KEHAMILAN
1 Maret 2020

5 Sumber Probiotik Alami untuk Ibu Hamil, Sehat!

Probiotik bisa ditemukan di tempe juga lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berbicara mengenai probiotik, apa yang terlintas dalam pikiran Moms? Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup secara alami, baik untuk usus dan berfungsi menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Jenis probiotik yang paling umum adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Saccharomyces.

Probiotik ini dibutuhkan selama masa kehamilan Moms. American Pregnancy Association menyebutkan, ibu hamil umumnya mengalami ketidaknyaman seperti sembelit dan diare.

Untuk itu, probiotik dibutuhkan agar kesehatan pencernaan Moms tetap terjaga. Natural Medicine Journal juga menyebutkan, probiotik juga menurunkan risiko Moms alami diabetes gestasional.

Baca Juga: Perlukah Konsumsi Probiotik saat Hamil?

Manfaat Probiotik selama Kehamilan

Dapatkan Probiotik Alami saat Hamil, Ini Caranya-1.jpg

Foto: momjunction.com

Probiotik bisa Moms dapatkan melalui suplemen dan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Tentunya, semua yang Moms konsumsi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ibu hamil.

“Makanan probiotik adalah cara yang aman bagi bumil untuk memperkenalkan dan mengonsumsi mikroba sehat selama kehamilan, serta memberikan manfaat gizi lainnya. Namun, dalam beberapa situasi, suplemen probiotik juga dapat dibutuhkan selama kehamilan,” ungkap Dr. Susan Prescott, dokter anak yang berasal dari University of Western Australia.

Dilansir dari Baby Centre, probiotik selama kehamilan mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, probiotik juga menurunkan risiko terkena infeksi pada vagina atau bakterial vaginosis (BV) dan komplikasi kehamilan, seperti persalinan prematur.

Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan hal ini, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi probiotik selama kehamilan.

Sumber Probiotik Alami untuk Ibu Hamil

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini jenis makanan yang mengandung probiotik yang dapat Moms konsumsi selama hamil, di antaranya:

Baca Juga: Probiotik Untuk Bayi: Kapan Diperkenalkan dan Apa Manfaatnya?

1. Yogurt

Dapatkan Probiotik Alami saat Hamil, Ini Caranya-2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Menurut Healthline, yogurt menjadi sumber probiotik yang terbaik dan dapat meningkatkan kesehatan Moms.

Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang serta cocok dikonsumsi bagi yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sebaiknya, pilih yogurt yang rendah atau bebas lemak, serta tidak memiliki campuran rasa apa pun atau plain.

2. Tempe

Dapatkan Probiotik Alami saat Hamil, Ini Caranya-3.jpg

Foto: veganandfoodliving.com

Tempe yang terbuat dari kacang kedelai ternyata memiliki kandungan probiotik yang tinggi.

Menurut studi yang ditulis dalam PubMed Central, tempe juga mengandung vitamin B12 yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Vitamin B12 sendiri dapat ditemukan dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, susu, dan telur.

3. Cokelat

Dapatkan Probiotik Alami saat Hamil, Ini Caranya-4.jpg

Foto: momjunction.com

Dilansir dari American Pregnancy Association, sumber probiotik alami juga dapat ditemukan dalam cokelat, khususnya cokelat hitam. Cokelat juga mengandung magnesium, yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat.

4. Miso

Dapatkan Probiotik Alami saat Hamil, Ini Caranya-5.jpg

Foto: foodnetwork.com

Sup miso adalah salah satu makanan Asia yang banyak diminati. Sup miso menjadi sumber probiotik alami untuk tubuh. Miso terbuat dari gandum, fermentasi, kacang-kacangan, beras yang mengandung probiotik dan baik untuk dikonsumsi oleh bumil.

Baca Juga: Apa Perbedaan Probiotik dan Prebiotik untuk Anak?

5. Beberapa Jenis Keju

Dapatkan Probiotik Alami saat Hamil, Ini Caranya-6.jpg

Foto: momjunction.com

Sebagian besar jenis keju memang difermentasi, namun tidak semuanya mengandung probiotik. Untuk itu, sebaiknya Moms melihat pada label makanan yang tertera.

Studi yang diterbitkan dalam PubMed Central mengungkapkan, jenis keju yang mengandung probiotik adalah gouda, mozzarella, cheddar, dan keju cottage. Keju juga merupakan sumber protein yang baik, serta kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin B12, fosfor, dan selenium.

Itulah beberapa sumber probiotik alami yang dapat Moms konsumsi selama hamil. Jika Moms merasa memerlukan suplemen probiotik sebagai tambahan, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter kandungan tentang anjuran dosis paling aman.

Artikel Terkait