KESEHATAN
30 September 2020

Sumber Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru agar Tidak Kena Corona

Kesehatan paru-paru sangat penting untuk diperhatikan karena salah satu gejala paling umum infeksi virus Corona ialah sesak napas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Pandemi COVID-19 hingga kini belum juga usai. Banyak cara dilakukan untuk melindungi diri dari penularan virus Corona. Mulai dari penerapan protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak.

Namun yang tak kalah penting dilakukan ialah menjaga imun tubuh termasuk kesehatan paru-paru melalui asupan makanan bernutrisi tinggi.

Baca Juga: Polusi Udara Buruk, Jaga Kesehatan Paru dengan 5 Cara Ini

5 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Paru-paru

Kesehatan paru-paru sangat penting untuk diperhatikan karena salah satu gejala paling umum infeksi virus Corona ialah sesak napas. Sebab, virs tersebut menyerang sistem pernapasan manusia yakni paru-paru.

Sehingga, sudah selayaknya Moms menjaga asupan nutrisi dan pola makan agar paru-paru tetap sehat dan imun tubuh terjaga. Nah, berikut ini lima sumber nutrisi yang bisa Moms peroleh untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Buah dan Tanaman Bit

sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru agar tidak kena corona

Foto: Orami Photo Stocks

Warna cerah yang ada pada akar dan tanaman bit mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru

Akar, tanaman, dan buah bit kaya akan nitrat yang berfungsi menyehatkan paru-paru, melonggarkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengoptimalkan penyaluran oksigen dalam tubuh.

Melansir dari jurnal yang dipublikasikan oleh Pusat Bioteknologi dan Informasi Amerika Serikat mengungkapkan bahwa suplemen yang mengandung bit terbukti meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru terhadap penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), hipertensi pulmonal, dan tekanan darah tinggi pada paru-paru.

Selain itu, tanaman dan akar bit mengandung magnesium, kalium, vitamin C dan antioksidan karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru.

2. Apel

sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru agar tidak kena corona

Foto: Orami Photo Stocks

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi apel secara teratur mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi paru-paru.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Perpustakaan Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NCBI) menyebut bahwa asupan nutrisi pada apel dikaitkan dengan melambatnya penurunan fungsi paru-paru dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi apel.

Selain itu, mengkonsumsi apel minimal lima buah per minggu juga membantu menurunkan risiko terjangkit asma hingga kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam apel termasuk flavonoid dan vitamin C.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

3. Labu

sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru agar tidak kena corona

Foto: Orami Photo Stocks

Buah labu yang berwarna cerah mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan paru-paru. Labu kaya akan nutrisi seperti karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang memiliki antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Studi menunjukkan jika seseorang memiliki kadar karotenoid yang tinggi dalam darah maka akan berpengaruh baik pada fungsi paru-paru tak terkecuali mereka yang lanjut usia.

Bahkan, perokok yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan karotenoid yang tinggi akan merasakan perubahan dan manfaat yang signifikan dalam tubuhnya.

4. Kunyit

sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru agar tidak kena corona

Foto: Orami Photo Stocks

Kunyit memang dikenal sebagai tumbuhan herbal yang kerap digunakan pada pengobatan tradisional salah satunya jamu. Ternyata, kunyit mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kesehatan paru-paru secara menyeluruh.

Kandungan kurkumin, komponen aktif dalam kunyit akan sangat bermanfaat untuk menunjang kinerja fungsi paru-paru.

Sebuah studi yang melibatkan 2.478 perokok menemukan bahwa perokok yang mengkonsumsi kunyit secara teratur dapat terbukti meningkatkan kesehatan paru-paru sebanyak 9,2% lebih tinggi dibandingkan dengan perokok yang tidak mengkonsumsi kunyit.

Baca Juga: 4 Makanan untuk Membersihkan Paru-Paru, Bisa Tangkal Polusi Udara

5. Tomat

sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru agar tidak kena corona

Foto: Orami Photo Stocks

Tomat merupakan salah satu sumber nutrisi makanan yang kaya akan likopen, antioksidan karotenoid yang mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Mengkonsumsi tomat secara teratur terbukti mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan yang kerap dialami oleh penderita asma serta meningkatkan fungsi paru-paru pada pengidap penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Studi yang dilakukan tahun 2019 oleh 105 orang penderita asma menunjukkan bahwa diet dengan mengkonsumsi tomat secara teratur menurunkan frekuensi asma kambuh.

Itulah lima makanan yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru sebagai usaha melindungi diri dari penyebaran COVID-19. Selain mengkonsumsi kelima makanan di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dan melaksanakan protokol kesehatan ya, Moms.

Artikel Terkait