lemak Sehat Untuk Dikonsumsi Saat Promil 5

Foto: pexels.com

Yogurt Yunani, terutama yang organik dan tinggi lemak merupakan salah satu produk susu terbaik sebagai sumber lemak saat promil. Mengapa demikian?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa protein, kalsium, dan vitamin D yang ada pada yogurt Yunani terbukti dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan dengan menyeimbangkan hormon reproduksi.

Selain yogurt Yunani, susu tinggi lemak, keju, dan es krim juga diketahui baik untuk dikonsumsi dalam jumlah terbatas bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil.

Jadi, itulah beberapa sumber lemak sehat yang dapat Moms dan Dads konsumsi secara rutin saat menjalani program hamil. Adakah yang merupakan favorit Moms dan Dads?

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

Artikel Terkait